x

Termasuk Eks Manchester United! 5 Calon Bintang Sepak Bola Ini Dipaksa Pensiun Dini

Jumat, 27 Maret 2020 15:45 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Mantan pemain Manchester United, Owen Hargreaves menjadi salah satu dari banyak pemain sepak bola yang dipaksa pensiun dini oleh keadaan.

INDOSPORT.COM – Mantan pemain Manchester United, Owen Hargreaves menjadi salah satu dari banyak pemain sepak bola yang dipaksa pensiun dini oleh keadaan.

Usia rata-rata pensiun pesepakbola biasanya berkisar antara usia 35-an tahun. Beberapa pemain yang mampu menjaga fisiknya mampu bermain hingga usia 40 tahun, tetapi jumlahnya sangat sedikit.

Namun, ada juga pesepakbola yang harus pensiun bahkan saat dirinya belum mencapai puncak. Dilansir dari The Sporter, berikut adalah 5 calon bintang sepakbola yang dipaksa harus pensiun dini.

Baca Juga
Baca Juga

Sebastian Deisler

Deisler adalah salah satu talenta masa depan Jerman di awal tahun 2000-an. Diboyong Bayern Munchen dari Hertha Berlin pada tahun 2002, dirinya digadang-gadang akan menjadi salah satu winger papan atas Jerman.

Namun, cedera lutut parah memaksa dirinya harus mengubur mimpi tersebut. Deisler akhirnya gantung sepatu pada tahun 2007 saat usianya baru menginjak 27 tahun setelah tampil sebanyak 90 kali bersama Bayern di semua kompetisi.

Gueida Fofana

Sejak diboyong oleh Lyon dari Le Havre pada tahun 2011, Fofana berhasil tampil menjadi salah satu gelandang masa depan Prancis. Bahkan oleh beberapa pihak, dirinya disebut-sebut sebagai titisan Patrick Viera.

Fofana juga termasuk ke dalam skuat Prancis yang berhasil menyabet trofi Euro U-19 2010 serta sukses tampil impresif di Piala Dunia U-20 2011. Namun, cedera engkel parah membuat dirinya harus pensiun di usia 25 tahun.

Owen Hargreaves

Hargreaves adalah salah satu gelandang terbaik asal Inggris. Dirinya diketahui menjalani musim yang sangat gemilang bersama Bayern sebelum memutuskan untuk pulang ke Liga Inggris dan bermain bersama Manchester United.

Namun, cedera lutut yang dia terima ketika membela United membuat dirinya harus pensiun ketika usianya baru menginjak 31 tahun. Usia yang masih sangat muda untuk ukuran seorang gelandang.

Marco van Basten

Peraih juara Euro 1988 bersama Belanda ini adalah salah satu penyerang terbaik yang pernah bermain di Eropa. Memenangkan 3 Ballon d’Or (1988, 1989, 1992) dan penghargaan Pemain Terbaik FIFA tahun 1992 adalah deretan bukti betapa istimewanya talenta asal Utrecht ini.

Engkel yang bermasalah membuat Van Basten harus gantung sepatu dini pada tahun 1995 setelah selama dua tahun dirinya bergelut menyembuhkan masalah pada engkelnya tersebut. Saat itu usianya baru menginjak 30 tahun.

Baca Juga
Baca Juga

Fabrice Muamba

Muamba adalah salah satu gelandang energik masa depan Inggris. Telah bermain untuk Inggris sejak U-16 berturut-turut sampai U-21, dirinya dipaksa harus pensiun dini setelah mengalami masalah pada jantungnya. Bahkan, jantungnya sempat berhenti selama 78 menit.

Setelah tampil sebanyak 148 kali di semua kompetisi untuk Bolton Wanderers selama 4 musim, Muamba akhirnya harus pensiun sebelum karirnya mencapai puncak. Dirinya tercatat pensiun di usia 24 tahun.

Manchester UnitedMarco van BastenOwen HargreavesBola InternasionalTRIVIASepak Bola

Berita Terkini