x

3 Pemain Asing Makin Gemilang Pasca Dilepas Persebaya Surabaya

Minggu, 5 April 2020 18:40 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung

INDOSPORT.COM - Terdapat 3 pemain asing yang pernah mentas di Liga 1 ternyata makin gemilang pasca dilepas Persebaya Surabaya. Siapa saja mereka? Simak penuturan di bawah ini.

Persebaya merupakan salah satu klub promosi di ajang Liga 1 2018. Klub berjuluk Bajul Ijo itu sukses naik kasta sekaligus menjadi juara Liga 2 2017 silam.

Usai balik ke habitat awal, Persebaya mendapat hak dimana boleh mengontrak pemain asing sesuai ketetapan operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Pada 2018, Persebaya turut memulangkan Otavio Dutra (Brasil), Robertino Pugliara (Argentina), serta David da Silva (Brasil). Tak ada pemain Asia yang direkrut kala itu.

Baca Juga
Baca Juga

Lalu di 2019, Persebaya berbenah dengan mendatangkan Damian Lizio (Bolivia), Amido Balde (Guinea-Bissau), serta Manuchekhr Dzhalilov (Tajikistan). Hanya Dutra yang dipertahankan.

Namun di tengah musim, Persebaya melepas tiga pemain dengan mendaratkan David da Silva (Brasil), Diogo Campos (Brasil), serta Aryn Williams (Australia). Tetap mempertahankan Dutra.

Kini pada musim 2020, Persebaya mengontrak Mahmoud Eid (Swedia-Palestina) dan Makan Konate (Mali). David da Silva dan Aryn Williams tetap dipertahankan.

Kendati begitu ternyata ada beberapa pemain asing yang malah tampil gemilang ketika dilepas oleh Persebaya. Lantas siapa saja pemain asing yang dimaksud?

Baca Juga
Baca Juga

1. Amido Balde

Pemain Ho Chi Minh City FC (Vietnam) Amido Balde (tengah) saat selebrasi.

Amido Balde didatangkan Persebaya pada awal musim 2019 lalu. Dirinya bisa disebut tampil sesuai dengan ekspektasi tetapi manajemen Bajol Ijo memilih melepasnya.

Selama membela Persebaya, Amido Balde membuat empat gol dan dua assists di Piala Presiden, enam gol dan satu assist di Piala Indonesia, serta lima gol di Liga 1.

Usai dilepas ke PSM Makassar, Balde tetap produktif dengan mencetak enam gol dan satu assist. Lalu pada awal 2020, Balde hijrah ke Liga 1 Vietnam Ho Chi Minh City FC.

Bersama klub tersebut, Balde sukses membuat tiga gol dari dua laga di pentas Piala AFC 2020 dan membuat klub tersebut memuncaki Grup F untuk sementara waktu.

2. Manucheckhr Dzhalilov

Pemain FC Istiklol (Tajikistan) Manucheckhr Dzhalilov (tengah).

Kemudian ada mantan pemain Persebaya yang direkrut pada awal Liga 1 2019 asal Tajikistan Manucheckhr Dzhalilov. Dirinya juga bisa disebut cukup sukses usai dilepas Persebaya.

Kala bersama Persebaya, Dzhalilov turut menyumbang satu gol dan lima assists di Liga 1, lima gol di Piala Presiden, serta satu gol dan dua assists di Piala Indonesia.

Usai direkrut oleh klub Liga 1 Tajikistan FC Istiklol, Dzhalilov malah sukses meraih gelar Tajik Supercup usai mengalahkan Khujand (2-1) di laga final.

Dzhalilov sukses mencetak satu gol dari pertandingan tersebut serta dinobatkan sebagai MVP Tajik Super Cup 2020. Dzhalilov turut menyumbang dua gol di Piala AFC 2020.

3. Damian Lizio

Pemain Royal Pari (Bolivia) Damian Lizio.

Terakhir ada gelandang asal Bolivia Damian Lizio yang sempat dikontrak oleh Persebaya pada awal Liga 1 2019 lalu. Lizio juga bisa dibilang gemilang usai dilepas Bajol Ijo.

Saat masih berseragam Persebaya, Lizio menyumbang dua gol dan assists di Liga 1, dua gol dan assists di Piala Presiden, serta dua gol dan satu assist di Piala Indonesia.

Sekarang, Lizio telah kembali pulang ke klub lamanya, yakni Royal Pari (Bolivia). Dirinya sudah membuat delapan penampilan dan membawa Royal Pari duduk diurutan keenam klasemen sementara.

Persebaya SurabayaLiga IndonesiaLiga 1Manucheckhr DzhalilovTRIVIAAmido BaldeDamian LizioBola IndonesiaShopee Liga 1Berita Liga 1

Berita Terkini