x

Idolakan Van Dijk, Ozan Kabak Mungkin Ditakdirkan untuk Liverpool

Senin, 26 Oktober 2020 21:01 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Ozan Kabak, incaran Liverpool untuk gantikan Virgil van Dijk.

INDOSPORT.COM - Pemain Schalke 04, Ozan Kabak, beberapa waktu terakhir dikabarkan jadi incaran klub Liga Inggris, Liverpool, yang kehilangan Virgil van Dijk.

Nama Kabak mencuat setelah The Reds harus mencari pengganti Van Dijk yang mengalami cedera ACL saat melawan Everton beberapa waktu lalu.

Cedera Van Dijk ini tentu membawa petaka besar bagi kubu The Reds mengingat bek asal Belanda tersebut adalah salah satu pemain andalan di lini belakang mereka. Namun kini ia harus absen setidaknya untuk tujuh bulan ke depan.

Baca Juga
Baca Juga

Sejauh ini, Jurgen Klopp menggunakan Fabinho sebagai pengganti sementara, diduetkan dengan Joe Gomez di jantung pertahanan Liverpool. Ada pula Rhys Williams, pemain berusia 19 tahun yang mungkin bisa jadi alternatif untuk peran bek tengah.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan pula klub mencari pengganti di luar opsi yang tersedia di skuat saat ini.

Ozan Kabak pun digadang-gadang sebagai calon rekrutan yang akan didatangkan Liverpool sebagai pengganti Virgil van Dijk. Diberitakan laman Football365, nilai pemain ini berkisar di angka 27 juta poundsterling (Rp518,6 miliar).

Kabak sendiri adalah pemain sepak bola asal Turki yang pernah membela Galatasaray dan VfB Stuttgart sebelum berlabuh ke Schalke 04 pada tahun 2019. Saat bergabung ke klub Bundesliga Jerman tersebut, ia diganjar kontrak berdurasi lima tahun.

Pria yang juga mengaku mengidolakan Virgil van Dijk ini lahir di Ankara, 23 Maret 2000, ketika sang ayah bekerja di penjara setempat. Berawal dari posisi striker, Kabak mulai menemukan permainan terbaiknya saat mengawal lini pertahanan.

Baca Juga
Baca Juga

Bermain untuk tim muda Galatasaray dan Timnas Turki U-17, ia pun berhasil menarik minat banyak klub dunia. Salah satunya adalah Liverpool, yang mulai meliriknya usai Kabak menjadi kapten Turki di ajang UEFA European U-17 Championships.

Bahkan, pemain yang bernama lengkap Ozan Muhammed Kabak tersebut juga dianggap mirip dengan pentolan Real Madrid, Sergio Ramos. Tidak tanggung-tanggung, situs Bundesliga Jerman sendiri yang mengatakannya.

Kabak dinilai bagus dalam duel udara, cepat saat berbalik arah, dan punya insting kuat soal timing. Sebelum ke Schalke 04, ia bahkan sempat diminati oleh Bayern Munchen, lho.


1. Ozan Kabak: Idolakan Virgil van Dijk dan Tuai Banyak Pujian

Pemain Liverpool, Virgil van Dijk, adalah idola Ozan Kabak.

Dalam sebuah wawancara, Ozan Kabak sempat menyebut dirinya mengidolakan Virgil van Dijk. Rasanya cukup menarik ketika sekarang ia diminati Liverpool untuk menggantikan bek tengah mereka tersebut.

Saat masih berusia 19 tahun, Kabak mengaku ingin seperti Van Dijk. Ia mengatakan hal ini adalah cita-cita terbesarnya sebagai seorang pemain sepak bola.

“Tujuan pribadi saya adalah menjadi bek hebat dalam dua atau tiga tahun lagi seperti Virgil van Dijk. Dia idola saya, saya sangat menyukainya,” ucap Kabak seperti dimuat di laman resmi Bundesliga Jerman.

“Saya suka gaya bermainnya dan saya berani katakan dia adalah idola saya di sepak bola,” tambahnya lagi.

Seberapa Besar Kans Ozan Kabak ke Liverpool?

Selain berpeluang bertemu sang idola, Virgil van Dijk, Kabak punya kans cukup besar merapat ke Anfield. Salah satu faktor yang bisa mendukung skenario ini adalah hubungan baik Jurgen Klopp dan eks pelatih Schalke 04, David Wagner.

Keduanya adalah kawan dekat dan kemungkinan besar Klopp sudah mendengar banyak tentang Kabak dari Wagner.

Meski berbekal data dan statisik untuk mendatangkan pemain, Liverpool pastinya juga akan mempertimbangkan karakter para calon rekrutan mereka.

Wagner sendiri adalah salah satu sosok penting yang berkontribusi membawa Kabak ke Schalke ketika sang pemain diminati Bayern Munchen. Selain itu, ia juga pernah memberi pujian setinggi langit untuk mantan pemainnya tersebut.

“Dia adalah salah satu bek terbaik untuk rentang usianya di Eropa saat ini. Saya melihatnya tiap hari dan merasa kagum melihat kedewasaannya,” ucap Wagner kepada situs Bundesliga Jerman.

Senada dengan Wagner, direktur olahraga VfB Stuttgart, Thomas Hitzlsperger, pun mendeskripsikan Kabak sebagai pemain dengan attitude plus - poin penting yang mungkin telah menarik hati Klopp untuk mendatangkannya.

“Dia ingin tahu segalanya, dia ingin segera bisa bahasa Jerman supaya bisa memahami semuanya. Dia sudah menjadi seorang role model meski usianya masih muda,” ujar Thomas Hitzlsperger.

Diberitakan laman Mirror, Liverpool kabarnya sudah mulai membuka negosiasi dengan Schalke 04 demi mendatangkan Ozan Kabak ke Anfield. The Reds konon mengajukan tawaran senilai 20 juta poundsterling (Rp383,6 miliar).

Schalke 04Liga Primer InggrisLiga InggrisVirgil van DijkSepak BolaBerita Liga InggrisOzan Kabak

Berita Terkini