x

Termasuk Kejuaraan U-19, 3 Turnamen Piala AFF di Indonesia Resmi Ditunda

Kamis, 26 Maret 2020 00:05 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) resmi menunda penyelenggaraan empat kompetisi Piala AFF yang tiga di antaranya digelar di Indonesia.

INDOSPORT.COM - Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) resmi menunda penyelenggaraan empat kompetisi Piala AFF yang tiga di antaranya digelar di Indonesia. 

Penyebaran pandemi COVID-19 yang semakin parah di Asia Tenggara dan Indonesia membuat AFF mempertimbangkan untuk menjadwal ulang sejumlah turnamen yang seharusnya digelar empat bulan ke depan. 

Empat turnamen sepak bola yang mengalami penundaan adalah Piala AFF Wanita di Filipina (bulan Mei), dan tiga turnamen yang dimainkan di Indonesia yakni Piala AFF U-18 Wanita (Juni), Piala AFF U-16 (Juli), dan Piala AFF U-19 (Agustus). 

Baca Juga
Baca Juga

Hal ini disampaikan langsung oleh Presiden AFF, Mayjen Khiev Sameth. Penundaan seperti ini menurutnya belum pernah terjadi sebelum-sebelumnya. 

"Ini adalah waktu yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk seluruh dunia, termasuk keluarga dan komunitas sepakbola kami, tetapi kami akan melewatinya bersama. Namun, untuk melewati ini akan membutuhkan kita semua bersama-sama untuk memainkan peran kita masing-masing, ” kata Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth di situs resmi AFF, Rabu (25/03/20)

"Karena risiko penularan penyakit pada pertandingan seperti ini sangat tinggi, kami telah membuat keputusan untuk menunda," katanya. 

Untuk penjadwalan ulang sendiri, pihak AFF masih menunggu perkembangan terkini dari COVID-19 dengan berkonsultasi dengan WHO, Menteri Kesehatan, Pemerintahan, FIFA dan AFC.

Baca Juga
Baca Juga

Sementara itu empat turnamen Asia Tenggara lain yang dimainkan akhir tahun tetap pada jadwal semula. Keempat turnamen itu adalah Piala AFF U-15 (September), Piala Futsal AFF, Piala Klub Futsal AFF, dan Sepak Bola Pantai AFF (semua akhir tahun 2020). 

Sebelum AFF, sejumlah kejuaraan besar yang diselenggarakan AFC (Asia) sendiri juga mengalami penundaan seperti Liga Champions Asia, Piala AFC, sampai Kejuaraan Futsal AFC

Piala AFFBola InternasionalASEAN Football Federation (AFF)Piala AFF U-19 2020Virus Corona

Berita Terkini