x

Bukan Pelatih 'Kaleng-kaleng', Level Shin Tae-yong Tak Cocok untuk PSSI?

Minggu, 21 Juni 2020 16:13 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Pertentangan tajam antara PSSI dan Shin Tae-yong menimbulkan pertanyaan apakah PSSI tak sanggup mengakomodasi level dari mantan pelatih Korea Selatan tersebut?

INDOSPORT.COM - Pertentangan tajam antara PSSI dan Shin Tae-yong menimbulkan pertanyaan apakah PSSI tak sanggup mengakomodasi level dari mantan pelatih Korea Selatan tersebut?

Kisruh PSSI dengan Shin Tae-yong semakin memanas. Setelah curhat Shin Tae-yong kepada media Korea Selatan soal kelemahan PSSI, kini gantian PSSI yang menekan balik pelatih 51 tahun itu. 

Dalam sebuah wawancara dengan media Korea Selatan, Naver Sport, Shin Tae-yong mengutarakan sejumlah kekecewaannya kepada PSSI. Tae-yong secara terang-terangan mengadu soal PSSI yang kerap mengubah sikap hingga menyinggung masalah transparansi. 

Setengah tahun memegang timnas, Tae-yong mulai merasa gerah karena PSSI tidak konsisten dalam memegang janjinya, termasuk dalam menyusun kebijakan untuk Timnas Garuda. 

Baca Juga
Baca Juga

Shin Tae-yong juga secara khusus mengutarakan kekecewaannya terhadap Indra Sjafri sekaligus sikap PSSI terhadap pelatih asal Sumatera Barat tersebut. 

Pernyataan Shin Tae-yong ini pun sampai juga ke kuping PSSI. Seperti dugaan, PSSI merasa tidak terima dan menantang sekaligus mengancam Shin Tae-yong.

Melalui Ketua Satuan Tugas Timnas Indonesia, Syarif Bastaman, Shin Tae-yong diminta untuk kembali ke Indonesia pada pekan depan. Jika tidak bisa memenuhi panggilan, maka Tae-yong dipecat. 

Baca Juga
Baca Juga

"Kalau tak datang harus kami evaluasi, mungkin dipecat. Sejago siapa pun dia, kalau dia tidak datang, tak mau melatih bisa saja," kata Syarif Bastaman.


1. Level Shin Tae-yong Tak Layak untuk PSSI?

Hari pertama pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Senin (13/01/20) yang dihadiri coach Shin Tae-yong, dalam TC tersebut juga skuat Timnas Indonesia resmi memakai apparel baru.

Perselisihan antara Shin Tae-yong dengan PSSI patutlah disayangkan. Pasalnya, ini bukan saat yang tepat untuk berpolemik. Sebab masih banyak agenda penting yang bakal dilakoni Timnas Indonesia. 

Shin Tae-yong menanggung beban berat untuk memimpin Timnas Indonesia mulai dari tim U-19,U-23, dan tim senior. Indonesia harus berlaga di Kualifikasi Piala Dunia zona Asia 2022, Piala Asia U-19, Piala AFF 2020, hingga Piala Dunia U-20 2021.

Respons tajam PSSI sampai memberikan ancaman pemecatan dianggap terlalu berlebihan dan tidak adil. Apalagi, Shin Tae-yong belum satu kali pun memimpin Timnas Garuda dalam pertandingan resmi. 

Justru ini saatnya bagi PSSI untuk berinteropeksi diri. Sebab, Shin Tae-yong bukanlah pelatih 'kaleng-kaleng' alias sembarangan. 

Shin Tae-yong adalah mantan pelatih Timnas Korea Selatan yang mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2018 silam. Shin Tae-yong adalah pelatih yang lama membesut Timnas Korea Selatan U-20 sampai U-23. 

Ia juga sangat dihormati di Korea Selatan karena rekam jejaknya sebagai pemain sepak bola dan mantan pelatih Seongham Ilhwa Chunma. Bersama raksasa Korea itu ia meraih trofi Liga Champions Asia, FA Cup Korea. 

Apa yang keluar dari mulut Shin Tae-yong tentu tidak akan sembarangan. Ada rasa tidak nyaman dan ketidakpuasan yang ia rasakan dari situasi yang ada. 

Berani mengontrak pelatih selevel Shin Tae-yong itu artinya PSSI harus siap menaikan level Timnas Indonesia. Jika keputusan Shin Tae-yong harus terbentur kebijakan dari PSSI, maka hal tersebut patut dipertanyakan. 

Saat ini Timnas Indonesia jauh terperosok di peringkat 173 dunia. Mengapa seakan federasi memiliki daya tawar dan pengetahuan yang lebih baik dari Korea Selatan yang selalu berada di 50 besar dunia.

Alih-alih memperkeruh suasana, mari berikan dukungan maksimal kepada Shin Tae-yong untuk memajukan Timnas Indonesia yang saat ini tengah luar biasa tertinggal. Menukar Shin Tae-yong dengan pelatih lokal di tengah jalan bukanlah solusi bijak. 

Harap diingat, ini bukan pertama kalinya PSSI bermasalah dengan pelatih level dunia. Sebelum Shin, pelatih asal Spanyol, Luis Milla, juga pernah dibuat kecewa dengan manajemen di PSSI. 

Saat yang tepat bagi PSSI untuk mengintropeksi diri alih-alih memperuncing masalah. Jika tidak mau mengalah, jangan salahkan publik jika muncul anggapan bahwa level Shin Tae-yong memang tidak layak untuk PSSI saat ini. 

PSSIKorea SelatanTimnas IndonesiaBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini