x

Pandemi Virus Corona, Eks Barcelona di Liga Thailand Alih Profesi Jadi Apoteker

Kamis, 2 April 2020 02:30 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Rafif Rahedian

INDOSPORT.COM – Toni Dovale, pemain jebolan Akademi Barcelona yang terakhir bermain di Liga Thailand bersama Navy FC, memutuskan alih profesi menjadi apoteker pasca mewabahnya virus corona.

Sebuah langkah luar biasa diambil salah satu pemain klub kasta kedua Liga Thailand Navy FC, Toni Dovale. Alih-alih berdiam di rumah saat virus corona menjadi pendemi, dirinya justru memilih untuk beralih profesi menjadi apoteker.

Keputusan itu diambil setelah Toni yang kembali ke kampung halamannya, Spanyol, pasca Liga Thailand di hentikan, tak bisa lagi ke mana-mana usai pemerintah melakukan lockdown.

Baca Juga
Baca Juga

Berada di kota La Coruna dengan bekal ijazah farmasi yang dimilikinya, Toni pun merasa terpanggil untuk akhirnya mempraktekan apa yang pernah didapatkannya pada masa kuliah dulu di Universitas San Jorge, Zaragoza.

"Dengan sepak bola berhenti dan dilarang bepergian, aku berkata pada diriku sendiri untuk mendapatkan pengalaman praktek dan lakukan apa yang bisa saya lakukan," ungkap pria 29 tahun itu, seperti yang diwartakan AFP.

Bekerja di tengah pandemi corona yang telah menewaskan sekitar 4.800 orang di Spanyol, Toni Dovale mengaku ada sedikit ketakutan di dalam dirinya saat ini.

Meski begitu, tak mengurangi sedikitpun keinginanya untuk terus berjuang melawan virus corona, sekaligus membaktikan diri dalam membantu sesama.

"Kami berada dalam situasi yang benar-benar menakutkan. Kami yang bekerja dengan masyarakat, takut. Dan orang-orang yang datang kepada kami untuk mendapatkan masukan, juga takut."

"Tapi kita semua juga tahu bahwa perilaku kita dalam situasi yang rumit, menentukan siapa kita, dan bagi saya, saya perlu menaruh rasa takut untuk keselamatan saya sendiri dan membantu dengan cara apa pun yang saya bisa,” ungkap Toni Dovale.

Baca Juga
Baca Juga

Terus berjuang di tengah pandemi virus corona dan kelangkaan alat medis dan obat-obatan, Toni Doval mengaku masih menyempatkan diri berlatih dengan barang seadanya

"Saat ini aku sama dengan orang lain yang berlatih di rumah melompati perabot," candanya.

"Saya mulai (latihan) jam 7 pagi dan menggunakan apa pun yang saya punya, termasuk botol air dan barang-barang seperti itu. Lalu saya turun ke apotek. Saya harap ini selesai secepatnya dan saya bisa kembali bermain sepak bola lagi,” kata jebolan Akademi Barcelona di tahun 2005 itu.

Selepas lulus dari Akademi Barcelona di tahun 2005, Toni Dovale juga sempat berpindah-pindah klub. Mulai dari Celta Vigo, Huesca, Aknsas City, Leganes, Rayo Vellecano, klub Liga India Bengaluru dan East Bengal hingga akhirnya ke Navy FC di Liga Thailand.

SpanyolBarcelonaThailandBola InternasionalVirus Corona

Berita Terkini