x

Timnas Indonesia U-19 Dibantai Bulgaria, Shin Tae-yong Disorot Pelatih Argentina

Selasa, 8 September 2020 10:43 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Pelatih asal Argentina, Carlos Alberto Gomez, menyoroti kekalahan Timnas Indonesia U-19 dari Bulgaria dalam partai uji coba di Kroasia, Sabtu (05/09/2020) lalu.

INDOSPORT.COM - Pelatih asal Argentina, Carlos Alberto Gomez, menyoroti kekalahan Timnas Indonesia U-19 dari Bulgaria dalam partai uji coba di Kroasia, Sabtu (05/09/2020) lalu. Kala itu, Skuat Garuda Nusantara arahan Shin Tae-yong dibantai dengan skor 0-3.

Ketiga gol yang dicetak oleh Bulgaria ke gawang Timnas Indonesia U-19 tercipta melalui dua gol Martin Petkov di menit ke-78 dan 84, serta Stanislav Shopov pada menit ke-83. Kekalahan ini pun turut menuai berbagai tanggapan pencinta sepak bola Indonesia, salah satunya adalah Carlos Alberto Gomez.

Baca Juga
Baca Juga

Mantan pemain Perseman Manokwari itu menilai bahwa apa yang terjadi dalam laga hasil uji coba Timnas Indonesia U-19 vs Bulgaria U-19 adalah sebuah proses yang akan berbuah manis. Pelatih klub Argentina bernama Argentino de Quilmes itu beranggapan bahwa metode yang digunakan oleh SHin Tae-yong adalah bagus dan tidak bisa instan.

"Saya pikir Indonesia perlu lihat metode pelatihan Shin Tae-yong. Menurut saya, Shin Tae-yong membuat pemain sepak bola Indonesia terlihat disiplin," ucap Carlos Gomez kepada INDOSPORT.

"Saya pikir, kita harus percaya dengan proses yang ada. Melihat dari banyak waktu yang telah berlalu sebelumnya, tidak ada yang membuahkan hasil yang bagus. Dan sekarang, kita harus tunggu untuk Shin Tae-yong dalam menerapkan konsepnya secara matang dan menghasilkan kualitas yang bagus," tambahnya.

Baca Juga
Baca Juga

Selain itu, dirinya juga turut memberikan tanggapannya soal gaya permainan Timnas U-19 saat dikalahkan Bulgaria. Menurutnya, Skuat Garuda Nusantara bermain apik di 75 menit pertama, namun hilang konsentrasi setelahnya.

"Timnas U-19 punya konsentrasi yang baik selama 75 menit pertama. Semua pemain punya perintah taktis yang matang. Namun 15 menit terakhir fisiknya tak bagus, dan hilang konsentrasi sehingga kalah," tutupnya.


1. Persiapan Timnas Indonesia U-19 vs Kroasia

Skuat Timnas U-19 Latihan dan Dipimpin Shin Tae-yong

Timnas U-19 sendiri akan bertarung melawan Kroasia pada partai lanjutan uji coba di Kroasia, Selasa (08/09/2020) malam WIB. Untuk laga kontra Kroasia, Shin Tae-yong juga tidak mengincar kemenangan. Pelatih asal Korea Selatan itu ingin Beckham Putra dan kawan-kawan lebih fokus dan konsentrasi.

"Seperti yang sering saya bilang, saat ini kami sedang menjalani latihan dengan intensitas yang tinggi dengan menu fisik yang sangat keras. Intinya tim ini masih berproses," katanya dalam rilis PSSI.

"Melawan Kroasia semoga kami dapat meningkatkan permainan lebih baik lagi dan lebih fokus. Kroasia seperti Bulgaria, mereka punya postur tinggi serta fisik dan stamina bagus. Intinya kami tidak melihat hasil, tapi bagaimana pemain berproses dan bermain sesuai yang kami inginkan," tuturnya.

Keikutsertaan Timnas Indonesia U-19 pada mini turnamen di Kroasia merupakan bagian dari persiapan menuju Piala Asia U-19 2020. Setelah Bulgaria dan Kroasia pada esok hari, skuat Garuda Nusantara juga akan menantang Arab Saudi.

Selain mengikuti turnamen tersebut, Timnas U-19 juga akan melawan Qatar, Bosnia dan Herzegovina, serta Dinamo Zagreb selama di Kroasia. TC di Kroasia dijadwalkan hingga akhir September ini.

Bola InternasionalTimnas Indonesia U-19Shin Tae-yongCarlos Alberto Gomez

Berita Terkini