x

Manajemen Persipura Tanggapi Lisensi AFC 6 Klub Liga 1

Jumat, 20 November 2020 14:31 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Arum Kusuma Dewi
Klub Persipura Jayapura menjadi salah satu kontestan Liga 1 yang dinyatakan granted berdasarkan lisensi federasi sepak bola Asia (AFC).

INDOSPORT.COM - Klub Persipura Jayapura menjadi salah satu kontestan Liga 1 yang dinyatakan granted berdasarkan lisensi federasi sepak bola Asia (AFC). Pemberian status tersebut diberikan dalam rapat PSSI bersama komite lisensi klub di Jakarta, Kamis (19/11/20) kemarin.

Persipura tak sendirian, status granted itu diberikan juga kepada limak lub lainnya yakni Bali United, Bhayangkara FC, Borneo FC, Persib Bandung, dan Arema FC.

Baca Juga
Baca Juga

Enam klub Liga 1 ini dinyatakan granted karena dianggap telah memenuhi semua aspek persyaratan yang diminta oleh AFC.

Manajemen Persipura melalui asisten manajer, Ridwan Bento Madubun mengatakan, pihaknya tak lantas merasa puas dan akan terus berupaya untuk menjadikan klub Persipura sebagai klub yang benar-benar profesional.

"Kita bersyukur, sesuai petunjuk ketua umum, manajemen tetap bekerja untuk memastikan status klub Persipura Jayapura sebagai salah satu klub profesional bersama lima klub lainnya di Indonesia untuk tahun 2020," ujar Bento kepada awak media olahraga INDOSPORT, Jumat (20/11/20).

Bento menuturkan, meskipun di tengah pandemi Covid-19, manajemen Persipura akan terus mempertahankan status sebagai klub yang memenuhi segala aspek persyaratan.

"Kita tetap berusaha memenuhi seluruh aspek yang ditetapkan sebagai persyaratan. Semoga kita bisa terus mempertahankan ini, demi Persipura dan Tanah Papua tentunya," pungkas Bento.

AFC Club Licensing Cycle merupakan suatu proses standarisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub sepak bola profesional yang diperkenalkan oleh AFC untuk mendukung perkembangan sepak bola.

Selain sebagai acuan standar profesional, AFC Club Licensing Cycle juga merupakan suatu syarat klub untuk dapat berpartisipasi di kompetisi resmi AFC seperti AFC Champions League dan AFC Cup.

Ada lima kriteria yang menjadi penilaian pada AFC Club Licensing. Kelima aspek tersebut mencakup sporting, infrastructure, personnel serta administration, legal, dan finance. Tahun ini, seluruh klub Liga 1 2020 mengajukan untuk mengikuti proses ini.

Pada 2019 lalu, terdapat 16 klub Liga 1 yang berpartisipasi di kegiatan Club Licensing. Keputusan Licensing terbagi menjadi tiga kategori, yaitu: Granted, Granted with Sanction, dan Rejected. Dari proses yang telah ditempuh, terdapat 6 klub yang mendapatkan status 'Granted', 2 klub mendapatkan status 'Granted with Sanction', dan 8 klub mendapatkan status 'Rejected'.

Baca Juga
Baca Juga

Ketika itu, klub yang mendapatkan status 'Granted' yakni Arema FC, Persebaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, dan PSM Makassar. Sementara klub yang mendapatkan status 'Granted with Sanction' adalah Bali United FC dan Bhayangkara FC.

Persipura JayapuraAFCLiga IndonesiaBento MadubunLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2020

Berita Terkini