x

Gareth Bale vs Federico Chiesa, Mana Lebih Dahsyat untuk AC Milan?

Senin, 7 September 2020 13:44 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto

INDOSPORT.COM - Gareth Bale dan Federico Chiesa, mana di antara keduanya yang paling pas dan dahsyat untuk mengisi posisi penyerang sayap klub Serie A Italia, AC Milan?

AC Milan terus melakukan pembenahan pada skuatnya musim ini. Setelah berhasil mendaratkan tiga pemain di tim utama yakni Brahim Diaz, Sandro Tonali, dan Pierre Kalulu, Milan kini disibukkan dalam perburuan sejumlah pemain termasuk satu di posisi penyerang sayap.

AC Milan telah menyatakan keinginannya untuk merekrut pemain sayap baru di posisi kanan untuk mengimbangi Ante Rebic dan Theo Hernandez di flank kiri. Sejumlah nama pun muncul ke permukaan.

Baca Juga
Baca Juga

Yang paling santer, ada nama penyerang sayap Fiorentina, Federico Chiesa. Pelatih Stefano Pioli kabarnya sangat menyukai gaya bermain Chiesa dan dianggap cocok dengan strateginya karena keduanya pernah bekerjasama saat masih di Artemio Franchi.

AC Milan bahkan dikabarkan telah memberikan tawaran resmi, walau akhirnya ditolak. Di tengah spekulasi tersebut, muncul kabar liar yang menyebutkan Milan mempertimbangkan untuk mendaratkan Gareth Bale dari Real Madrid.

Tentu saja ini menjadi sesuatu yang positif karena kedua pemain tersebut sama-sama memiliki kemampuan yang hebat. Namun, andaikata bisa dan harus memilih salah satu di antara keduanya, mana yang paling sesuai untuk kebutuhan AC Milan?

Gareth Bale vs Federico Chiesa

Federico Chiesa dan Gareth Bale memiliki sejumlah kemiripan. Keduanya sama-sama penyerang sayap yang beroperasi di sisi kanan, tetapi juga bisa main sebagai sayap kiri atau pun penyerang tengah.

Kedua pemain juga memiliki kecepatan dan tentu saja insting mencetak gol dan assist yang tinggi. Chiesa dan Bale sama-sama suka men-dribble bola untuk membongkar pertahanan lawan dan memotong ke dalam (depan kotak penalti).

Namun untuk satu ini, Gareth Bale tampak memiliki kekuatan fisik lebih bagus dari Chiesa dengan kecepatan lari yang luar biasa. Kekuatan fisik Bale juga lebih unggul dari Chiesa sehingga lebih unggul dalam aerial duels.

Kelebihan Chiesa yang dimiliki oleh Gareth Bale adalah kedisiplinannya dalam mengawal posisi. Meski sama-sama jago tendangan jarak jauh, Chiesa terbukti lebih sering melepaskannya ketimbang Bale.

Pemain bintang Real Madrid, Gareth Bale saat sedang menggiring bola dalam pertandingan melawan Eibar pada tanggal 6 April 2019 lalu.

Selain itu, Federico Chiesa memiliki kemampuan bertahan yang lebih baik dari Gareth Bale. Chiesa cenderung lebih berani melakukan tackle untuk memotong serangan lawan. Maka dari itu, ia cukup sering diganjar pelanggaran. Namun, hal tersebut seringkali dibutuhkan bagi tim untuk men-delay serangan balik lawan.

Baca Juga
Baca Juga

Perbedaan mencolok kedua pemain ada pada kaki mereka. Seperti diketahui, Bale merupakan pemain berkaki kidal. Maka dari itu, ia sering mencetak gol atau pun umpan cut back dari sayap kanan melalui kaki kiri mautnya.

Sementara Chiesa mengandalkan kaki kanan walau kaki kirinya juga lumayan. Kaki kiri Chiesa digunakannya untuk membantu melepaskan crossing ke kotak penalti.


1. Mana Lebih Dahsyat untuk AC Milan

Lebih masuk akal bagi AC Milan untuk memusatkan perhatian guna mendapatkan Federico Chiesa ketimbang mengejar Gareth Bale di bursa transfer musim panas ini.

Keduanya jelas bakal menambah kualitas di tim AC Milan. Dibandingkan Samu Castillejo atau pun Alexis Saelesmaekers, level Chiesa dan Bale masih lebih baik dalam sisi kecepatan maupun insting mencetak gol dan memberi assist.

Namun, jika bicara kebutuhan, maka pilihan Federico Chiesa akan lebih rasional bagi AC Milan ketimbang Bale saat ini.

Bale mungkin menawarkan pengalaman dan mental juara lebih baik, tetapi ada sejumlah faktor mengapa Chiesa lebih pas untuk AC Milan.  

Pertama, Federico telah lama mengenal atmosfer Serie A Italia, ia juga lebih pas bermain di tim Stefano Pioli yang pernah jadi pelatihnya.

AC Milan di bawah Stefano Pioli bermain dengan kolektivitas tinggi. Hal ini belum tentu bisa dijalankan oleh Bale.

Selain itu, Federico Chiesa masih berusia 22 tahun yang mana jauh lebih muda dari Bale yang sudah kepala tiga. Chiesa masih bisa terus berkembang lebih baik bagi AC Milan ke depannya.

Faktor berikutnya, dibanding Chiesa, dalam beberapa musim terakhir Gareth Bale jarang jadi andalan klub. Sementara Federico Chiesa menjadi pilar Fiorentina dengan 11 gol dan 8 assist musim lalu.

Terakhir, tentu saja adalah faktor harga. Bakal tidak murah bagi AC Milan untuk mendatangkan Gareth Bale walau dengan opsi pinjaman dan pembelian permanen sekali pun.

Maka dari itu, lebih masuk akal bagi AC Milan untuk memusatkan perhatian guna mendapatkan Federico Chiesa ketimbang mengejar Gareth Bale di bursa transfer musim panas ini.

Bursa TransferGareth BaleAC MilanFiorentinaFederico ChiesaBerita Bursa Transfer

Berita Terkini