x

Termasuk Bagus Kahfi, 4 Bintang Timnas yang Mimpinya ke Eropa Harus Kandas

Sabtu, 28 November 2020 09:33 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto

INDOSPORT.COM - Bagus Kahfi tidak sendiri, setidaknya dalam kurun satu dekade ada empat bintang muda Timnas Indonesia yang harus gagal bergabung bersama klub Eropa. 

Kabar mengecewakan datang dari salah satu pemain Timnas Indonesia U-19, Bagus Kahfi. Setelah dekat dikabarkan bakal bergabung dengan klub Eredivisie Belanda, FC Utrecht, Bagus harus menerima kenyataan gagal menggapai mimpinya.

FC Utrecht benar-benar serius untuk bisa mendapatkan jasa Bagus Kahfi dengan sudah mengirim surat ke manajemen klub Liga 1 2020, Barito Putera.

Namun sampai tenggat waktu habis, Barito Putera belum juga memberikan tanggapan. Alhasil FC Utrecht pun diketahui batal untuk merekrut Bagus Kahfi. Hal ini jelas cukup disayangkan mengingat kesempatan bermain di Eropa belum tentu datang dua kali. 

Baca Juga
Baca Juga

Di akun Instagram pribadinya, Bagus Kahfi langsung mengungkapkan kekecewaannya. Ternyata, Bagus Kahfi tidak sendiri. 

Selain Bagus, ada lagi pemain-pemain Timnas Indonesia lain yang harus memupus harapan bergabung dengan klub Eropa. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Bagus Kahfi

Bagus Kahfi berlatih jelang vs Australia.

Bintang Garuda Select, Amiruddin Bagus Kahfi, harus menelan pil pahit karena gagal berkarir di klub kasta tertinggi Liga Belanda, FC Utrecht.

Padahal, FC Utrecht benar-benar serius untuk bisa mendapatkan jasa Bagus Kahfi dengan sudah mengirim surat ke manajemen klub Liga 1 2020, Barito Putera.

Klub yang bermain di Eredivisie itu memberikan batas waktu kepada pihak Barito Putera supaya menanggapi surat tersebut.

Namun sampai tenggat waktu habis, Barito Putera belum juga memberikan tanggapan. Alhasil FC Utrecht pun diketahui batal untuk merekrut Bagus Kahfi.

Di akun Instagram pribadinya, Bagus Kahfi langsung mengungkapkan kekecewaannya karena cita-cita untuk bisa berkarir di Eropa harus tertunda.

"Karena hal yang saya tidak mengerti, mimpi saya harus terhenti," tulis Bagus Kahfi.

Diketahui, Bagus Kahfi masih memiliki kontrak bersama Barito Putera hingga Oktober 2021 mendatang. Eks pemain Timnas Indonesia U-19 era Fakhri Husaini itu bisa akrab dengan FC Utrecht berawal saat menjalani pemulihan cedera pada pergelangan kaki kiri. 

Namun karena rekomendasi Dennis Wise yang menjadi pelatih Garuda Select, FC Utrecht setuju untuk merekrut Bagus Kahfi. Ia dipercaya mampu berkembang ke level yang lebih tinggi, salah satunya bergabung dengan klub sepak bola di Eropa.

2. Hambali Tholib

Rekrutan anyar Persebaya Surabaya Muhammad Hambali Tholib.

Mirip seperti Egy Maulana Vikri, Hambali Tolib juga mendapat cap wonderkid dari Indonesia. Hambali bahkan sempat dijuluki Messi dari Lamongan. 

Pemain yang belum genap 20 tahun ini memang tampil impresif. Ia mampu menembus tim utama dan bermain dengan pemain-pemain senior. 

Hambali pun mendapat kesempatan untuk trial di salah satu klub peserta Liga Kroasia,  NK Lokomotiva Zagreb. Sayang, baru dua bulan di sana, Hambali Tolib harus kembali ke Indonesia. 

Dirinya gagal dikontrak klub Lokomotiva Zagreb. Hambali Tolib saat ini terdaftar sebagai pemain Persebaya Surabaya yang berkompetisi di Liga 1 2020. 

Baca Juga
Baca Juga

Meski begitu, masih ada kesempatan luas bagi Hambali Tolib untuk kembali mencoba peruntungan di Eropa di masa mendatang. 


1. 3. Osvaldo Haay

Winger asal Papua milik Persija Jakarta Osvaldo Haay.

Nama bintang muda Timnas Indonesia, Osvaldo Haay, pernah ramai menghiasi media kala ia mengikuti trial di klub langganan LaLiga, Numancia pada awal 2019 lalu.

Namun, hasil kurang baik didapatkannya ketika ia harus gagal trial di Numancia yang kala itu berlaga di Divisi Segunda. Osvaldo Haay pun tak melanjutkan kariernya di Negeri Matador dan memilih pulang ke Indonesia. 

Di Indonesia, mantan pemain Persebaya ini bergabung bersama Persebaya sebelum akhirnya pada Liga 1 musim 2020 lalu bergabung bersama Persija Jakarta.  

4. Yandi Sofyan

Yandi Sofyan Munawar

Sebelum angkatan Hambali Tolib dan Firza Andika, sebelumnya Indonesia pernah mengirim wonderkidnya ke Eropa. Pemain itu adalah Yandi Sofyan. 

Yandi Sofyan merupakan adik dari legenda Persib Bandung, Zaenal Arif. Yandi Sofyan diketahui pernah menimba ilmu di klub Belanda, CS Vise, dari 2011-2013. 

Namun, dirinya tak dilirik oleh klub Vise atau pun tim Belgia lain untuk disodorkan kontrak permanen. Yandi pun memilih kembali ke Indonesia dan memperkuat Arema Cronus.

Setelah sempat ke Australia, Yandi Sofyan memilih gabung ke klub Bali United. Walau sudah balik ke Indonesia, Yandi Sofyan ternyata tetap tak mampu jadi pilihan utama pelatih. Semoga nasib Bagus Kahfi tak senahas Yandi Sofyan.

Barito PuteraYandi Sofyan MunawarTimnas IndonesiaLiga IndonesiaFC UtrechtOsvaldo HaayOsvaldo Ardiles HaayTimnas Indonesia U-19TRIVIABagus KahfiHambali TholibBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini