x

Dilepas Persebaya, Dzhalilov Menggila Bawa Klub Tajikistan Tak Terkalahkan

Selasa, 23 Juni 2020 22:13 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri

INDOSPORT.COM - Manuchekhr Dzhalilov tampil menggila dan membawa klub asal Tajikistan kokoh tak terkalahkan (unbeaten) FC Istiqlol usai dilepas Persebaya Surabaya.

Kompetisi sepak bola Vysshaya Liga 2020 kembali bergulir usai sempat terhenti akibat wabah virus corona (COVID-19) yang melanda Tajikistan selama dua bulan.

Liga Tajikistan mulai ada denyut nadinya kala mengawali pekan ke-5, tengah minggu lalu, Selasa (16/06/20). Sederet pertandingan kembali bisa dilanjutkan.

Tak terkecuali klub yang memakai jasa Manuchekher Dzhalilov, yakni FC Istiqlol. Pada laga kali ini mereka melawat ke markas FC Regar-tadAZ.

Dalam laga yang berlangsung di TALCO Arena dipimpin oleh wasit Abdullo Davlatov. Laga ini membuat kedua tim menurunkan 11 pemain terbaiknya.

Baca Juga
Baca Juga

Termasuk Manuchkehr Dzhalilov, yang dipercaya tampil sejak menit awal sebagai striker oleh kepala pelatih FC Istiqlol Vitali Levchenko.

Winger yang lahir 27 September 1990 itu memang tak mencetak satu gol atau asis. Akan tetapi FC Istiqlol bisa meraih kemenangan telak 1-6 atas FC Regar-tadAZ.

Lalu di pekan ke-6, FC Istiqlol menjamu FC Istaravshan di Central Republican Stadium, Sabtu (20/06/20). Partai ini juga berjalan sangat menarik.

Lantaran Dzhalilov kembali dipercaya menjadi ujung tombak sejak menit awal hingga pertandingan usai. Ketajaman eks Gornyak Uchaly ini pun terbayar.

Karena Dzhalilov sukses mencetak gol ke-6 untuk FC Istiqlol pada menit ke-85 berkat umpan matang Rustam Soirov. FK Istaravshan pun takluk 8-0 dari tim tuan rumah.

Baca Juga
Baca Juga

Kemenangan ini turut mengantarkan FC Istiqlol masih berada di posisi puncak klasemen sementara Liga Tajikistan 2020 dengan mengoleksi 16 poin dari enam laga.

Tak hanya itu, FC Istiqlol sejauh ini belum terkalahkan alias unbeaten dan menjadi satu-satunya klub Liga Tajikistan 2020 bersih dari gagal menang.

Selain itu Manuchekher Dzhalilov kini menjadi pencetak gol terbanyak dengan jumlah delapan gol. Jumlah tersebut masih bisa bertambah ke depannya.

Selanjutnya FC Istiqlol bakal menjamu ke markas Khujand di Stadion 20-letie Nezavisimosti, Tajikistan dalam lanjutan pekan ke-7, Minggu (28/06/20).

Di Khujand sendiri ada mantan bek klub Liga 1 2020 Tira Persikabo Khurshed Beknazarov. Tampaknya ini bisa jadi laga nostalgia bagi keduanya.


1. Karier di Indonesia

Manuchekhr Dzhalilov tampil menggila dalam membawa klub asal Tajikistan kokoh tak terkalahkan (unbeaten) FC Istiqlol usai dilepas Persebaya Surabaya.

Manuchekher Dzhalilov sempat berkarier di Indonesia, tepatnya kala membela Sriwijaya FC pada Liga 1 2018 lalu dengan membuat tujuh gol dan lima asis dalam 30 laga.

Lalu pada 2019, Dzhalilov pernah membela Persebaya Surabaya selama setengah musim. Dirinya menyumbang tujuh gol dan asis dari 26 laga di semua ajang.

Sekarang, Dzhalilov tengah bersinar di negara kelahirannya. Bahkan dirinya juga merebut gelar Tajikistan Super Cup 2020 dan menjadi pemain terbaik.

Pemain Timnas Tajikistan itu juga berpeluang mengantarkan FC Istiqlol merebut gelar juara Piala AFC 2020. Dzhalilov dikontrak hingga 31 Desember 2020.

Persebaya SurabayaSriwijaya FCBola InternasionalManucheckhr DzhalilovSepak BolaTajikistan

Berita Terkini