x

Ada yang Jebolan Swedia, Mengenal 2 Bintang Andalan Fakhri Husaini yang Dipanggil ke Timnas U-19

Jumat, 6 November 2020 11:03 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
Pemain andalan Fakhri Husaini, Muhammad Fajar Fatur Rahman dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas U-19

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong memanggil tiga nama pemain baru untuk mengikuti pemusatan latihan virtual. Menariknya, dua bintang muda yang kali ini dipanggil oleh pelatih asal Korea Selatan itu dulunya merupakan andalan pelatih Timnas U-19 di bawah Fakhri Husaini.

Agenda pemusatan latihan (TC) secara virtual sendiri rencananya akan digelar pada 5 hingga 15 November 2020.

Baca Juga
Baca Juga

Shin Tae-yong telah memanggil 33 nama pemain dan delapan di antaranya merupakan pemain-pemain yang sebelumnya absen di pemusatan latihan Timnas U-19 yang digelar di Kroasia.

Dua dari delapan nama pemain baru yang dipanggil Shin Tae-yong sebelumnya menjadi pemain andalan pelatih Timnas U-19 sebelumnya yakni Fakhri Husaini. Kedua namaa tersebut ialah Salman Alfarid dan Fajar Fatur Rahman.

Saat pemusatan latihan sebelumnya, absennya kedua nama tersebut sempat mengejutkan. Keputusan Shin Tae-yong tak memanggil mereka di TC pertama diterima dengan keikhlasan oleh mereka hingga kini akhirnya mereka mendapatkan kesempatan di Timnas U-19.

Baca Juga
Baca Juga

Di era Fakhri Husaini, baik Salman maupun Fajar menjalankan peran penting di Timnas U-19. Keduanya nyaris selalu dipercaya untuk masuk dalam line up pertandingan Skuat Garuda Asia.

Berikut INDOSPORT akan mengulas sedikit mengenai sosok dua pemain baru yang dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas U-19 dan pernah menjadi andalan Fakhri Husaini di era sebelumnya.


1. Salman Alfarid

Salman Alfarid

Saat Timnas Indonesia U-19 masih ditangani Fakhri Husaini, Salman selalu menjadi andalan. Ia selalu menjadi pilihan utama Fakhri bahkan untuk dua ajang sekaligus, takin Piala AFF U-18 2019 dan babak kualifikasi Piala Asia U-19 2020.

Meski berposisi sebagai pemain belakang, Salman rajin membantu lini serang dan memiliki naluri tajam untuk mencetak gol dari luar kotak penalti. Lahir di Jakarta 19 April 2002, Salman Allfarid adalah pemain yang berposisi sebagai bek kiri dan kini bergabung dengan Persija Jakarta.

Sebagai pemuda kelahiran Ibu Kota, Salman memang sudah memendam hasrat untuk bergabung dengan Macan Kemayoran sejak ia masih kecil.

“Siapa yang tidak bangga memakai kostum Persija? Tim ini adalah impian saya sejak kecil dan terima kasih karena manajemen telah mengontrak saya,” ungkap Salman lewat halaman resmi Persija Jakarta.

Salman mengawali kariernya dengan bergabung ke SSB Jayakarta, hingga bergabung ke (Jakarta Football Academy (JFA) sejak memasuki usia 13 tahun.

Bersama JFA itu Salman banyak mengikuti turnamen bergengsi usia muda, hingga membawanya bisa bersaing di turnamen paling besar untuk usia muda, Gothia Cup 2017 di Swedia.

Ia lalu bergabung ke SKA Ragunan, dan bisa mendapatkan panggilan Timnas U-16 yang berlaga di Piala AFC U-16 2018.

Bergabung dengan skuat Persija untuk Liga 1 2020 lalu, Salman kini diproyeksikan untuk bisa menembus skuat utama. Persija diketahuk telah mempromosikan enam pemain mudanya untuk bisa masuk dalam skuat tim utama.

Fajar Fatur Rahman

Selebrasi Muhammad Fajar Faturahman setelah mencetak gol pertama ke gawang Thailand di final Piala AFF U-16.

Fajar Fatur Rahman akhirnya mendapat panggilan ke Timnas U-19 setelah sebelumnya ia tak masuk dalam daftar nama pemain yang mengikuti pemusatan latihan di Kroasia.

Fajar merupakan jebolan program Garuda Select dan sempat merasakan betapa keras dan disiplinnya Shin Tae-yong menangani Timnas U-19. Kendati gagal ikut latihan ke Kroasia, pemain berusia 18 tahun itu mendapatkan pelajaran penting.

"Ya, kalau coach Shin pasti maunya pemain yang kerja keras dan disiplin," tuturnya soal sosok Shin Tae-yong.

Fajar Fathur Rahman merupakan pemain andalan Timnas U-19 di era Fakhri Husaini. Ia berperan sebagai penyerang sayap dan tampil reguler di dua ajang terakhir, Piala AFF U-18 2019 dan Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 yang digelar tahun lalu.

Tak hanya itu, pemain yang memperkuat Borneo FC itu bahkan menjadi top skor dengan torehan tiga gol di kualifikasi.

Borneo FC bahkan menyebut pihaknya akan membantu Fajar untuk mengembangkan kariernya dengan bermain di Liga Thailand atau Jepang. Fajar memang bertekad meniti karier di Eropa, namun terlebih dahulu mengincar Liga Thailand dan Jepang.

Timnas u-19Fakhri HusainiLiga IndonesiaTimnas Indonesia U-19Shin Tae-yongFajar Faturrahman

Berita Terkini