x

Piala Asia U-19: Calon Bek Timnas di Eropa Sebut Indonesia Bisa Lolos Penyisihan

Sabtu, 20 Juni 2020 14:06 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Piala Asia U-19: Calon Bek Timnas di Eropa Sebut Indonesia Bisa Lolos Penyisihan.

INDOSPROT.COM - Salah satu calon bek Timnas Indonesia yang tampil di liga Eropa, Darren Sidoel menyebut jika skuat Garuda bisa lolos dari babak penyisihan grup Piala Asia U-19 2020.

Berdasarkan hasil drawing Piala Asia U-19 2020 yang berlangsung pada Kamis (18/06/20) lalu, diketahui bahwa Timnas Indonesia U-19 akan berada di Grup A bersama tim tuan rumah Uzbekistan. 

Selain itu, tim asuhan Shin Tae-yong tersebut juga bakal berhadapan dengan Iran dan Kamboja. Nantinya empat negara yang lolos ke semifinal akan memperoleh tiket ke Piala Dunia U-20 2021.

Baca Juga
Baca Juga

Dari tiga lawan yang bakal dihadapi Timnas Indonesia di Grup A nanti, tampaknya Uzbekistan menjadi salah satu rival berat dan harus diwaspadai lantaran pengalaman mereka di kompetisi ini terbilang cukup impresif. 

Selain modal tuan rumah yang bakal membuat mereka mendapat dukungan moril dari para suporter, Timnas Uzbekistan sejatinya punya cerita manis ketika tampil di gelaran Piala Asia berbagai jenjang umur.

Iran pun menjadi rival terberat yang bakal dihadapi Timnas Indonesia, pasalnya skuat berjuluk Team Melli Javanan ini sudah 21 kali tampil di Piala Asia U-19 dengan raihan terbaik menjadi juara pada edisi 1973, 1974, 1975, dan 1976.

Mungkin hanya Kamboja sebagai satu-satunya tim terlemah dan bisa menjadi lumbung poin Timnas Indonesia. Selain sama-sama dari ASEAN, skuat Kamboja juga pernah dikalahkan dengan skor telak oleh skuat Garuda.

Walau ada dua lawan berat, namun dukungan serta optimisme untuk Timnas datang dari berbagai pihak. Salah satunya dari pemain keturunan Darren Sidoel, yang memprediksi bahwa skuat Indonesia bisa lolos dari babak penyisihan.

Menurut Darren Sidoel, sejatinya Timnas Indonesia U-19 berada di grup yang cukup mudah ketimbang Timnas U-16 yang harus bersaing dengan China, Jepang hingga Arab Saudi.

"Timnas U-16 berada di grup yang cukup berat (sulit), sedangkan U-19 aku pikir akan mudah untuk melangkah ke babak selanjutnya," ucap Darren Sidoel kepada INDOSPORT.

Baca Juga
Baca Juga

"Tentu aku berharap baik Timnas U-16 dan U-19 bisa melewati penyisihan grup," tutup Darren Sidoel.

Piala Asia U-19 2020 sendiri dijadwalkan berlangsung pada 14 hingga 31 Oktober mendatang. Meski Timnas Indonesia telah dipastikan tampil di Piala Dunia U-20 sebagai tuan rumah, namun lolos dari babak penyisihan grup Piala Asia U-19 tentu bakal menambah motivasi jelang Piala Dunia nanti.


1. Darren Sidoel Bersinar di Eropa

Darren Sidoel Resmi Memperkut tim Arda Kardzhali

Darren Sidoel sendiri merupakan salah satu pemain keturunan Indonesia yang sempat menyatakan minat untuk membela Timnas, namun jebolan Ajax tersebut menyebut ingin memfokuskan karirnya lebih dulu yang kini naik daun di Eropa.

“Benar bahwa saya tertarik untuk memperkuat Timnas Indonesia. Namun, penting untuk saya menunggu waktu yang tepat. Tujuan saya saat ini adalah fokus mengejar karir klub,” ucap Darren Sidoel.

Pemain berpaspor Belanda ini sendiri menyempatkan diri untuk bertemu dengan pengurus PSSI (induk federasi sepak bola Indonesia) pada Mei 2019 lalu. Darren Sidoel mengatakan bahwa pembicaraan tersebut berjalan dengan positif. 

“Saya menyempatkan diri untuk bertemu orang-orang PSSI disela-sela waktu berlibur. Perasaan saya sangat nyaman dan membuat ingin membela timnas,” ucapnya.

Pada musim 2019/20 ini, Darren Sidoel bergabung dengan Arda Kardzhali salah satu tim yang tampil di kasta tertinggi Liga Bulgaria dan berhasil mencatatkan performa impresif.

Sejak bergabung pada Agustus 2019 lalu, bek berusia 22 tahun tersebut telah tampil dalam 15 pertandingan dan membawa Arda Kardzhali bertengger di peringkat delapan dari 14 tim peserta.

Piala Asia U-19Timnas IndonesiaBola InternasionalPiala AsiaBakat Muda IndonesiaTimnas Indonesia U-19Darren SidoelPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar NegeriBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini