x

Liga 1 2020 Tanpa Penonton, Ini Tanggapan Gelandang Persib

Selasa, 23 Juni 2020 20:24 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Lanjar Wiratri
Gelandang Persib Bandung, Erwin Ramdani, siap menjalankan protokol kesehatan yang akan diterapkan saat kompetisi Liga 1 2020 digulirkan kembali.

INDOSPORT.COM - Gelandang Persib Bandung, Erwin Ramdani, siap menjalankan protokol kesehatan yang akan diterapkan saat kompetisi Liga 1 2020 digulirkan kembali, salah satunya pertandingan tanpa penonton. 

Menurut Erwin, kehadiran penonton atau supporter dalam pertandingan sangat penting bagi pemain. Karena, kehadiran mereka bisa menambah motivasi bermain, apalagi di Bandung yang memiliki pendukung yang sangat loyal dan dikenal dengan sebutan Bobotoh.

Baca Juga
Baca Juga

Hanya saja, kondisi saat ini belum memungkinkan Stadion dihadiri penonton, sehingga Erwin memaklumi keputusan pertandingan digelar tanpa penonton. 

"Mungkin Liga tanpa penonton sedikit banyak berpengaruh pada kita pemain. Apalagi Persib, atmosfer seperti apa kita tahu sendiri, mau tidak mau kita harus menerima," kata Erwin. 

"Karena berpengaruhnya bukan cuma di sepak bola, tapi juga pebisnis, semua berpengaruh, kita harus adaptasi, mau tidak mau kita harus menerima dan menyesuaikan," jelasnya menambahkan. 

Mantan pemain PSMS Medan ini menambahkan, meski pertandingan tidak dapat disaksikan langsung penonton di Stadion, namun ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan Bobotoh untuk memberikan dukungan kepada skuat Persib. 

Menurut Erwin, dukungan yang diberikan Bobotoh di luar lapangan seperti lewat media sosial, bisa membuat motivasi bermain bertambah dan pemain dipastikan akan berusaha tampil maksimal. Walaupun, saat pertandingan nanti Stadion kosong. 

"Bisa dengan disiasatinya dengan dukungan yang lain, seperti melalui media sosial, Bobotoh lebih tahu bagiamana Bobotoh menyemangati kita. Ada tidak ada Bobotoh memperngaruhi kita, tapi ktia harus tetap berusaha," tegasnya. 

Sementara itu, saat ini aktivitas Persib masih liburkan, karena masih menunggu jadwal Liga 1 2020. Selain itu, hingga pekan ketiga skuat Maung Bandung masih berada di puncak klasemen dengan mengoleksi 9 poin. 

Persib BandungLiga IndonesiaLiga 1Erwin RamdaniBerita Liga 1

Berita Terkini