x

3 Pemain Asing Asia Timur Persebaya Surabaya Kesayangan Bonek

Selasa, 14 April 2020 08:25 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Coro Mountana
3 Pemain Asing Asia Timur Persebaya Surabaya Kesayangan Bonek.

INDOSPORT.COM – Persebaya Surabaya, sepanjang keikutsertaannya di kompetisi sepak bola Indonesia sangat jarang memakai pemain asing dari Asia Timur.

Kebanyakan, Persebaya Surabaya selama berkiprah di Liga Indonesia, lebih banyak memakai jasa pemain asing dari Amerika Latin dan Afrika.

Meskipun sedikit menggunakan jasa pemain Asia Timur, bukan berarti mereka kalah saing dengan deretan pemain Amerika Latin dan Afrika, justru mereka ini berhasil memikat hati Bonek dan Bonita.

Berikut INDOSPORT merangkum setidaknya ada tiga pemain Asia Timur yang pernah membela Bajul Ijo medio 2004 hingga 2013. Ketiga pemain itu punya posisi berbeda-beda kala membela Persebaya.

Baca Juga
Baca Juga

Zeng Cheng

Pertama, Persebaya memiliki kiper asal China Zeng Cheng pada musim 2003/2004 ketika itu dia berstatus sebagai pemain pinjaman dari Wuhan Guanggu. 

Kehadiran sosok pemain asal Asia Timur dan berposisi sebagai penjaga gawang saat itu jarang terjadi di klub-klub Indonesia.

Kehadiran kiper yang punya ciri khas rambut bercat pirang itu sontak mengundang banyak cibiran dan mempertanyakan kualitasnya. Sorotan tajam dari suporter Persebaya ini memang wajar, Zeng Cheng tiba di Persebaya menggantikan Hendro Kartiko. 

Mantan kiper Persebaya Surabaya Hendro Kartiko.

Nama besar dan kharismanya menjaga gawang Bajul Ijo dari kebobolan dan tak tergantikan menjadi penyebabnya. Zeng Cheng pun lambat laun membuktikan bahwa dirinya sanggup menjawab tantangan itu, keramahan kepada suporter juga menjadi nilai plus, ia pun cepat dicintai Bonekmania.

Takatoshi Uchida

Kedua, Takatoshi Uchida dari Jepang resmi memperkuat Persebaya saat kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2009/2010. Mantan pemain Albirex Niigata FC (Singapura) itu bermain sebagai stopper.

Pemain yang akrab disapa Taka ini punya gaya permainan khas Persebaya yakni ngeyel. Dia berani meninggalkan posnya sebagai stopper hingga ke tengah lapangan untuk membantu teman-temannya saat menyerang.

Tak hanya jago itu saja, dia pun handal saat menghadang pergerakan pemaindan fleksibel sehingga berhasil mencuri perhatian suporter Persebaya, Bonekmania. Kepergiannya dari Bajul Ijo cukup disayangkan, hingga saat ini Taka masih menjadi bahan obrolan seru dikalangan Bonekmania.

Han Ji-ho

Han Ji-ho saat membela Persebaya 1927 dalam kompetisi liga premier Indonesia (LPI).

Terakhir pemain Asia Timur dari Korea Selatan, Han Ji-ho. Gelandang kelahiran 1988 itu dikontrak Persebaya ketika mengarungi kompetisi Indonesia Premiere League (IPL) 2013.

Pelatih Ibnu Grahan saat itu tertarik meminangkan karena gaya permainannya yang lugas. Dia juga merupakan pemain tipikal pekerja keras dalam mengejar bola.

Sayangnya persoalan gaji yang sempat terhambat membuat Han Jiho hengkang dari Persebaya. Meskipun sudah tak lagi menjadi bagian Bajul Ijo dia mengaku senang pernah bermain di klub dari kota Pahlawan itu.

Baca Juga
Baca Juga

"Saya senang waktu itu bisa bermain dengan teman-teman. Persebaya punya pemain bagus, ada Andik, Taufik, Rendi, Goran," katanya saat dihubungi INDOSPORT. 

"Tapi sayang ada masalah uang. Akhirnya saya putuskan pulang, saya di Korea ikut wajib militer selama dua tahun," tutupnya.

Itulah 3 pemain asing Asia Timur Persebaya Surabaya kesayangan Bonek yang hingga saat ini belum bertambah lagi sosok bintang dari benua ras kuning itu.

JepangPersebaya SurabayaKorea SelatanChinaBonekLiga IndonesiaTRIVIAFeature

Berita Terkini