x

Diabaikan Shin Tae-yong, Jack Brown Malah Gemilang Hadapi Timnas U-23

Jumat, 26 Juni 2020 23:54 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak

INDOSPORT.COM - Sempat diabaikan Shin Tae-yong, salah satu pemain muda Indonesia, Jack Brown, malah bermain gemilang saat menghadapi Timnas Indonesia U-23.

Sekitar Januari lalu, Jack Brown memang mendapat kesempatan mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-19. Momen pemusatan latihan itu dipimpin langsung oleh juru taktik Korea Selatan, Shin Tae-yong. 

Jack Brown bergabung ke Timnas Indonesia U-19 setelah menempuh perjalanan dari Inggris. Maklum saja, Jack Brown diketahui bermain untuk akademi muda klub Liga Inggris, Lincoln City. 

Baca Juga
Baca Juga

Sayangnya, setelah jauh-jauh datang ke Indonesia, perjuangan Jack Brown belum membuahkan hasil manis. Jack Brown gagal bersaing dengan pemain lain dan dicoret oleh Shin Tae-yong dalam daftar 28 pemain yang lolos seleksi.

Banyak faktor yang mempengaruhi kegagalan Jack Brown waktu itu. Salah satunya, Jack Brown merasa masih kesulitan beradaptasi dengan cuaca di Indonesia yang jauh berbeda dengan Inggris.

"Saya diundang seleksi timnas sangat mendadak. Saya harus terbang dari Inggris ke Indonesia selama 20 jam dan saya sampainya tengah malam. Saya masih capek dan karena masih jet lag sehingga sulit beradaptasi," kata Jack Brown dalam wawancara di kanal Youtube pesepak bola putri, Zahra Muzdalifah, beberapa waktu lalu.

Eks peraih penghargaan The World Final Skill Test 2012 Manchester United Soccer School itu mengaku kalau dirinya juga sudah memberi tahu kepada tim pelatih, tapi mereka tetap tidak memberikan toleransi. 

"Saya hanya diberi waktu empat hari dan saya belum bisa kuat. Saya sudah memberi tahu pelatih tentang minimnya kesempatan beradaptasi," ucap Jack Brown menambahkan.

Baca Juga
Baca Juga

Meski sempat tereliminasi, belakangan Shin Tae-yong disebut telah berkoordinasi dengan PSSI untuk memberikan kesempatan kedua kepada Jack Brown. Mereka sadar ketika seleksi Januari lalu waktu yang diberikan kepadanya sangat terbatas.


1. Latihan Keras Jack Brown dan Laga Melawan Timnas U-23

Jack Brown Bersama Lincoln FC U-18 melakukan tour pramusim di Belanda

Jelang kesempatan pemusatan latihan kedua yang bakal dijalani, Jack Brown bersama sang kakak melakukan latihan cukup intens di Indonesia sekaligus memperbaiki proses adaptasinya di Tanah Air.

Bahkan, dirinya sempat menyewa atlet lari Indonesia peraih emas SEA Games tahun 2019 lalu, Suryo Agung Wibowo, demi memaksimalkan kecepatan.

Teranyar, Jack Brown berhasil menunjukkan kualitasnya dengan tampil gemilang saat menghadapi Timnas Indonesia U-23 dalam sebuah pertandingan persahabatan pekan lalu.

"Friendly match aja antara anak-anak asuhan Coach Yahya dengan Timnas U-23. Ada Rafli Mursalim (Persija) juga. Jack dan George main bagus." ucap Indah Brown, ibu dari Jack dan George Brown kepada INDOSPORT.

Bahkan, Jack Brown berhasil mencatatkan dua assist dalam pertandingan tersebut. Namun sayang, laga dimenangkan oleh Timnas U-23 dengan skor tipis 4-3.

"Jack Brown lawan Timnas U-23. Dia berhasil assisted dua kali tapi hasilnya Timnas U-23 yang menang 4-3," tambah Indah Brown.

Jack Brown sepertinya memang punya kualitas menjanjikan sebagai seorang pesepak bola. Buktinya, pada Januari pasca dicoret dari Timnas Indonesia U-19, Jack Brown langsung bisa mencetak dua gol untuk Lincoln City U-18 dan bahkan menembus tim senior Lincoln City beberapa hari setelahnya.

Patut dinanti, apakah Jack Brown dengan kesempatan kedua untuk mengikuti TC bakal membuatnya menembus skuat Timnas Indonesia di Piala Asia U-19 2020? Biar waktu saja yang menjawabnya.

Timnas IndonesiaLiga IndonesiaJack BrownTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini