x

Buka-bukaan Jacksen Tiago soal Banyaknya Pemain Asing di Indonesia

Sabtu, 16 Mei 2020 12:27 WIB
Penulis: Martini | Editor: Arum Kusuma Dewi
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago.

INDOSPORT.COM - Dengan statusnya sebagai mantan pemain asing, dan kini juga menjabat sebagai pelatih asing, Jacksen F. Tiago buka-bukaan mengenai banyaknya pemain impor di Liga Indonesia.

Menurut Jacksen F. Tiago, pelatih yang saat ini menukangi tim Persipura Jayapura di Liga 1 2020, hadirnya pemain asing sangat dibutuhkan untuk kemajuan Liga Indonesia.

Dengan aturan tiga pemain asing dan tambahan satu pemain asing Asia-Australia, maka akan ada persaingan di kubu pemain lokal. Hadirnya persaingan ini sekaligus akan menambah kualitas pemain lokal itu sendiri.

Baca Juga
Baca Juga

"Saya rasa, sekarang dunia kita globalisasi, di mana-mana harus ada pemain lokal dan asing, itu adalah bentuk persaingan," ucap Jacksen F. Tiago dalam sesi live streaming di akun Instagram @jacksen_tiago.

Khususnya di Liga Indonesia, pemain asing asal Brasil masih mendominasi di tiap-tiap klub, sebab di Negeri Samba sendiri, persaingan untuk menjadi pemain bola sangatlah tinggi.

Sehingga, jika pemain lokal juga merasakan ketatnya persaingan di Liga 1 dan Liga 2, maka hijrah ke luar negeri adalah langkah yang bagus sebagai ajang eksplorasi diri.

Baca Juga
Baca Juga

"Kita datang dari Brasil ke Indonesia karena kita saingan di sana. Sama seperti pemain Indonesia yang pergi ke negara lain, semua itu membentuk sebuah persaingan," tambah pelatih 51 tahun itu.

Hingga kini, tak banyak pemain lokal yang betah merumput di luar negeri. Namun, geliat pemain muda seperti Egy Maulana, Witan Sulaiman, Emir Eranoto hingga Brylian Aldama mulai menunjukkan peningkatan daya saing sepak bola Indonesia.

Jacksen F. TiagoLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1

Berita Terkini