x

Henderson Layak Masuk Daftar Kapten Terhebat Liverpool Sepanjang Masa?

Minggu, 11 Oktober 2020 21:30 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Jordan Henderson saat mengangkat trofi Liga Primer Inggris bersama skuat Liverpool.

INDOSPORT.COM - Jordan Henderson berhasil mengangkat trofi Liga Inggris yang sudah lama tidak diraih Liverpool. Lalu, apakah ia layak masuk daftar kapten terhebat The Reds sepanjang masa?

Sejak lama, Liverpool telah memiliki sejumlah kapten fantastis yang sepenuh hati mengabdikan dirinya untuk klub asal Merseyside tersebut.

Karakter suporter The Reds yang romantis dan sentimental pun semakin membuat para kapten ini disayang-sayang dan disanjung-sanjung bak pahlawan.

Berdasarkan catatan, Liverpool sejak 1892 memiliki 49 kapten, mulai dari Andrew Hannah sampai yang terkini, Jordan Henderson. Semua pemain ini hebat, tentu saja.

Jika tidak, mereka tidak akan dipilih sebagai pemimpin, bahkan mungkin role model, bagi rekan-rekannya baik di dalam maupun luar lapangan. Penilaian tentang kapten terhebat sepanjang masa pun bisa begitu subjektif, namun tidak selalu demikian.

Baca Juga
Baca Juga

Ada sejumlah faktor yang bisa membuat pemain dinilai layak mendapat predikat tersebut. Misalnya, dari segi kuantitas yakni jumlah trofi yang diraih, atau dari segi kualitas seperti kepribadian serta caranya menjadi seorang pemimpin.

Lebih bagus lagi jika sang pemain memiliki dua-duanya. Lalu bagaimana dengan Jordan Henderson? Sejauh apakah ia pantas masuk daftar kapten terbaik Liverpool sepanjang masa? 

Trofi

Pencapaian trofi Henderson bisa dibilang salah satu yang paling mentereng ketimbang kapten-kapten Liverpool lainnya, bahkan Steven Gerrard sekali pun. Stevie G, yang menjabat dari tahun 2003 sampai 2015 belum sekali pun merasakan gelar juara Liga Inggris.

Hal ini mungkin jadi salah satu penyesalan terbesar dalam kariernya. Ia bahkan memutuskan pindah ke klub Major League Soccer (MLS), LA Galaxy, ketika mimpi mengangkat trofi prestisius tersebut belum terwujud.

Baca Juga
Baca Juga

Sementara itu, Jordan Henderson, butuh waktu sekitar lima tahun untuk mengangkat trofi Liga Inggris, meski cukup disayangkan selebrasi serta pesta perayaan The Reds harus ternoda dengan pandemi virus corona Covid-19.

Trofi raja sepak bola Inggris yang diraih Liverpool pada musim 2019-2020 ketika Henderson menjabat sebagai kapten, terasa begitu spesial karena telah dinanti selama tiga dekade lamanya.

Meski meraihnya adalah berkat kerja sama tim, kontribusi Henderson sebagai kapten tentu tidak boleh disisihkan. Karena pada dasarnya, kekompakan dan kualitas sebuah tim juga bisa dilihat dari siapa pemimpinnya kan?


1. Jordan Henderson, Kenny Dalglish, dan Masa Depan di Liverpool

Jordan Henderson, rekrutan Kenny Dalglish yang kini jadi kapten Liverpool.

Pujian Kenny Dalglish

Jordan Henderson, seperti para pemain lainnya, pasti pernah mendapat pujian dari orang-orang sekitarnya. Akan tetapi, satu yang paling krusial berasal dari legenda The Reds, Kenny Dalglish.

Di Liverpool, Dalglish dipandang sebagai salah satu ikon hidup yang begitu dihormati publik Anfield. Jika sang raja King Kenny sudah bersabda, nampaknya akan sulit membantah apa yang keluar dari mulutnya.

Pernah suatu hari, Dalglish memuji Henderson sebagai salah satu kapten terbaik Liverpool yang pernah ada. Apalagi, selain juara Liga Inggris, ia juga meraih gelar lainnya bersama The Reds.

Dalglish menilai, kombinasi seperti ini tidak dapat ditemui pada kapten-kapten lainnya. Ya, seperti diketahui, The Reds memang sempat panen gelar beberapa waktu lalu.

“Jordan adalah satu-satunya yang mengangkat trofi ini (Liga Inggris) sekaligus bersatus juara dunia (antarklub). Dia seperti kapten-kapten lain yang telah mengangkat trofi Liga Champions,” ucap Dalglish dikutip dari artikel Mirror bulan Juni 2020.

Kenny Dalglish sendiri adalah pelatih yang memboyong Henderson ketika ia menjadi juru taktik The Reds pada 2011.

Kebanggaan pun jelas membuncah dalam hatinya saat menyerahkan trofi Liga Inggris secara langsung ke rekrutannya tersebut saat seremoni di Anfield.

Masa Depan Jordan Henderson

Sudah meraih kesuksesan sebagai kapten Liverpool, Jordan Henderson masih ingin berkarier di dunia sepak bola. Menginjak usianya yang kini 30 tahun, pemain kelahiran Sunderland tersebut merasa segar dan bugar.

“Saya merasa memiliki fisik seperti umur 25 tahun. Saya sedang berada di titik yang bagus dalam karier saya, saya ingin bermain selama mungkin,” ucap Henderson seperti dikutip dari laman resmi klub.

“Saya masih mencintai sepak bola dan masih ingin bermain untuk Inggris dan Liverpool. Saya selalu melakukan yang terbaik, saya makan dengan benar, tidur dengan benar juga, jadi saya harap enam atau tahun ke depan saya masih bisa tampil maksimal,” tambahnya.

Berkaca dari pernyataan ini, sepertinya para suporter Liverpool masih akan menikmati dedikasi Jordan Henderson untuk beberapa tahun ke depan.

LiverpoolLiga Primer InggrisJordan HendersonLiga InggrisSepak BolaBerita Liga Inggris

Berita Terkini