x

5 Gelandang Ini Bisa Gantikan Arthur di Barcelona Bila Jadi ke Juventus

Kamis, 25 Juni 2020 19:37 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, bisa mencoba untuk memperjuangkan satu dari lima gelandang ini seandainya Arthur Melo benar-benar gabung Juventus.

INDOSPORT.COM - Raksasa sepak bola LaLiga Spanyol, Barcelona, bisa mencoba untuk memperjuangkan satu dari lima gelandang ini seandainya pemain mereka, Arthur Melo, benar-benar pindah ke Juventus.

Sebuah massive rumour bursa transfer muncul dari raksasa Serie A Liga Italia, Juventus. Mereka dikabarkan telah setuju untuk menukar gelandangnya, Miralem Pjanic, dengan Arthur Melo dari Barcelona.

Arthur yang dipatok dengan harga jual 80 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun), dianggap sebanding dengan label harga Pjanic yang juga mencapai 70 juta euro atau sekitar Rp1,1 triliun.

Baca Juga
Baca Juga

Meski kedua klub sudah hampir bersepakat, namun mereka masih mengadakan pembicaraan lebih lanjut terkait detail-detail lainnya, sebelum proses transfer itu benar-benar terwujud di musim panas 2020. Apalagi, Arthur sendiri juga kabarnya belum setuju 100%.

Hal ini dikarenakan pemain asal Brasil itu masih ingin berkarir bersama tim Catalan. Inilah yang menjadi kendala utama proses barter dengan Pjanic. Namun, banyak yang meyakini bahwa cepat atau lambat, Arthur bakal setuju untuk gabung Juventus.

Jika sang pemain pergi, maka Barcelona atau Blaugrana harus segera mencari penggantinya di bursa transfer. Miralem Pjanic memang menjadi kandidat utama. Namun, belum tentu ia bisa cocok jika bermain di Camp Nou. Sehingga, mungkin Barcelona bisa mencoba melirik gelandang dari klub lain.

Termasuk Pjanic, berikut lima pemain sepak bola yang bisa direkrut Barcelona jika Arthur Melo benar-benar pindah ke Juventus di bursa transfer musim panas 2020 seperti dilansir dari Sportskeeda.

1. Miralem Pjanic (Juventus)

Jelas. Miralem Pjanic masuk ke dalam daftar ini karena dirinya dikabarkan bakal jadi alat tukar dengan Arthur. Dia adalah kandidat utama untuk mengisi posisi yang ditinggal oleh gelandang asal Brasil tersebut.

Namun kabarnya, barter dengan Pjanic justru bakal merugikan bagi Barcelona. Pasalnya, Arthur sudah lebih berpengalaman di Camp Nou dan lebih sering menjadi starter ketimbang Pjanic.

Namun untungnya, Pjanic punya kelebihan dalam hal tendangan bebas dan juga umpan jarak jauh. Hanya sayangnya, ia sudah berusia 3o tahun dan performanya bisa menurun beberapa tahun ke depan.

2. Tanguy Ndombele (Tottenham Hotspur)

Gelandang Tottenham Hotspur, Tanguy Ndombele, bisa dijadikan alternatif. Masih berumur 23 tahun, ia pernah dianggap sebagai gelandang box to box terbaik dunia saat masih memperkuat Olympique Lyonnais.

Namun, performanya turun setelah memperkuat Tottenham Hotspur. Bahkan, pelatih mereka yang bernama Jose Mourinho dikabarkan kurang suka dengannya lantaran sering cedera.

Meski demikian, Ndombele merupakan gelandang yang punya kelebihan menguasai area tengah. Ia sangat dinamis di dalam lapangan. Tak heran petinggi Barcelona, Eric Abidal, tertarik kepadanya pada 2018.


1. 3. Fabian Ruiz (Napoli)

Fabian Ruiz, bisa jadi pilihan Barcelona apabila Arthur jadi pindah ke Juventus.

Fabian Ruiz juga sudah lama menjadi incaran Barcelona. Berusia 24 tahun, Ruiz memiliki kelebihan dalam hal agresivitas, kecerdasan taktis, dan teknik mengolah bola. Karena hal tersebut, ia selalu menjadi andalan Napoli.

Selain itu, Ruiz juga bisa ditempatkan sebagai gelandang serang atau gelandang bertahan. Pasalnya, ia mampu melakukan dua hal tersebut. Bahkan, ia sering berlari sampai ke garis bek Napoli hanya untuk membantu pertahanan tim Serie A Liga Italia tersebut.

Jika Ruiz gabung Barcelona, maka pelatih mereka yang bernama Quique Setien bisa menempatkannya sebagai alternatif Arturo Vidal, yang mana keduanya sama-sama dikenal kreatif.

4. Kai Havertz (Bayer Leverkusen)

Salah satu nama yang cukup sering menjadi bahan gosip di bursa transfer musim panas 2020, Kai Havertz dari Bayer Leverkusen. Ia baru berusia 21 tahun dan digadang-gadang bakal menjadi gelandang masa depan dunia.

Gabung Leverkusen sejak 2016 yang lalu, Havertz mampu mencetak 44 gol dan menyumbang 31 assists dari total 146 pertandingan yang ia jalani di semua kompetisi. Tak heran dirinya menarik perhatian klub Liga Inggris seperti Chelsea.

Jika gabung Barcelona, Havertz bisa ditempatkan Setien di lini tengah bersama Sergio Busquets dan Frenkie de Jong. Diyakini, kerja sama antara Havertz dan Lautaro Martinez (jika mereka bisa merekrutnya dari Inter Milan), bakal membuat Barcelona jadi tim monster.

5. Riqui Puig (Barcelona B)

Jika Barcelona tak mau repot-repot mencari pengganti Arthur di klub lain, mereka bisa mencomot satu pemain dari tim junior Barcelona B. Riqui Puig adalah pemain yang diyakini bisa memenuhi kebutuhan tim Catalan.

Berusia 20 tahun, Puig pernah menjalani debutnya di LaLiga Spanyol pada 13 April 2019 yang lalu, dimana Barcelona bermain imbang 0-0 melawan Huesca. Bermain selama 67 menit, Puig mampu membuktikan bahwa ia memang pemain berbakat.

Kelebihan Puig dibanding Arthur Melo adalah dirinya berani menghadang lawan sendirian. Sehingga, Barcelona bisa menggunakannya untuk memperlambat pergerakan tim lawan. Tentu, kemampuan ini sangat berguna bagi tim Catalan tersebut.

Itulah lima pemain yang bisa diperjuangkan raksasa sepak bola LaLiga Spanyol, Barcelona, seandainya Arthur Melo benar-benar merapat ke klub Serie A Liga Italia, Juventus. Namun, selama ini hanya Miralem Pjanic yang menjadi satu-satunya kandidat kuat pengganti Arthur.

Bursa TransferBarcelonaJuventusNapoliMiralem PjanicTRIVIAArthur MeloSepak BolaBerita Bursa TransferKai HavertzTanguy Ndombele

Berita Terkini