x

Mandulnya Arsenal Bukan Cuma Salah Pierre-Emerick Aubameyang

Senin, 23 November 2020 13:31 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Arsenal kembali mandul usai bermain seri 0-0 dengan Leeds United di Liga Inggris. Masalah ini pun bukan sepenuhnya salah Pierre-Emerick Aubameyang.

INDOSPORT.COMArsenal kembali mandul usai bermain seri 0-0 dengan Leeds United di Liga Inggris. Masalah ini pun bukan sepenuhnya salah Pierre-Emerick Aubameyang.

Hasil buruk kembali didapatkan Arsenal di kompetisi Liga Inggris musim ini. Bertandang ke markas tim promosi, Leeds United, Minggu (22/11/20) malam WIB, skuat The Gunners asuhan Mikel Arteta harus puas dengan hasil imbang 0-0, yang diwarnai kartu merah Nicolas Pepe di babak kedua.

Hasil itu membuat Arsenal tertahan di luar 10 besar klasemen Liga Inggris. Pierre Emerick-Aubameyang dkk berada di peringkat 11 dengan 13 poin dari 9 laga. Mereka bahkan bisa turun satu tingkat jika Wolverhampton Wanderers meraih poin saat jumpa Southampton, Selasa (24/11/20) dini hari.

Baca Juga
Baca Juga

Di sisi lain, skor kacamata melawan Leeds United semakin menyorot masalah utama Arsenal di Liga Inggris musim ini, yakni minimnya produktivitas. Dengan hasil semalam, The Gunners kini sudah gagal mencetak gol dalam 4 dari 5 pertandingan terakhir mereka di liga.

Secara total, Meriam London baru mencetak 9 gol di Liga Inggris musim ini. Angka ini membuat mereka berada di lima terbawah dari jajaran 20 klub peserta. Jumlah itu bahkan tak sampai separuh dari gol pemuncak klasemen saat ini, Tottenham Hotspur, yang sudah mengoleksi 21 gol.

Di laga melawan Leeds, Mikel Arteta sejatinya sudah melakukan perubahan. Ia memilih pola 4-2-3-1 alih-alih 3-4-3 favoritnya. Tak cuma itu, ia juga mengembalikan Pierre-Emerick Aubameyang ke posisi ujung tombak. Nyatanya, kedua hal tersebut tetap tidak mampu mengatasi masalah produktivitas mereka.

Baca Juga
Baca Juga

Kartu merah Pepe memang mengurangi kekuatan tim, namun sejatinya ketika masih bermain dengan 11 pemain di babak pertama pun Arsenal tak mampu mencari cara menembus pertahanan skuat asuhan Marcelo Bielsa.

Terbukti, di babak pertama The Gunners melepaskan lima tembakan tanpa satu pun yang tepat sasaran. Padahal, Leeds adalah tim dengan pertahanan terburuk kedua di liga dengan sudah kebobolan 17 gol.


1. Sumber Masalahnya di Lini Tengah, Bukan Lini Depan

Mesut Ozil, Pierre-Emerick Aubameyang dan Alexandre Lacazette.

Sorotan pun kemudian tertuju kepada Pierre-Emerick Aubameyang. Setelah mencetak 22 gol di Liga Inggris musim lalu, musim ini ia baru mencetak 1 gol dari 8 laga, dan itupun melalui titik penalti.

Penurunan performa ini pun menimbulkan pernyataan. Namun, mengembalikan sang kapten ke posisi ujung tombak seperti saran sejumlah pihak nyatanya tidak mampu mengatasi masalah.

Bahkan, posisi tersebut justru membuat Aubameyang seolah terisolasi. Sky Sports mencatat di laga melawan Leeds sang penyerang hanya melakukan 17 sentuhan di babak pertama, jumlah yang bahkan lebih sedikit dari kiper Bernd Leno yang mencatatkan 27 sentuhan.

Catatan-catatan ini pun menunjukkan bahwa sejatinya masalah utama Arsenal bukan berada di lini depan, melainkan minimnya kreativitas dari lini tengah. Terbukti, The Gunners kini berada di jajaran enam terbawah di liga tak hanya dalam jumlah gol dan tembakan, tapi juga peluang yang tercipta.

Di skuat Arsenal sendiri, sejak awal musim 2019/2020 lalu, jumlah peluang terbanyak di liga diciptakan Nicolas Pepe dengan 42 peluang dari 39 laga. Menariknya, nama Mesut Ozil ada di peringkat kedua dengan 38 peluang. Padahal, sejak awal musim lalu ia hanya tampil di 18 laga dan sudah tidak bermain sejak Maret.

Ini berarti, untuk mengatasi problem kemandulan anak asuhnya, Mikel Arteta perlu mencari solusi bagi minimnya kreativitas di lini tengah, entah dengan menjajal pemain lain untuk memerankan tugas itu, atau mengubah sistem di lini tengah.

Hal itulah yang setidaknya bisa ia lakukan selagi menunggu bursa transfer Januari dibuka yang memungkinkan mereka mendatangkan pemain baru, atau kembali mendaftarkan Mesut Ozil ke dalam skuat.

ArsenalMesut OzilMikel ArtetaPierre-Emerick AubameyangLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini