x

Mkhitaryan, Permata yang Disia-siakan Manchester United dan Arsenal

Senin, 9 November 2020 13:35 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
Sempat 'terbuang' di Inggris, Henrikh Mkhitaryan mampu bangkit dan membuktikan kualitasnya bersama klub Serie A Liga Italia, AS Roma.

INDOSPORT.COM - Sempat 'terbuang' di Inggris, Henrikh Mkhitaryan mampu bangkit dan membuktikan kualitasnya bersama klub Serie A Liga Italia, AS Roma.

Dalam masa-masa awal kompetisi 2020/21, klub asal ibukota Italia, AS Roma berhasil menampilkan performa yang apik, meski sempat mengalami kekalahan 0-3 dari Hellas Verona akibat kesalahan administrasi.

Melansir dari data yang dirangkum Soccerway, sejak 28 September 2020 lalu, Roma sudah melakoni sembilan pertandingan tanpa pernah kalah. Rinciannya enam kemenangan dan tiga kali imbang.

Baca Juga
Baca Juga

Di tiga pertandingan terakhir Roma juga menunjukkan permainan atraktif yang layak diacungi jempol. 10 gol dan hanya satu kali kebobolan jadi rangkuman tiga kemenangan beruntun terakhir Roma.

Terbaru, Roma sendiri baru saja menang besar atas Genoa. Meski datang sebagai tamu di Stadion Luigi Ferraris, pasukan Giallorossi berhasil mencuri tiga poin dengan kemenangan 3-1.

Menariknya, tiga gol kemenangan Roma itu dicetak oleh orang yang sama. Sosok itu adalah gelandang andalan mereka, Henrikh Mkhitaryan.

Dalam laga kontra Genoa, Roma sebenarnya diragukan bisa mencetak banyak gol, setelah penyerang andalan mereka, Edin Dzeko harus absen karena positif virus corona. Namun, Mkhitaryan sukses membuktikan bahwa Roma tak hanya memiliki Dzeko.

Laga Genoa kontra Roma pun menjadi catatan penting bagi karier sepak bola Mkhitaryan, lantaran itu merupakan kali pertama ia berhasil mencetak hattrick.

Ditemui usai laga, pemain kelahiran 21 Januari 1989 itu mengaku musim 2020/21 akan jadi pembuktian baginya setelah sempat terseok-seok di masa awal peminjamannya.

"Musim lalu saya mengalami dua cedera parah, namun sekarang saya menjalani musimnya ini dengan baik dan beruntung tetap bisa konsisten," ujar Mkhitaryan dikutip dari Roma Press.

"Saya rasa ini adalah waktu yang tepat bagi saya untuk menunjukkan kualitas yang saya miliki dan rasa terima kasih harus saya sampaikan ke rekan-rekan di Roma," pungkasnya.

Ungkapan Mkhitaryan pasca kemenangan Roma atas Genoa itu bisa dibilang merupakan jawaban dari kritik yang konstan ia terima sejak memutuskan hengkang dari raksasa Bundesliga Borussia Dortmund.

Baca Juga
Baca Juga

Terlepas dari kemampuannya yang sudah membuatnya banyak mendapat penghargaan, Mkhitaryan sempat mengalami nasib yang tak jelas saat merantau ke Inggris.

Dalam kesempatan kali ini, redaksi berita olahraga INDOSPORT coba ingin menghadirkan perjuangan pemain berkebangsaan Armenia, yang mendapat angin segar sejak memperkuat Serigala Ibukota.


1. Terlunta-lunta di Inggris, Mulai Bersinar di Roma

Henrikh Mkhitaryan berhasil bangkit sejak bergabung dengan AS Roma.

Mengawali karier profesional di salah satu klub asal negaranya, Pyunik, Mkhitaryan sudah langsung berhasil merasakan gelar juara Liga Armenia empat tahun berturut-turut (2006-2009).

Setelahnya, ia pun mencoba peruntungan dengan merantau ke Ukraina dan memperkuat Metalurh Donetsk. Meski tak mendapat gelar juara, nyatanya performa Mkhitaryan mendapat sorotan dari Shakhtar Donetsk  yang merekrutnya pada 2010 silam.

