x

Barcelona Belum Mati, 3 Jebolan La Masia Ini Bisa Gantikan Messi

Jumat, 5 Juni 2020 20:42 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Barcelona belum mati, masih ada tiga bintang jebolan La Masia yang dipercaya jadi penerus Lionel Messi.

INDOSPORT.COM - Performa raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, sangat mengandalkan sosok Lionel Messi. Jika megabintang asal Argentina itu pergi, masih ada tiga pemain muda jebolan La Masia ini.

Sebagian besar kalangan percaya jika Messi menjadi alasan mengapa Barcelona cukup perkasa sepanjang musim ini. Bagaimana tidak? La Pulga menjadi satu-satunya striker murni yang memiliki kemampuan unggul dibanding pemain lainnya.

Tapi sayang masa bakti Messi tetap tak bisa berlangsung selamanya, seiring berjalannya waktu alumni akademi muda klub ini mulai termakan usia dan tentu saja kian dekat dengan masa pensiun alias gantung sepatu.

Baca Juga
Baca Juga

Walaupun begitu bukan berarti Barcelona bisa panik, mereka masih bisa mengandalkan para pemain jebolan Akademi La Masia lainnya. Seperti diketahui sebelumnya sekolah sepak bola junior Blaugrana ini bertanggung jawab sebagai pencetak para generasi emas.

Melansir laman berita Barca Universal, ada beberapa pemain ikonik seperti Andres Iniesta, Xavi Hernandez, Gerard Pique, dan tentu saja Messi serangkaian pemain ini pernah menjadi pelopor Barcelona menangi LaLiga Spanyol, Liga Champions dan masih banyak lagi.

Meski mendapat banyak kritik dan dirumorkan sudah mati akibat terkena imbas krisis finansial, pada kenyataannya La Masia masih hidup dan sudah mencetak pemain para baru yang bisa membantu Barcelona sekali lagi. Siapa saja mereka? Berikut INDOSPORT merangkum tiga pemain jempolan pengganti Messi.  

Baca Juga
Baca Juga

1. Ansu Fati

Ansu Fati menjadi salah satu jebolan La Masia yang paling mungkin untuk gantikan posisi Messi kelak. Baru berusia 16 tahun, dirinya sukses masuk ke tim senior dan jadi andalan skuat utama dibawah asuhan Quique Setien.

Remaja ini terkesan sudah mampu cetak lima gol dan satu assist dalam 24 penampilannya termasuk LaLiga Spanyol. Messi pun sempat mengakuinya sebagai salah satu penyerang utama Barcelona gantikan posisi Luis Suarez atau Ousmane Dembele.

Memiliki posisi alami di sayap kiri, Fati juga bisa beralih mode serangan kanan, sangat jarang melihat pemain muda yang memiliki pola permainan efisien seperti ini. Usia yang masih muda dan bakat yang luar biasa buat Barcelona kini telah memagari wonderkid yang satu ini.


1. 2. Carles Alena

Carles Alena, wonderkid Barcelona jebolan La Masia.

Xavi dan Iniesta menjadi salah satu pondasi gelandang terbaik Barcelona pada tahun 2011 silam. Setelah keduanya pergi situasi tak pernah sama lagi sebelum akhirnya La Masia mencetak sosok Carles Alena.

Meski saat ini dipinjamkan ke rival LaLiga Spanyol Real Betis, Alena mampu buktikan diri sebagai gelandang gabungan Xavi dan Iniesta. Hal ini dibuktikan dengan visi, kemampuan passing, fisik, dan dribble membuatnya jadi sosok yang bisa lewati tiap pemain bertahan dengan mudah.

Belum cukup disitu saja, keunggulan Alena dalam beradaptasi membuatnya sang bintang muda jadi kesatuan paket lengkap gelandang sempurna. Gelandang berusia 22 tahun ini dianggap cocok kenakan nomor punggung 10, 8, atau 9 berkat bakatnya itu.

Baca Juga
Baca Juga

3. Riqui Puig

Terakhir ada nama Riqui Puig yang sempat membuat Setien kepincut untuk menariknya dari tim Barcelona junior. Alasan sang pelatih tertarik sendiri tidak lepas dari bakat alami sang gelandang yang bisa optimalkan garis tengah tim.

Hampir mirip dengan Alena, Puig juga dilaporkan sebagai pengganti ideal Xavi dan Iniesta berkat kecepatan dan akurasi passing ketika berlaga di lapangan. Kemampuannya kian lengkap karena bisa lakukan pengambilan pass dan mampu setara Ivan Rakitic yang jauh lebih tua dalam skuat Barcelona.

Meski memiliki bakat terpendam, Puig masih harus terus memolesnya agar bisa membantu membuat era emas sendiri di Barcelona. Baru berusia 20 tahun, potensinya masih bisa berkembang ke tingkat lanjut dan mungkin saja menjadi bintang sepak bola besar masa depan.

Baca Juga
Baca Juga

Selain tiga bintang di atas, Barcelona sejatinya masih memiliki nama jebolan La Masia lain seperti Alex Collado, Monchu, dan Jandro Orellana. Tapi semua pemain muda La Masia itu masih harus mengasah kemampuan lebih banyak lagi agar bisa buktikan diri layak membela skuat senior Barcelona di LaLiga Spanyol.

BarcelonaLionel MessiLaLiga SpanyolLa MasiaLiga SpanyolCarles AlenaSepak BolaAnsu Fati

Berita Terkini