x

Tolak Timnas Indonesia, Jayden Oosterwolde Moncer di Belanda dan Diminati Klub Papan Atas

Selasa, 12 Januari 2021 11:12 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
Pemain keturunan Indonesia berdarah Belanda, Jayden Oosterwolde, sempat menolak tawaran untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-23.

INDOSPORT.COM - Pemain keturunan Indonesia berdarah Belanda, Jayden Oosterwolde, sempat menolak tawaran untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-23. Memilih untuk tetap bermain di klub Eredivisie Belanda, FC Twente, Jayden kini semakin moncer.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong disebut sangat tertarik dengan bakat Jayden, namun apa daya sang pemain menolak untuk membela skuat Garuda. Ia diketahui lebih mengincar satu posisi di Timnas Belanda U-23.

Baca Juga
Baca Juga

“Ada satu pemain keturunan yang menolak dan memilih ke Timnas Belanda yakni Jayden Oosterwolde,” ujar Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

“Padahal Shin Tae Yong suka dengan permainannya (Jayden Oosterwolde),” tambahnya.

Pemain kelahiran 26 April 2001 itu memang tampil apik dan sukses menembus skuat utama FC Twente. Permainan Jayden mendapatkan perhatian dan pujian dari pelatih dan rekan setimnya.

Pada pertandingan terakhir FC Twente melawan FC Emmen, Jayden Oosterwolde turut berperan penting untuk kemenangan tim. Tampil apik melewati tiga pemain lawan, pemain belakang yang juga berdarah Suriname itu memberikan umpan yang diakhiri menjadi gol berkat sontkan Vaclan Cerny di menit-16.

"Jayden (Oosterwolde) Memberi bola bagus dan saya ada di sana. Yang kedua lebih merupakan gol offside. Saya senang dengan keduanya dan terutama dengan tiga poin," ujar Cerny memuji Jayden seperti dilansir dari ESPN.

"Dia masih sangat muda (19 tahun). Saya juga sangat muda ketika saya bergabung dengan Eredivisie, jadi saya banyak berbicara dengannya. Dia sangat manis, dia mendengarkan, sedikit melakukan kesalahan, dan banyak melakukan hal penting," puji Cerny.

Baca Juga
Baca Juga

"Kemudian dia juga punya kualitas untuk bisa membantu kami dalam serangan juga," tutup Cerny yang melihat 'banyak potensi' pada rekan setimnya itu.

Jayden Oosterwolde disebut-sebut sebagai pemain muda brilian FC Twente. Bek kiri yang kuat secara fisik adalah kebutuhan di tim asuhan Ron Jans itu.


1. Diminati Klub Luar Negeri

Jayden Oosterwolde

Apakah Oosterwolde sendiri mengharapkan kesuksesan besar ini? 

"Sebenarnya tidak, tidak. Saat saya mulai tidak yakin apakah saya akan bermain. Kemudian saya mulai bermain dan itu benar-benar berjalan dengan baik, ya", ujar Jayden dalam percakapan dengan NOS.

Jayden juga menanggapi kabar dirinya diincar oleh klub lain di luar Belanda.

"Sebenarnya saya belum mendengar apa-apa tentang itu. Saya tidak terlalu peduli dengan itu. Saya mencoba melakukan yang terbaik di setiap pertandingan dan pada akhir tahun saya akan melihat apa yang akan terjadi." tutupnya.

Lahir di Zwolle, Oosterwolde memulai kariernya dengan klub lokal ZAC sebelum pindah ke akademi muda FC Twente pada tahun 2012. Pada Juni 2020, ia menandatangani kontrak pertamanya dengan FC Twente / Heracles Academy, tim U-21 bersama dari dua klub, setelah muncul dari akademi sepak bola Twente.

Dia seharusnya menjadi bagian dari tim sepak bola Twente U-21 pada musim 2020-21, tetapi setelah uji coba di Heracles dan FC Twente, kedua klub ingin mengontraknya. Dia akhirnya memilih Twente, di mana dia menandatangani kontrak tiga tahun pada Juli 2020 dan bergabung dengan tim utama mereka.

Pada 12 September 2020, ia melakukan debut profesionalnya sebagai starter dalam pertandingan kandang melawan Fortuna Sittard. Dia turut berperan saat Queensy Menig mencetak gol 1-0 dan Twente menang 2-0.

Eredivisie BelandaTimnas u-19TwenteTimnas Indonesia U-19Jayden Oosterwolde

Berita Terkini