x

5 Juara Liga Champions Paling Mengejutkan

Rabu, 5 Agustus 2020 22:39 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Liverpool salah satu klub yang secara mengejutkan mampu keluar sebagai juara Liga Champions.

INDOSPORT.COM – Adalah aman untuk mengatakan bahwa Liga Champions adalah trofi yang paling didambakan oleh semua klub di daratan Eropa.

Liga Champions tidak diragukan lagi merupakan panggung untuk para pemenang. Klub-klub terbaik dari seluruh liga di Eropa akan bersaing untuk membuktikan siapa sebenarnya yang terbaik di Eropa.

Baca Juga
Baca Juga

Dirangkum dari Sportskeeda, berikut adalah 5 klub yang secara mengejutkan mampu keluar sebagai juara Liga Champions. Klub-klub ini bukan merupakan kandidat favorit dan sukses menghasilkan kejutan yang akan diingat sampai kapanpun.

5. Borussia Dortmund (1996/97)

Meskipun menjadi juara Bundesliga Jerman dan memiliki beberapa nama besar di dalam skuat mereka, tetapi Dortmund era ini bukanlah merupakan kandidat utama untuk bisa menjadi kampiun Liga Champions.

Mereka lolos dari fase grup setelah keluar sebagai runner-up. Perjalanan panjang mereka secara mengejutkan ternyata sampai ke final. Di final mereka berhasil mengandaskan perlawanan Juventus yang saat itu diperkuat oleh Didier Deschamps, Zinedine Zidane, Christian Vieri, dan Alessandro Del Piero.

Baca Juga
Baca Juga

4. Liverpool (2004/05)

Comeback dramatis dilakukan oleh Liverpool di final Liga Champions musim ini. Sempat tertinggal 0-3 di babak pertama oleh AC Milan, tak akan ada yang menyangka jika skuat asuhan Rafa Benitez mampu menjungkirbalikkan keunggulan Paolo Maldini cs di babak kedua.

Padahal, Liverpool bukan merupakan kandidat favorit untuk keluar sebagai juara di musim tersebut. Bahkan, jika dibandingkan dengan skuat milik Milan, skuat The Reds bolehlah dikatakan tidak ada apa-apanya.


1. 5 Juara Liga Champions Paling Mengejutkan

Selebrasi pemain FC Porto saat menjuarai Liga Champions musim 2003/04.

3. Inter Milan (2009/10)

Inter Milan era Jose Mourinho bukanlah tim yang digadang-gadang bakal keluar sebagai juara Liga Champions. Mereka harus berada di era yang sama ketika Barcelona era Pep Guardiola sedang garang-garangnya.

Namun, Mourinho membuktikan kejeniusannya. Sempat kalah atas Barcelona di fase grup, Inter Milan kembali bertemu mereka di semifinal.

Mereka sukses membungkam Barcelona dan berhasil menampilak penampilan cemerlang kala bertemu Bayern Munchen era Louis van Gaal di final.

Baca Juga
Baca Juga

2. Chelsea (2011/12)

Chelsea berhasil menjadi raja di Eropa dengan pelatih interim usai mereka memecat Andre-Villas Boas yang dianggap tidak cukup bagus untuk mereka.

Roberto di Matteo berhasil menciptakan sejarah dan mempersembahkan trofi Liga Champions yang pertama untuk Chelsea setelah mereka sukses mengalahkan Bayern Munchen yang jauh lebih diunggulkan lewat final yang sangat dramatis.

1. Porto (2003/04)

Baca Juga
Baca Juga

Ini adalah awal mula nama Jose Mourinho mewangi dan dianggap sebagai salah satu pelatih papan atas Eropa. Porto yang bukan siapa-siapa berhasil diantarnya ke final dan sukses dengan raihan trofi Liga Champions.

Porto adalah kuda hitam yang benar-benar tidak diunggulkan sama sekali. Namun, sekali lagi, kejeniusannya mampu membuat raksasa Portugal ini menjadi kampiun Liga Champions musim 2003/04.

LiverpoolJose MourinhoLiga ChampionsInter MilanTRIVIABerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini