x

Alasan Mulia Asnawi Mangkualam Pakai Nomor Punggung 14 di PSM dan Timnas

Jumat, 19 Juni 2020 20:55 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Indra Citra Sena
Bek timnas Indonesia U-23, Asnawi Mangkualam, berlatih menjelang SEA Games 2019.

INDOSPORT.COM - Gelandang muda Asnawi Mangkualam membeberkan alasan menggunakan nomor punggung 14 di PSM Makassar dan timnas Indonesia.

Sekadar informasi, pesepak bola berusia 20 tahun ini diketahui tidak langsung mengenakan angka 14 sebagai nomor punggung di seragamnya.

Baca Juga
Baca Juga

Saat memulai karier profesional membela Persiba Balikpapan di ajang Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016, nomor punggung pilihan Asnawi Mangkualam adalah 25.

Setahun berselang, Asnawi hengkang ke PSM dan memakai nomor punggung 6 terlebih dahulu sebelum menggantinya dengan 14 sejak 2018 hingga kini.

Begitu pula di beberapa kelompok usia timnas Indonesia, dia sering gonta-ganti nomor punggung mulai dari 3, 6, 20, hingga terakhir 14 bersama skuat U-23.

Rupanya, pesepak bola multiposisi ini ingin mewarisi nomor punggung 14 dari yang identik dengan pamannya, yakni Ansar Razak. Sosok ini adalah legenda PSM Makassar era 1990-an. Dia meninggal dunia pada 1998 akibat kecelakaan lalu lintas.

"Mungkin semua suporter dan pencinta sepak bola di Makassar tahu siapa sosok almarhum Ansar Razak," ungkap Asnawi Mangkualam beberapa waktu lalu.

Baca Juga
Baca Juga

"Tujuan saya memakai nomor punggung 14 karena ingin agar tetap eksis di Indonesia, khususnya Makassar," tambah pemain muda terbaik Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19 ini.

Paman Asnawi Mangkualam tersebut pernah membawa PSM Makassar menjadi runner-up Liga Indonesia 1995/96 dan masuk skuat timnas Indonesia di ajang Piala Asia 1996.

PSM MakassarMakassarTimnas IndonesiaLiga IndonesiaAsnawi Mangkualam BaharBola Indonesia

Berita Terkini