x

Tak Sembarangan, Ini Tahapan Pemain Keturunan untuk Bisa Bermain di Timnas U-19

Kamis, 29 Oktober 2020 10:44 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Lanjar Wiratri
PSSI memang membuka pintu lebar-lebar Timnas Indonesia U-19 untuk diperkuat oleh pemain keturunan.

INDOSPORT.COM - PSSI memang membuka pintu lebar-lebar Timnas Indonesia U-19 untuk diperkuat oleh pemain keturunan. Setidaknya sudah beberapa pemain keturunan di luar negeri yang telah bermain di Timnas Indonesia.

Dia adalah Elkan Baggott dan juga Jack Brown. Selain itu ada dua kakak beradik asal Jerman yakni Kelana Noah Mahessa dan Luah Fynn Mahessa.

Baca Juga
Baca Juga

Memanggil pemain keturunan Indonesia di luar negeri ditukan agar Timnas U-19 lebih kuat menghadapi Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Meski terbuka untuk pemain keturunan, PSSI tidak akan sembarangan memanggil mereka untuk bermain di Timnas U-19. Setidaknya ada beberapa tahapan yang harus PSSI lakukan hingga mereka dinyatakan layak membela Timnas Indonesia U-19.

"Bagaimana cara melihatnya? Satu kita lihat CV. Lalu kita lempar ke bagian legal PSSI. Apakah secara  undang-undang itu oke atau secara statuta fifa memungkinkan. Setelah itu kalau memungkinkan, kita lihat  video dan diskusi dengan Coach Shin Tae-yong," kata Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

Baca Juga
Baca Juga

"Sudah muncul beberapa nama dan kami lempar ke Pak Ketum PSSI (Mochmad Iriawan), dan dia memberikan  sinyal silakan melakukan pendekatan," tambah Indra.

Indra menambahkan muara dari itu semua tetap ada di tangan pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong. Baginya untuk masalah pemilihan pemain murni kewenangan Shin Tae-yong sebagai pelatih.

"Secara kualitas, biar Coach Shin Tae-yong yang menjelaskan. Apakah terpilih atau tidak biar beliau," pungkas Indra.

Timnas u-19Liga IndonesiaJack BrownTimnas Indonesia U-19Shin Tae-yongKelana Noah Mahessa

Berita Terkini