x

3 Fakta Mengerikan Nikola Cetkovic, Pemain Termahal Bosnia Calon Lawan Timnas Indonesia U-19

Kamis, 24 September 2020 09:57 WIB
Editor: Coro Mountana
3 Fakta Mengerikan Nikola Cetkovic, Pemain Termahal Bosnia Calon Lawan Timnas Indonesia U-19

INDOSPORT.COM - Berikut adalah 3 fakta mengerikan dari Nikola Cetkovic, pemain termahal Bosnia-Herzegovina calon lawan Timnas Indonesia U-19 dalam laga uji coba. 

Timnas Indonesia U-19 akan melanjutkan pertualangannya beruji coba di Kroasia. Seperti yang kita tahu uji coba di Kroasia merupakan langkah persiapan Shin Tae-yong membangun skuat Timnas Indonesia U-19 jelang Piala Dunia U-20. 

Dari 5 pertandingan uji coba yang sudah dilakukan, Timnas Indonesia U-19 berhasil meraih hasil sekali menang, dua kali imbang dan sisanya kalah. Laga melawan Bosnia-Herzegovina merupakan laga uji coba keenam Timnas Indonesia U-19. 

Baca Juga
Baca Juga

Dalam laga yang akan berlangsung di Sveti Matin na Muri, Jumat (25/09/20) itu, Timnas Indonesia U-19 akan kembali bertemu dengan tim asal Eropa. Menariknya saat bertemu tim Eropa, Timnas Indonesia U-19 selalu kalah. 

Mulai dari 0-3 saat melawan Bulgaria hingga dibantai 1-7 oleh Kroasia. Laga melawan Bosnia-Herzegovina pun akan menjadi ujian sesungguhnya bagi Timnas Indonesia U-19. 

Soalnya dengan 3 laga uji coba terakhir tak pernah kalah, melawan Bosnia akan menjadi ujian mampukah Timnas Indonesia U-19 melawan negara Eropa. Sayangnya Bosnia-Herzegovina bukan lawan sembarangan.

Baca Juga
Baca Juga

Dalam skuat U-19 yang dimilikinya, ada satu pemain bintang dengan harga termahal yang siap menghancurkan Timnas Indonesia U-19. Dengan nilai mencapai 50 ribu euro, Nikola Cetkovic jelas merupakan ancaman nyata bagi Timnas Indonesia U-19. 

Padahal usianya belum genap 19 tahun tetapi nilai harganya menurut Transfermarkt sangatlah tinggi. Itu tentu menjadi bukti kalau Nikola Cetkovic bukan pemain sembarangan. 

Apalagi, Nikola Cetkovic ternyata juga memiliki sejumlah fakta mengerikan yang dapat menjadi ancaman nyata bagi Timnas Indonesia U-19. 

Fakta mengerikan apa saja yang terkandung dalam profil Nikola Cetkovic? 


1. Kiper Masa Depan Bosnia-Herzegovina

Nikola Cetkovic, pemain Timnas Bosnia.

Pertama, di negaranya, pemain kelahiran 6 Februari 2002 itu telah dianggap sebagai kiper masa depan Bosnia-Herzegovina. Media setempat pun sampai memberi label pada Nikola Cetkovic sebagai wonderkid. 

“Di usianya yang baru 1 tahun, Nikola Cetkovic secara rutin telah bermain di tim utama Liga Bosnia-Herzegovina, Zeljeznicar. Permainan yang ditunjukan Nikola Cetkovic ternyata juga tak luput dari pengamatan klub luar negeri,” begitu menurut Sportal.ba dalam media sosialnya. 

Nikola Cetkovic memang diketahui telah menjadi kiper andalan dari Zeljeznicar, klub Bosnia yang bermain di kasta kedua. Meski begitu fakta jika dia baru berusia 18 tahun tetaplah membuatnya istimewa. 

Soalnya itu artinya dia bisa menembus tim senior dengan usia yang masih terbilang hijau. Dalam skuat Bosnia-Herzegovina pun, Nikola Cetkovic ternyata juga sudah menjadi langganan dari timnas U-17. 

Ketika itu, Nikola Cetkovic menjadi andalan bagi Bosnia-Herzegovina U-17 dalam 10 pertandingan kompetitif. Posisinya di Bosnia junior ternyata berlanjut di U-19 dan sebentar lagi akan adu kekuatan dengan Timnas Indonesia U-19. 

Sempat Diundang ke Belgia 

Menurut laporan dari Pravdabl, Nikola Cetkovic ternyata sempat diundang ke Belgia oleh salah satu klub raksasa di sana. Yaitu Anderlecht yang kepincut dengan bakat muda Nikola Cetkovic. 

Selama seminggu, Nikola Cetkovic menjalani latihan di Anderlecht untuk unjuk gigi akan kemampuannya. Sempat latihan di Belgia membuat kemampuan dan pengalaman Nikola Cetkovic kian terasah. 

Nikola Cetkovic, pemain Timnas Bosnia.

Dari media tersebut juga akhirnya terungkap fakta menarik lainnya bahwa sejak usia di bawah 15 tahun. Kemampuan Nikola Cetkovic ternyata sanggup membawanya ke tim U-17 yang artinya dia memang sangat berbakat. 

Statistik Mencengangkan 

Terakhir adalah bagaimana statistik mencengangkan yang pernah dibuat Nikola Cetkovic sepanjang kariernya. Jadi ternyata selama 3 musim mengawal gawang Zeljeznicar, Nikola Cetkovic berhasil menjadi kiper tangguh di usia mudanya. 

Dari total bermain dalam 25 pertandingan, Nikola Cetkovic hanya kebobolan 31 gol saja. Itu artinya, dalam setiap pertandingan hanya satu gol lebih dikit saja yang bersarang di gawangnya. 

Tak hanya itu, Nikola Cetkovic juga sukses mencatatkan 8 kali nirbobol dalam 25 pertandingannya itu. Dengan kata lain lini serang Timnas Indonesia U-19 akan mendapat hadangan tembok tebal dalam diri Nikola Cetkovic, pemain termahal sekaligus kiper masa depan Bosnia-Herzegovina. 

Bosnia-HerzegovinaBola InternasionalTimnas Indonesia U-19TRIVIAFeatureShin Tae-yong

Berita Terkini