x

5 Pemain yang Pernah Diselamatkan Liverpool dari Jurang Degradasi

Jumat, 7 Agustus 2020 11:26 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Isman Fadil
5 Pemain yang Pernah Diselamatkan Liverpool Dari Degradasi

INDOSPORT.COM - Klub sekelas Liverpool tidak selalu melirik pemain-pemain yang berasal dari tim yang besar di daratan Eropa. Mereka juga mempertimbangkan materi pemain dari beberapa tim yang masuk ke jurang degradasi di Liga Inggris.

Aktivitas transfer Liverpool dalam beberapa tahun terakhir tidak bisa dikatakan mencolok. Selain Alisson Becker, Virgil Van Dijk dan Mohamed Salah, The Reds terbilang jarang menarik perhatian media dengan pembelian yang besar-besaran.

Baca Juga
Baca Juga

Bahkan pada tahun ini klub asuhan Jurgen Klopp tersebut hanya menggelontorkan uang senilai 104 juta euro atau sekitar 173 miliar rupiah saja. Sebagian besar dari pengeluarannya itu dialokasikan untuk membajak Takumi Minamino dari RB Salzburg.

Kebutuhan Jurgen Klopp di setiap lini terpenuhi dengan sangat baik. Sehingga tanpa memiliki pemain sekelas Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo mereka sudah bisa menjuarai beberapa kompetisi seperti Liga Champions dan Liga Inggris dalam satu tahun terakhir.

Nampaknya, Liverpool akan kembali mengulangi aktivitas yang sama dengan memasukan beberapa nama yang jarang terdengar meski mendapatkan gelar juara Liga Inggris musim ini.

Berikut 5 Pemain yang Pernah Diselamatkan Liverpool dari degradasi

1 . Charlie Adam

Charlie Adam menjadi pemain yang memiliki performa yang gemilang di skuad Blackpoll musim 2010/2011 silam. Sayangnya, ia gagal membantu klub untuk bisa bertahan di pentas Liga Inggris. The Seasiders harus terdegradasi di kasta kedua.

Performa apik yang ditampilkannya dalam satu musim itu membuat dirinya diminati oleh beberapa klub. Alhasil, Liverpool lah yang memenangkan persaingan untuk mendapatkan Adam dengan harga 6,75 juta poundsterling atau sekitar 129 miliar rupiah.

Selama bermain bersama Liverpool, Adam kurang bisa memuaskan dan hanya mampu membukukan dua gol dari 37 penampilannya dalam satu musim dan ia harus rela untuk dilepas oleh pihak The Reds ke Stoke City pada tahun 2012 silam.

Baca Juga
Baca Juga

2. Danny Ings

Liverpool tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pemain bernama Danny Ings. Kontraknya dengan Burnley yang terdegradasi pada tahun 2015 lalu telah memasuki jatuh tempo. Maka dari itu dirinya berstatus sebagai pemain free transfer.

Sama halnya dengan Charlie Adam, Danny Ings tidak bisa tampil maksimal bersama Liverpool di musim tersebut dan harus berada di bangku cadangan karena kerap kali mengalami cedera. Dirinya hanya bisa bermain sebanyak 25 kali di semua kompetisi.

Pada tahun 20018 lalu, Ings memutuskan untuk hengkang dan bergabung bersama Southampton dengan stastus pinjaman dan dipermanenkan satu musim setelahnya. Di musim 2019/2020 ini Danny Ings berhasil membuktikan dengan mencetak 22 gol dari 38 pertandingan yang ia jalani.


1. 3. Georginio Wijnaldum

Pemain sayap Liverpool, Xherdan Shaqiri.

Kedatangan Georginio Wijnaldum ke Liverpool mendapatkan pertanyaan oleh banyak pihak. Sebab, dirinya lah yang menjadi salah satu biang keladi terdegradasinya Newcastle United ke kasta kedua Liga Inggris musim 2016 silam.

Pada tahun 2016 silam, Wijnaldum dikontrak oleh Liverpool dengan mengeluarkan uang senilai 23 juta poundsterling atau sekitar 441 miliar rupiah. Keraguan itu akhirnya bisa dibuktikan olehnya berkat bantuan dari Jurgen Klopp sebagai pelatih The Reds.

Pemain asal belanda tersebut berhasil memainkan posisi gelandang dan memiliki peran lebih di atas lapangan. Performa terbaiknya terlihat saat leg kedua semifinal Liga Champions musim 2019 lalu. tampil sebagai pemain pengganti dirinya mampu mencetak dua gol yang berhasil menyingkirkan Barcelona dan melaju ke final.

4. Andrew Robertson

Andrew Robertson bergabung dengan skuat Hull City yang terdegradasi ke divisi Championship pada musim 2016/2017 lalu. meski begitu dirinya tampil mengesankan dan membuat Jurgen Klopp ingin mendatangkannya di skuat Liverpool.

Setelah Hull City dinyatakan degradasi dari Liga Inggris, Liverpool langsung menuntaskan proses kepindahannya ke Anfield. Kala itu Robertson dikontrak dengan harga yang terbilang murah, yakni delapan juta poundsterlings atau sekitar 153 miliar rupiah.

Sekarang Robertson merupakan salah satu pemain reguler Liverpool yang dipercaya untuk mengisi sisi kiri pertahanan. Bersama rekannya Trent Alexander-Arnold, pemain asal Skotlandia ini menjadi mesin assist buat The Reds musim ini.

5. Xherdan Shaqiri

Xherdan Shaqiri merupakan bagian dari skuat Stoke City yang melalui masa-masa buruk pada musim 2017/2018 silam. Alhasil mereka pun harus terdegradasi ke divisi Championshop dan bertahan hingga musim ini.

Pemain asal Swiss ini cukup memiliki keberuntungan karena Liverpool bersedia menyelamatkannya dari jurang degradasi. The Reds dengan sukarela mengaktifkan klausul pelepasan di kalam kontraknya senilai 13 juta poundsterling atau sekitar 249 miliar rupiah.

Sudah jelas perannya di Liverpool hanyalah sebagai pemain pelapis dan menggantikan trio Mohamed Salah, Sadio Mane dan Roberto Firmino berhalangan tampil. Meski begitu dirinya masih merasa puas dan tidak menyesal bergabung dengan Liverpool.

LiverpoolXherdan ShaqiriLiga Primer InggrisDanny IngsCharlie AdamGeorginio WijnaldumLiga InggrisAndrew RobertsonBerita Liga Inggris

Berita Terkini