x

HNK Rijeka, Klub Kroasia Rasa Italia Pelabuhan Baru Brylian Aldama

Jumat, 27 November 2020 21:16 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
Penggawa Timnas Indonesia U-19, Brylian Aldama, akan segera diumumkan menjadi pemain baru dari klub besar Kroasia, HNK Rijeka.

INDOSPORT.COM - Penggawa Timnas Indonesia U-19, Brylian Aldama, akan segera diumumkan menjadi pemain baru dari klub besar Kroasia, HNK Rijeka. Penampilan agresif Brylian saat pemusatan latihan di Kroasia disebut mempermulus langkahnya untuk diresmikan menjadi penggawa anyar klub 'rasa Italia' itu.

Media Kroasia yakni Novilist telah memberitakan jika Brylian Aldama akan diproyeksikan untuk bermain terlebih dahulu di tim junior. Dilansir dari Soccerway, Timnas U-19 HNK Rijeka merupakan satu-satunya tim yang ada di bawah tim utama.

Baca Juga
Baca Juga

Novilist menyebutkan jika gelandang bernama lengkap Brylian Negietha Dwiki Aldama itu merupakan pemain moncer saat ini. Ia diperkirakan bisa tampil gemilang bersama tim junior Rijeka sebelum naik ke tim utama nantinya.

Kehadiran Aldama juga diharapkan mapu memberi dampak positif untuk popularitas klub tersebut mengingat bagaimana fanatiknya suporter di Indonesia yang hampir selalu membanjiri komentar di postingan para pemain yang merumput di luar negeri.

Sebut saja klub tempat bernaung Egy Maulana Vikri yakni Lechia Gdansk, klub penggawa Timnas U-19 lainnya yakni Witan Sulaeman, FK Radnik Surdulica, serta klub Elkan Baggott yang mengalami lonjakan pengikut di Instagra dan didominasi netizen asal Indonesia.

Pemain Timnas U-19 sendiri bak menjadi komoditi panas untuk para klub-klub luar negeri yang banyak berlomba untuk mendapatkan talenta Tanah Air.

Baca Juga
Baca Juga

Selain Brylian Aldama yang juga pernah membela Garuda Select, pemain Timnas U-19 lainnya yang juga milik Barito Putera yakni Bagus Kahfi tengah ngebet bergabung dengan klub Belanda FC Utrecht.

Kembali ke klub HNK Rijeka yang segera akan mengumumkan bergabungnya Brylian Aldama, INDOSPORT merangkum fakta mengenai klub tersebut yang meskipun berasal dari Kroasia tapi kental akan rasa Italia.


1. Nuansa Italia di Rijeka

Pemain Rijeka selebrasi usai bobol gawang AC Milan

Hrvatski nogometni klub Rijeka (Inggris: Kroasia Football Club Rijeka), biasa disebut sebagai HNK Rijeka atau hanya Rijeka, adalah klub sepak bola profesional Kroasia dari kota Rijeka.

HNK Rijeka bersaing di divisi teratas Kroasia yakni HT Prva liga, dan telah  menjadi anggota sejak didirikan pada tahun 1992. Selama rekonstruksi Stadion Kantrida, kandang tradisional mereka adalah Stadion Rujevica.

Klub ini didirikan pada 29 Juli 1946 dengan nama Sportsko Društvo Kvarner (Kroasia) atau Societa Sportiva Quarnero (Italia). Nama resmi klub diubah menjadi Nogometni klub Rijeka pada 2 Juli 1954. 

Pada musim panas 1995, manajemen klub menambahkan kata sifat hrvatski (Inggris: Kroasia) pada nama resminya. Rijeka adalah klub sepak bola Kroasia tersukses ketiga setelah memenangkan satu gelar Liga Pertama Kroasia, dua Piala Yugoslavia, enam Piala Kroasia, satu Piala Super Kroasia dan Piala Balkan 1977-78.

Klub ini didirikan dengan nama SD Kvarner / SS Quarnero pada tanggal 29 Juli 1946, setelah Rijeka (dikenal dengan nama Italia Fiume hingga 1945) diserahkan dari Italia ke Yugoslavia setelah berakhirnya Perang Dunia II.

Akar klub dapat ditelusuri kembali ke 1926 dengan awal mula berdirinya US Fiumana, yang berkompetisi di berbagai level Kejuaraan Sepak Bola Italia, termasuk satu musim di kompetisi tingkat atas (Divisione Nazionale) pada tahun 1928. 

Kedua klub menggunakan alasan yang sama ( Stadion Kantrida) dan delapan pemain Fiumana AS kemudian bermain untuk Kvarner.

Rijeka sendiri telah enam kali keluar sebagai juara Piala Kroasia yakni pada 2004-2005, 2005-2006, 2013-2014, 2016-2017, 2018-2019, dan 2019-2020. Pada musim 2019/20 lalu mereka mengunci peringkat ketiga klasemen akhir Liga Kroasia dan menjadi juara Piala Kroasia.

Berhak tampil di Liga Europa, Rijeka bergabung di grup F bersama AZ Alkmaar, Real Sociedad, dan Napoli. Di pertandingan dini hari tadi mereka harus mengakui keunggulan Napoli dengan skor 0-2.

KroasiaTimnas u-19Bola InternasionalTimnas Indonesia U-19Brylian AldamaHNK Rijeka

Berita Terkini