x

5 Tawaran Arsenal yang Jadi Bahan Tertawaan dan Ejekan

Kamis, 30 Juli 2020 20:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Dalam setiap bursa transfer, pasti ada saja kejadian-kejadian unik nan menggelitik yang melibatkan suatu klub dan pemain. Salah satunya dari Arsenal.

INDOSPORT.COM – Dalam setiap bursa transfer, pasti ada saja kejadian-kejadian unik nan menggelitik yang melibatkan suatu klub dan pemain. Salah satunya dari Arsenal.

Sebagai tim papan atas Liga Inggris, Arsenal terhitung royal dalam membeli pemain-pemain anyar. Bahkan di musim panas tahun lalu, The Gunners berani memecahkan rekor transfer klub dengan memboyong Nicolas Pepe.

Namun jauh sebelum adanya rekor transfer klub, Arsenal pernah mendapat cap sebagai tim yang pelit dalam mengeluarkan uang demi membawa pemain idaman. Citra ini muncul karena adanya beberapa tawaran The Gunners yang dianggap melecehkan suatu klub.

Baca Juga
Baca Juga

Tentu pecinta sepak bola masih ingat bagaimana Arsenal melayangkan tawaran sebesar 40.000.001 poundsterling untuk Luis Suarez pada 2013 silam. Tawaran yang dilepaskan The Gunners tersebut dianggap hanya mengolok-olok Liverpool yang memasang klausa penjualannya sebesar 40 juta poundsterling.

Bahkan tawaran Arsenal tersebut membuat John Henry selaku petinggi Liverpool geram dan mengolok The Gunners via media sosial, Twitter.

Selain kasus Luis Suarez tersebut, ternyata masih ada beberapa tawaran Arsenal yang menjadi bahan ejekan pecinta sepak bola dan bahkan klub yang menjual pemain incaran The Gunners. Berikut daftarnya.

Baca Juga
Baca Juga

1. Kieran Tierney

Saat ini, Kieran Tierney merupakan penggawa Arsenal. Ia didatangkan pada musim panas 2019 silam dari Glasgow Celtic.

Ternyata dalam proses transfernya, Arsenal mengajukan tawaran pertama sebesar 15 juta poundsterling ke Celtic untuk Tierney. Hal ini dianggap klub Skotlandia tersebut sebagai ejekan mengingat bakat dan usia muda yang dimiliki sang pemain.

Bahkan legenda Celtic, John Harson menyebut tawaran Arsenal adalah sebuah hal memalukan. Lantas The Gunners pun mengajukan tawaran kedua sebesar 25 juta poundsterling yang lantas diterima oleh Celtic.


1. 2. Karim Benzema

Penyerang Real Madrid, Karim Benzema pernah menjadi incaran Arsene Wenger dan Arsenal.

Pada 2017 silam, Arsenal tertarik mendatangkan Karim Benzema dari Real Madrid yang saat itu merupakan pemain andalan Los Blancos dan mampu mencetak 185 gol dari 380 penampilan.

Ketertarikan Arsenal pun lantas diaplikasikan dalam sebuah tawaran sebesar 40 juta poundsterling. Tawaran tersebut pun tak pelak menjadi bahan tertawaan Florentino Perez selaku presiden Madrid.

Sebagai catatan, pada tahun tersebut Crystal Palace mendatangkan Christian Benteke dengan mahar 32 juta poundsterling. Tentu melihat angka yang ditawarkan Arsenal untuk Benzema, wajar jika Madrid dan Florentino Perez tertawa.

3. Gonzalo Higuain

Di saat bersamaan dengan kasus Luis Suarez, Arsenal juga tertarik mendatangkan Gonzalo Higuain dari Real Madrid. Saat itu Los Blancos mematok harga 22 juta poundsterling saja untuk penyerang asal Argentina tersebut. Namun harga tersebut tak membuat Arsenal bergerak untuk memboyongnya karena fokus terhadap Suarez.

Sebulan kemudian, Arsenal baru tertarik dengan Higuain. Namun Madrid telah merubah harga jualnya menjadi 35 juta poundsterling dan The Gunners hanya berani menawarkan uang 20 juta poundsterling saja. Tentu tawaran tersebut hadir di waktu yang tak tepat.

Alhasil, Madrid enggan melepasnya dan Higuain memilih bertahan di Madrid sebelum hijrah ke Napoli dan mencetak rekor sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu musim sepanjang masa sejarah Serie A Italia.

4. Alexandre Lacazette

Sama seperti kasus Tierney, transfer Alexandre Lacazette sendiri terhitung berbelit-belit karena Arsenal tak cepat dan tanggap dalam melayangkan tawaran.

Pada awal musim 2016/17, Arsenal tertarik mendatangkan Lacazette dari Olympique Lyon. Dalam usahanya, The Gunners disebut melayangkan tawaran 40 juta poundsterling yang ditolak mentah-mentah oleh klub asal Prancis tersebut.

Usut punya usut, ternyata Arsenal tak melayangkan tawaran sebesar 40 juta poundsterling seperti yang diberitakan dan hanya menawarkan uang 31.5 juta poundsterling. Hal inilah yang membuat transfernya berbelit-belit kendati sukses mendatangkannya di tahun 2017 dengan mahar 47 juta poundsterling.

5. Wilfried Zaha

Sebelum mendatangkan Nicolas Pepe, Arsenal tertarik mendatangkan Wilfried Zaha dari Crystal Palace. Namun usaha The Gunners mendatangkannya tak menemui titik terang sehingga berpaling ke Pepe dengan harga 72 juta poundsterling.

Namun tahukah bahwa kegagalan Arsenal memboyong Zaha karena The Gunners hanya menawarkan uang 40 juta poundsterling? Saat itu, Zaha dipatok Crystal Palace dengan harga 70 juta poundsterling. Pantas jika tawaran tersebut ditolak.

Lucunya, kegagalan Arsenal memboyong Zaha berujung pada pecahnya rekor transfer klub untuk memboyong Pepe yang memiliki harga sedikit lebih mahal ketimbang Zaha.

Bursa TransferArsenalLuis SuarezKarim BenzemaGonzalo HiguainWilfried ZahaAlexandre LacazetteLiga InggrisSepak BolaNicolas PepeBerita Liga Inggris

Berita Terkini