x

Dani Olmo, Jebolan La Masia yang Jadi Kunci Kemenangan RB Leipzig Atas Atletico

Jumat, 14 Agustus 2020 10:14 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Dani Olmo, Jebolan La Masia yang Jadi Kunci Kemenangan RB Leipzig Atas Atletico

INDOSPORT.COM - Mengenal sosok Dani Olmo, salah satu jebolan La Masia yang kini bersinar di Jerman bahkan menjadi kunci kemenangan RB Leipzig atas Atletico Madrid di perempat final Liga Champions.

Dalam pertandingan perempat final Liga Champions 19/20 pada Jumat (14/08/20) dini hari WIB, tim RB Leipzig tampil mengejutkan dengan menumbangkan mantan runner up musim 2015/16 lalu, Atletico Madrid.

Bertanding di stadion Jose Alvalade, kedua tim tampil saling menekan sejak babak pertama namun sayang tidak ada gol tercipta dari masing-masing kesebelasan hingga jeda turun minum.

Baca Juga
Baca Juga

Selepas jeda, sang wakil Jerman berhasil unggul dulu melalui aksi Dani Olmo pada menit ke-50’. Dua puluh menit berselang, Atletico Madrid sukses menyamakan kedudukan lewat sepakan penalti Joao Felix.

Laga masih sama kuat hingga dua menit sebelum peluit panjang berbunyi. Saat pertandingan bakal berakhir imbang, Tyler Adams mampu menjebol jala Atletico Madrid untuk kedua kalinya.

Skor pun berubah 2-1, sekaligus menutup babak perempat final Liga Champions antara RB Leipzig vs Atletico Madrid.

Selepas laga, sosok Dani Olmo dan Tyler Adams sontak menjadi perbincangan. Pasalnya, dua pemain tersebut sukses menggapai mimpi Leipzig untuk pertama kali lolos ke semifinal Liga Champions.

Beberapa fakta keduanya pun menarik untuk diungkap. Salah satunya tentang Dani Olmo, yang ternyata sempat menjadi alumnus salah satu akademi sepak bola terbaik Eropa, La Masia.

Tepatnya pada tahun 2007 hingga 2014 silam. Saat itu, Dani Olmo direkrut akademi Barcelona dari tim rival, Espanyol. Sayangnya, karir Olmo di Spanyol tidak berjalan mulus, dirinya bahkan gagal menembus tim utama Barcelona.

Baca Juga
Baca Juga

Namun bukannya hengkang ke tim Spanyol lain, gelandang berusia 22 tahun tersebut malah mengambil langkah berani dengan pindah ke Kroasia dan bergabung bersama Dinamo Zagreb.

"Alasan kedatanganku ke Dinamo sangat sederhana. Menurutku, ini pilihan terbaik untuk pengembangan [karier] sepak bolaku," ucap Olmo pada 2014, dilansir Croatia Week.


1. Perjudian Berbuah Keberuntungan

Dani Olmo saat masih membela Barcelona.

Perjudian untuk hengkang keluar Spanyol berbuah manis. Walau harus menunggu hingga musim 2017/18 untuk menjadi pemain reguler Dinamo Zagreb, namun kesabaran tersebut berbuah hasil manis.

Dalam dua musim perdananya sebagai pemain inti, Dani Olmo  berhasil membantu Dinamo Zagreb meraih masing-masing dua gelar 1. HNL dan Croatian Cup.

Pada musim 2017/18, dirinya bahkan mendapat penghargaan pemain terbaik Liga Kroasia versi situs web Tportal.hr. Sebelum hengkang ke Leipzig pada 2019/20, Dani Olmo kembali mendapat penghargaan dari Liga Kroasia pada kategori Pemain Terbaik, Pemain U-21 Terbaik, dan Team of the Year.

Berkat kegemilangannya tersebut, banyak tim besar termasuk Barcelona ingin mendapatkan jasanya. Namun, pilihannya jatuh kepada RB Leipzig, yang menurutnya punya visi dan proyek masa depan yang jelas.

Keputusan tersebut terbilang tepat, terbukti dirinya langsung menjadi pilihan utama RB Leipzig bahkan sukses mencetak satu gol penting ke gawang Atletico Madrid di babak perempat final Liga Champions.

Sepanjang laga melawan Atletico semalam, penampilan Dani Olmo juga terlihat impresif. Total dalam 83 menit di lapangan, ia mampu melepaskan 29 kali umpan serta menjadi gelandang Leipzig yang paling sering melepaskan tembakan.

Atletico MadridLiga ChampionsLa MasiaRB LeipzigprofilBerita Liga Champions EropaDani Olmo

Berita Terkini