x

Timnas Indonesia U-19 Luar Biasa, Media Korea Soroti Komentar Shin Tae-yong

Kamis, 5 November 2020 22:25 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Indra Citra Sena
Timnas Indonesia U-19 tampil luar biasa, media Korea pun langsung soroti komentar tak terduga pelatih Shin Tae-yong selama di Indonesia.

INDOSPORT.COM - Terkesan dengan performa Timnas Indonesia U-19 yang luar biasa demi sambut Piala Dunia U-20 tahun depan membuat media Korea Selatan terkesima. Mereka pun sempat menyorot komentar tak terduga pelatih Shin Tae-yong.

Semenjak Tanah Air resmi didapuk sebagai tuan rumah kompetisi terakbar si kulit bundar untuk usia dibawah 20 tahun, PSSI pun lantas memfokuskan kulitas ke para pemain muda. Ide pemusatan latihan (TC) pun sudah disusun oleh Shin Tae-yong dan sukses terlaksana.

Mengapa latihan ini langsung disetujui? Sederhana, Indonesia tergolong sebagai negara lemah dalam tingkat sepak bola setelah menempati peringkat 173 oleh FIFA. Jika lakoni Piala Dunia U-20 tentu hal ini bisa merusak nama baik mereka karena mustahil sampai final.

Baca Juga
Baca Juga

Beruntunglah Garuda Nusantara setelah dua bulan habiskan pemusatan latihan di Kroasia, mereka bisa catatkan lima kali menang di 11 laga. Timnas Indonesia U-19 berhasil kalahkan Qatar (1-0), Dynamo Zagreb (1-0) dan pemuncak klasemen Kroasia, Hajduk Split (4-0).

Melalui media asal Korea, Khan, Shin Tae-yong pun turut berkomentar akan pencapaian membanggakan ini. Pelatih asal Negeri Ginseng berusia 50 tahun itu bahkan merasa tak percaya bisa menang hingga merasa seperti jadi VIP di Indonesia.

"Lawan yang kami menangkan adalah kelompok usia sama (dibawah 19 tahun), tapi kami terkejut mengalahkan tim Eropa. Di Indonesia, saya sampai diperlakukan sebagai VIP," ucap juru taktik itu via telepon 4 November lalu.

Baca Juga
Baca Juga

"Saya merasa cara pandang sepak bola Indonesia sudah sepenuhnya berubah, dan kami bangga dengan pencapaian ini. Kini para pemain sudah punya mental kuat dan taktik bagus. Saya bisa jamin penilaian saat ini ialah 75 dari 100," imbuhnya.

Media yang sama pun mewartakan jika sang pelatih juga punya rencana pemusatan latihan bagi para pemain Indonesia di Korea Selatan. Meskipun nantinya ada masa isolasi mandiri, ia akan menunggu respons dari PSSI terlebih dahulu.

Persiapan dari Timnas Indonesia U-19 demi Piala Dunia U-20 bisa kian matang jika Turnamen Toulon tidak batal karena Corona. Apalagi di turnamen itu Shin Tae-yong bisa bertemu pelatih asal Korea lain, Park Hang-seo yang tukangi Timnas Vietnam.

PSSIKorea SelatanPiala Dunia U-20Timnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Piala Dunia U-20 2023Shin Tae-yong

Berita Terkini