x

Tak Muncul saat Berlutut Jelang Balapan, Ini Alibi Hamilton

Selasa, 8 September 2020 10:33 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
Pembalap Mercedes memberi penjelasan mengenai penyebab dirinya tak menghadiri prosesi berlutut jelang balapan Formula 1 di GP Italia 2020 lalu.

INDOSPORT.COM - Pembalap Mercedes memberi penjelasan mengenai penyebab dirinya tak menghadiri prosesi berlutut jelang balapan Formula 1 di GP Italia 2020 lalu.

Semenjak kasus rasisme yang dialami oleh George Floyd di Amerika Serikat menyeruak, berbagai aksi solidaritas terus bermunculan. Salah satunya datang dari kompetisi balap paling bergengsi Formula1.

Baca Juga
Baca Juga

Tercatat mulai Juli 2020 lalu, para pembalap Formula 1 rutin melakukan prosesi berlutut di lintasan sebelum memulai balapan. Hal itu sebagai simbol perlawanan terhadap rasisme.

Lewis Hamilton sendiri menjadi salah satu pihak yang antusias dengan prosesi tersebut. Pembalap asal Inggris itu pun tak pernah melewatkannya.

Namun, hal berbeda terjadi sebelum F1 GP Italia 2020 di Sirkuit Monza pada Minggu (06/09/20) lalu. Hamilton tak terlihat batang hidungnya saat lagu kebangsaan dikumandangkan.

Ditanya oleh awak media soal alasan dirinya tak terlihat saat prosesi berlutut, Hamilton menjelaskan bahwa dirinya salah memperhitungkan waktu.

"Penempatan waktu saya salah. Garasi mobil tim kami letaknya paling jauh dan meskipun sudah naik motor, saya tetap tidak sempat hadir," ujar Hamilton seperti dikutip dari Motorsport.

Lebih lanjut, meskipun tak hadir saat prosesi berlutut di Sirkuit Monza, Hamilton tetap senang karena rekan-rekan pembalapnya masih antusias untuk memerangi rasisme.

Baca Juga
Baca Juga

"Untuk kali ini saya memang melewatkannya, tapi itu bukanlah akhir dunia. Saya untungnya masih bisa melihat teman-teman melakukannya dan kami akan berusaha agar tidak terlambat lagi," pungkasnya.

Sekadar informasi, dalam balapan di Sirkuit Monza, Lewis Hamilton gagal meraih hasil terbaik lantaran finish di posisi tujuh. Meski begitu, statusnya sebagai pemuncak klasemen sementara Formula 1 2020 masih aman dengan torehan 164 poin.

Lewis HamiltonF1Formula 1Liga IndonesiaRasismeBerita F1

Berita Terkini