Bersama klub langganan Liga Champions itu, Mkhitaryan kembali menambah pundi-pundi gelar juaranya dengan tiga kali memenangkan Ukrainian Premier League.

Sebuah kejutan pun datang bagi suami Betty Vardanyan itu pada 2016. Raksasa Bundesliga, Borussia Dortmund merekrutnya dan menjadi gerbang dunia mulai mengenal nama Mkhitaryan.

Selama memperkuat klub yang identik dengan warna kuning dan hitam itu, Mkhitaryan mampu menyabet gelar juara DFL Supercup 2014. Ia pun sempat menjadi top assists di Bundesliga pada musim 2015/16.

Dengan rentetan kinerjanya yang gemilang selama di lapangan, Mkhitaryan pun menarik minat raksasa Liga Inggris, Manchester United. Terlena dengan prestasi di masa lalu klub yang bermarkas di Old Trafford itu, ia memutuskan hengkang, sesuatu yang seharunya tidak ia lakukan.

Dengan mahar sebesar 30 juta poundsterling (sekitar Rp561 miliar), Mkhitaryan berlabuh ke Manchester United. Ia pun langsung membuat sejarah dengan menjadi pemain Armenia pertama yang tampil di Liga Inggris pada 2016 lalu.

Didatangkan dengan biaya mahal, Mkhitaryan secara mengejutkan lebih sering menjadi cadangan dan jarang mendapat kesempatan tampil oleh Jose Mouriho. Transfermarkt mencatat Mkhitaryan hanya tampil di 41 pertandingan dan hanya menyumbang 11 gol bagi Manchester United.

Memasuki musim 2017/18, jam terbang Mkhitaryan semakin sedikit dengan di paruh pertama hanya tampil sebanyak 22 kali dan cuma mencetak 2 gol. Hingga akhinrya kebersamaannya bersama Setan Merah pun akhirnya berakhir.

Pada bursa transfer musim dingin, Manchester United mengambil langkah mengejutkan dengan memboyong Alexis Sanchez dari Arsenal. Selain sejumlah uang, Man United juga menjadikan Mkhitaryan sebagai alat pertukaran.

Fakta tersebut jelas sangat miris mengingat Mkhitaryan ditukar dengan Sanchez, yang pada akhirnya juga gagal membawa Manchester United gemilang, hingga akhirnya dijual ke Inter Milan.

Setali tiga uang dengan ketika berada di Manchester United, Mkhitaryan kembali menjadi pesakitan  dan pemain terasing di Arsenal. Dari 2017 hingga 2019, pemain terbaik Armenia iu hanya tampil sebanyak 58 kali dan hanya bisa mencetak 9 gol.

Jengah dengan nasibnya yang luntang-lantung di Liga Inggris, Mkhitaryan pun menjadikan masa peminjaman ke klub Serie A Liga Italia AS Roma sebagai kesempatan emas untuk bisa hengkang.

Diberi kesempatan tampil sebanyak 22 kali dari pertengahan musim 2019/20, pria yang bisa berbicara dalam 8 bahasa itu mampu menciptakan 9 gol. Roma pun akhirnya memutuskan untuk membelinya secara permanen dari Arsenal.

Di musim 2020/21, yang notabene musim perdananya bersama Roma sebagai pemain permanen, Mkhitaryan sudah langsung menunjukkan performa gemilang.

Sebelum mencetak hattrick saat menghadapi Genoa, Mkhitaryan sudah lebih membuat sebuah rekor saat tampil di Liga Europa saat menghadapi CFR Cluj.

Di laga tersebut, Mkhitaryan mampu menjadi pemain tercepat Roma yang berhasil mencetak gol di laga Liga Europa, setelah mencatatkan nama di papan skor padahal laga baru berjalan 57 detik.

Dengan catatan tersebut, menjadi menarik untuk melihat perjalanan karier Mkhitaryan bersama Roma selanjutnya. Bila semakin mentereng, Mkhitaryan pastinya berhasil membuat Manchester United dan Arsenal menyesal sudah membuangnya.

Manchester UnitedArsenalSerie A ItaliaAS RomaBorussia DortmundHenrik MkhitaryanLiga ItaliaSepak BolaBerita Liga Italia

Berita Terkini