x

Presiden Madura United Luncurkan Buku Memoar Sepak Bola

Kamis, 15 Oktober 2020 17:51 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Presiden Madura United, Achsanul Qosasi meluncurkan buku seputar memoar sepak bola.

INDOSPORT.COM - Presiden Madura United, Achsanul Qosasi baru saja meluncurkan buku seputar memoar sepak bola, sejak berkiprah dari tahun 1999. Buku spesial itu berjudul 'Achsanul Qosasi: 10.01 Cerita Bola: dari Madura, Moscow Hingga Liverpool'.

Achsanul menjelaskan, buku tersebut berisi tentang pengalamannya terjun di dunia si kulit bundar, lengkap dengan foto-foto spesial. 

Buku tersebut setebal 120 halaman, full color, dan dikemas indah. Perpaduan design, foto dan naskah menunjukan tentang betapa cintanya AQ (sapaan Achsanul) pada sepak bola, bahkan saking cintanya, dia menyebut sepak bola adalah istri keduanya. 

Baca Juga
Baca Juga

"Ini cerita perjalanan saya di dunia sepak bola, detail dan disampaikan dengan dukungan foto-foto," katanya.

"Saya bisa gila kalau tidak mengurus bola," imbuh pria multi talenta itu.

AQ mengawali karir di sepak bola mulai dari klub kecil, PS Merpati, lalu PSJS Jakarta Selatan, Asprov PSSI DKI hingga menjadi petinggi di PSSI sampai akhirnya punya klub profesional, Madura United.

Di tangan AQ, Madura United berkembang jadi salah satu kekuatan baru di sepak bola Indonesia. Klub berjuluk Lakskar Sapeh Kerab itu jadi ikon lain bumi Madura selain garam, santri, karapan sapi atau pondok pesantren.

Dalam bukunya, AQ juga menceritakan pengalamannya merekrut pemain bintang dari berbagai benua, yang datang silih berganti ke Madura sejak 2012 lalu. Hal itu pula yang membuat Madura United sempat di juluki Los Galacticos-nya Indonesia.

Baca Juga
Baca Juga

Buku tersebut juga memuat sederet testimoni dari pelaku sepak bola, antara lain dari Gregorius Nwokolo, Haruna Soemitro, Slamet Nurcahyo hingga Rahmad Darmawan dan Habib Zia Ulhaq.

Dalam bukunya, AQ juga berbagi cerita soal anaknya, Annisa Dzafarina, yang disebut-sebut sebagai titisan. Putri tunggalnya itu adalah Chief Operating Officer (COO) Madura United dan baru saja lulus dari UEFA Certificate Course.

"Sampai gak sadar, buku ini juga menyebut kami adalah football family," pungkas AQ.

Achsanul QosasiMadura United FCLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2020

Berita Terkini