x

Soal Pelatih Jenius, Mourinho-Guardiola Masih Kalah dari Zidane

Jumat, 31 Juli 2020 18:54 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Jose Mourinho dan Pep Guardiola masih belum ada apa-apanya dibandingkan Zinedine Zidane karena belum memenangkan Liga Champions tiga kalisecara beruntun.

INDOSPORT.COM – Jose Mourinho dan Pep Guardiola masih belum ada apa-apanya dibandingkan Zinedine Zidane. Legenda sepak bola Prancis itu disebut sebagai pelatih jenius karena memenangkan Liga Champions tiga kali secara beruntun.

Jose Mourinho dan Pep Guardiola adalah pelah hebat di dunia. Keduanya pernah menjuarai trofi Liga Champions bersama tim yang mereka latih.

Baca Juga
Baca Juga

Guardiola memenangi dua trofi Liga Champions saat bersama Barcelona, salah satunya berujung treble. Sedangkan Mourinho masing-masing bersama FC Porto dan Inter Milan.  Bersama Inter, Mourinho juga mampu menyabet gelar treble.

Namun, pelatih timnas Aljazair, Djamel Belmadi mengatakan kedua pelatih itu belum bisa dibandingkan dengan torejan pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane.

Kendati belum pernah sekalipun menjuarai gelar treble saat menukangi Real Madrid, dia sudah mampu menyaber Liga Champions tiga kali secara beruntun.

“Saya mengagumi (Pep) Guardiola, (Jurgen) Klopp, (Zinedine) Zidane, jangan lupa Zidane adalah pelatih yang hebat,” kata Belmadi dilansir dari Marca.

“Jika (Jose) Mourinho dan (Pep) Guardiola telah memenangkan Liga Champions tiga kali berturut-turut, kami akan menyebut mereka jenius.

Belmadi juga mengatakan kejeniusan Zidane bukan diukur dari taktik yang dia yakini saat meracik strategi sepak bola. Zidane tidak seperti Guardiola yang punya tiki-taka, jurgen Klopp dengan gegen pressing, atau parkir bus ala Jose Mourinho.

Zidane hanya memainkan taktik standar, namun taktik ini sudah cukup membuat Real Madrid juara.

“Zidane adalah seorang yang jenius, bahkan jika dia tidak merevolusi permainan,” lanjutnya.

Dalam hal ini, Belmadi tampaknya ingin menegaskan bahwa Zidane tidak bisa dipandang remeh. Dia telah membuktikan dalam dua periode kepelatihannya di Santiago Bernabeu.

Baca Juga
Baca Juga

Pelatih 48 tahun itu menuntun Los Blancos menjuarai Liga Champions tiga musim beruntun pada era pertamanya, dan di era keduanya dia membangkitkan tim yang tercerai-berai hingga menyabet gelar LaLiga Spanyol.

Zidane masih akan mencoba mencari gelar Liga Champions keempatnya saat mengawal Real Madrid menghadapi Manchester City di leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Sabtu (08/08/20). Di pertemuan pertama, Los Blancos kalah dengan skor 1-2.

Real MadridJose MourinhoZinedine ZidaneLiga ChampionsPep GuardiolaPelatihBola InternasionalSepak BolaBerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini