x

Termasuk Andritany, 3 Langganan Timnas Indonesia yang Tak Dipanggil TC Shin Tae-yong

Minggu, 26 Juli 2020 11:41 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Selain Andritany Ardhiyasa, ada dua pemain langganan Timnas Indonesia senior lainnya yang tak mendapat panggilan dari Shin Tae-yong dalam TC kali ini.

INDOSPORT.COM - Selain Andritany Ardhiyasa, ada dua pemain langganan Timnas Indonesia senior lainnya yang tak mendapat panggilan dari Shin Tae-yong dalam pemusatan latihan kali ini. 

Shin Tae-yong akhirnya telah resmi memanggil para pemain untuk pemusatan latihan Timnas Indonesia senior dan U-19. Sebanyak 29 nama bakal dipanggil untuk mengikuti TC Timnas Senior.

Sementara 46 nama dipanggil untuk Timnas U-19. Pemusatan latihan ini bakal dilakukan secara bersamaan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, sampai 8 Agustus nanti. 

Sejumlah kejutan pun tercipta pada daftar pemain yang dipanggil oleh Shin Tae-yong. Pada lini kiper, nama penjaga gawang kawakan Andritany Ardhiyasa  tidak masuk dalam daftar 29 pemain yang dipanggil ikut pemusatan latihan Timnas Indonesia. 

Baca Juga
Baca Juga

Tak adanya nama Andritany pun jadi sorotan, karena ia selalu menjadi langganan skuat Garuda beberapa tahun terakhir. Mengikuti Andritany, sejumlah nama familier di Timnas Indonesia juga tidak mendapat panggilan Shin Tae-yong pada pemusatan latihan kali ini. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya. 

1. Andritany Ardhiyasa

Kiper Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa saat mengheningkan cipta bersama Timnas.

Kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa tidak masuk dalam daftar 29 pemain yang dipanggil ikut pemusatan latihan Timnas Indonesia. Tak adanya nama Andritany pun jadi sorotan, karena ia selalu menjadi langganan skuat Garuda beberapa tahun terakhir. 

Kendati demikian, pemain asal Jakarta itu enggan memusingkannya. Kapten Persija itu justru memanfaatkan situasi yang ada sebagai introspeksi dan evaluasi diri sendiri.

"Saya selalu membuat diri termotivasi untuk membuktikan yang terbaik. Dengan tidak dipanggilnya saya di Timnas kali ini membuat saya harus membenahi apa kekurangan dan memperbaikinya," ujarnya.

Lebih lanjut, Andritany menilai wajar ada pergantian susunan pemain di Timnas.  Semua pemain berkah membuktikan diri sesuai dengan pilihan pelatih.

2. Hansamu Yama

Hansamu Yama berupaya merebut bola dalam laga Timnas Indonesia U-23 vs Laos U-23.

Kapten Timnas Indonesia sekaligus bek Persebaya, Hansamu Yama Pranata, secara mengejutkan tak mendapat panggilan pada pemusatan latihan Timnas Senior di bawah Shin Tae-yong kali ini. 

Hal ini cukup mengejutkan karena bek tangguh Bajul Ijo tersebut merupakan langganan lini belakang tim nasional Indonesia di level U-23 maupun senior. Tak peduli siapa pun pelatihnya, Hansamu Yama selalu masuk dalam skuat. 

Meski begitu, kedaulatan ada di tangan Shin Tae-yong. Tentu ada pertimbangan tertentu dari keputusan pelatih tak memanggil Hansamu. 

Jika diingat-ingat, Hansamu Yama termasuk bek yang cukup sering melakukan blunder. Sejumlah kesalahan memang pernah dilakukan oleh Hansamu Yama di Timnas Indonesia. 

Baca Juga
Baca Juga

Akan tetapi, tak menutup kemungkinan pada perhelatan Timnas Indonesia selanjutnya nama Hansamu Yama masuk dalam daftar pemain yang dipanggil oleh Shin Tae-yong. 


1. 3. Beto Goncalves

Beto Goncalves berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Malaysia, Kamis (09/05/2019). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Nama Beto Goncalves tidak masuk dalam daftar nama pemain Timnas Senior yang mendapat panggilan dari Shin Tae-yong dalam pemusatan latihan di Senayan. Padahal, Beto menjadi mesin gol andalan Skuat Garuda sejak Asian Games 2018 lalu. 

Pada pemusatan latihan kali ini hanya Ilija Spasojevic saja pemain naturalisasi yang mendapat kesempatan untuk membuktikan diri. Meski begitu, keputusan Shin Tae-yong tak memanggil Beto Goncalves mendapatkan pujian dari sebagian pihak. 

Mereka menilai hal itu baik untuk perkembangan lini depan Timnas Garuda. Apalagi di situ ada nama penyerang Bhayangkara FC, Dendy Sulistyawan serta Egy Maulana Vikri yang dipromosikan dari Timnas U-19. 

Belum lagi ada nama Osvaldo Ardiles Haay yang mencuri perhatian bersama klub Persija Jakarta dan Timnas Indonesia U-23 pada akhir tahun 2019 dan awal tahun 2020 ini. Tidak dipanggilnya Andritany dkk oleh Shin Tae-yong diharapkan dapat memberikan penyegaran bagi skuat timnas. 

Hansamu Yama PranataBeto GoncalvesTimnas IndonesiaAndritany ArdhiyasaLiga IndonesiaTRIVIAShin Tae-yong

Berita Terkini