x

Timnas U-19 Dibantai Kroasia, Pelatih Argentina Singgung Kualitas Indonesia

Rabu, 16 September 2020 10:08 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Pelatih sepak bola asal Argentina, Carlos Alberto Gomez.

INDOSPORT.COM - Pelatih asal Argentina, Carlos Alberto Gomez, menyoroti kekalahan Timnas Indonesia U-19 dari Kroasia dalam partai uji coba di Kroasia, Selasa (08/09/2020) lalu. Kala itu, Skuat Garuda Nusantara arahan Shin Tae-yong dibantai dengan skor 1-7.

Gol dari Kroasia berhasil dicetak oleh Filip Zrilic (26'), Arijan Brkovic (31'), Marco Boras (44'), Antonio Marin (47', 73'), Bruno Zdunic (66') dan Ivan Brnic (89'). Sementara itu gol tunggal dari timnas Indonesia U-19 berhasil dicetak oleh Bagas Kaffa pada menit ke-72.

Baca Juga
Baca Juga

Kekalahan ini pun turut menuai berbagai tanggapan pencinta sepak bola Indonesia, salah satunya adalah Carlos Alberto Gomez.

Mantan pemain Perseman Manokwari itu menilai bahwa apa yang terjadi dalam laga hasil uji coba Timnas Indonesia U-19 vs Kroasia U-19 adalah sebuah hasil yang tak lepas dari kurangnya segala persiapan yang dimiliki oleh Skuat Garuda Nusantara.

"Lawan Kroasia, Timnas Indonesia U-19 tidak punya konsentrasi. Kroasia cetak gol cepat dan itu membuat semua pemain di Timnas Indonesia U-19 tidak percaya diri," ucapnya kepada INDOSPORT.

Baca Juga
Baca Juga

"Saya melihat pemain Timnas Indonesia U-19 sangat jauh kualitasnya dari Kroasia, karena mereka punya badan yang jauh lebih kuat dan kualitas yang baik saat bermain," tambahnya.

"Timnas Indonesia U-19 sepertinya perlu membentuk mental profesional sejak awal, lalu juga perlu pemahaman taktis yang mumpuni. Mereka harus kerja keras untuk konsisten dan punya kualitas yang bagus," tuturnya.


1. Rencana Shin Tae-yong untuk Timnas U-19

Skuat Timnas U-19 Latihan dan Dipimpin Shin Tae-yong

Usai menelan kekalahan menyakitkan dari Kroasia dengan skor 1-7, dan dari Bulgaria dengan skor 0-3, Timnas Indonesia U-19 pun langsung diberikan porsi latihan dengan intensitas tinggi yakni tiga kali dalam sehari.

Shin Tae-yong mengatakan, para pemain harus bekerja keras karena mereka akan tampil di Piala Asia U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021. Jadi, tidak ada waktu untuk bersantai mengingat tingginya harapan masyarakat Indonesia melihat Timnasnya berprestasi.

"Setelah kemarin kami meliburkan latihan kepada pemain. Hari ini latihan normal dengan intensitas tinggi. Pemain terus menunjukkan perkembangan yang positif dan mereka selalu bekerja keras," tuturnya dalam rilis PSSI.

Salah satu pemain Timnas U-19, David Maulana mengaku tak masalah dengan tingginya intensitas latihan. Jebolan Garuda Select itu justru bersyukur dengan metode yang diterapkan Shin Tae-yong karena memberikan pengaruh terhadap kinerja para pemain.

"Pelatih terus mengasah kemampuan kami. Peningkatan fisik, stamina menjadi fokus utama. Selain itu, kami harus selalu bersemangat, kerja keras dan fokus," katanya.

Timnas Indonesia U-19 juga dijadwalkan menjalani uji coba melawan Qatar, Bosnia dan Herzegovina dan Dinamo Zagreb

Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Kroasia merupakan persiapan menghadapi Piala AFC U-19 pada awal 2021 mendatang di Uzbekistan. Selanjutnya mereka akan berlaga di Piala Dunia U-20 yang notabene Indonesia menjadi tuan rumah.

KroasiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Shin Tae-yongCarlos Alberto Gomez

Berita Terkini