x

Apa Kabar Akbar Rasyid? Eks Gelandang PSM Makassar dan Persebaya Surabaya

Selasa, 20 Oktober 2020 20:47 WIB
Kontributor: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Herry Ibrahim

INDOSPORT.COM - Apa kabar Akbar Rasyid? pesepak bola berposisi sebagai gelandang yang pernah memperkuat dua klub legendaris Indonesia, yakni PSM Makassar dan Persebaya Surabaya.

Akbar Rasyid lahir di Makassar pada 1 Januari 1983 dan kini telah berusia 37 tahun. Ia mengawali karir sepak bola profesional bersama klub tanah kelahiran sekaligus impian masa kecilnya, PSM Makassar.

Bersama klub berjuluk Pasukan Ramang, pria berpostur 169 cm ini berhasil menyabet runner up Divisi Utama Liga Indonesia 2003 dan 2004 dan sempat merasakan atmosfer Liga Champions Asia di kedua musim tersebut.

Gelandang yang identik dengan angka 13 ini juga pernah membela klub-klub besar Indonesia seperti Arema Malang (2005/06) dan Persebaya Surabaya dari tahun 2012 hingga pertengahan Indonesia Super League (ISL) 2014.

Dia menemukan kesuksesan kala memperkuat Persisam Putra Samarinda dan didapuk sebagai kapten selama empat musim berturut-turut mulai dari tahun 2008 hingga 2012.

Baca Juga
Baca Juga

Tidak hanya dijuluki El Capitano oleh suporter Persisam, Akbar Rasyid juga sukses mempersembahkan trofi Divisi Utama 2008/09 sekaligus tiket promosi ke ajang ISL 2009/10.

Persela Lamongan menjadi pelabuhan terakhirnya saat kompetisi Indonesia kala itu bernama QNB League 2015 yang harus terhenti pada pekan ketiga akibat dibekukannya PSSI oleh FIFA.

Setelah itu, dia pun memutuskan untuk gantung sepatu dari hingar bingar dunia sepak bola profesional. Bukan karena pembekuan PSSI, melainkan cedera kambuhan yang terus menghantuinya.

"Saya pensiun di Persela ketika kompetisi berhenti pada tahun 2015 karena cedera lutut," ungkap Akbar Rasyid kepada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT, Selasa (20/10/20).

Lantas, apa kabar Akbar Rasyid saat ini?

Setelah pensiun, dia tetap tak bisa jauh-jauh dari dunia yang membesarkan namanya dengan menempuh jalan yang juga banyak dipilih oleh para mantan pesepak bola profesional lainnya.

Baca Juga
Baca Juga

"Sekarang saya melatih klub PSMU Minahasa Utara yang berlaga di Liga 3 Zona Sulawesi Utara sejak dua tahun lalu. Selain itu, saya juga membuka usaha kuliner," tutur Akbar Rasyid.

Rupanya, Akbar Rasyid sangat serius untuk melanjutkan karir sebagai pelatih sepak bola profesional. Dia telah merencanakan untuk mengambil lisensi hingga level AFC Pro.

"Saya mengambil lisensi D di Ternate, sedangkan lisensi C di Jakarta. Saya berniat untuk mendapatkan lisensi pelatih level AFC Pro dan sedang menanti kesempatan untuk bersekolah lagi," ujarnya.

Selain sebagai pelatih sepak bola bersama PSMU Minahasa Utara, Akbar Rasyid juga tak lupa menjalankan kewajibannya sebagai ayah untuk membimbing dua putra dan dua putrinya.

Persebaya SurabayaAFCPSM MakassarLiga IndonesiaLiga 1Liga 3Apa KabarBerita Liga 1Liga 1 2020

Berita Terkini