x

Baru Bergabung Musim Ini, Thiago Alcantara Tak Cocok Main di Liverpool?

Rabu, 20 Januari 2021 17:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Baru bergabung, Thiago Alcantara masih harus beradaptasi dengan Liverpool.

INDOSPORT.COM - Baru bergabung musim ini, Thiago Alcantara disebut tidak cocok bermain di raksasa Liga Inggris, Liverpool. Demikan klaim Dietmar Hamann.

Sebagai mantan pemain Liverpool dan Bayern Munchen, Hamann pun tergelitik untuk menyampaikan pendapatnya terkait kedatangan Thiago Alcantara ke Anfield. Akan tetapi, kata-katanya mungkin tidak akan terdengar manis di telinga suporter The Reds.

“Orang-orang jadi ramai ketika Thiago datang, tapi ada beberapa yang berkata ia hanya memperlambat segalanya dan tidak bisa bermain seperti gaya Liverpool,” ujar Hamann, seperti diberitakan laman Give Me Sport.

Baca Juga
Baca Juga

Menurut penilaian Hamann, ia sendiri belum melihat atau menemukan kecocokan antara Thiago dan The Reds. Salah satu penyebabnya adalah jumlah penampilan sang pemain yang sampai saat ini masih cukup terbatas.

Seperti diketahui, Thiago belum lama ini mengalami cedera yang mengharuskannya beristirahat sementara waktu. Tentu saja hal tersebut berimbas pada total menit bermainnya di skuat Jurgen Klopp.

Hamann pun menyebut Liverpool selama beberapa tahun terakhir memiliki gelandang yang sangat pekerja keras serta terampil. Tidak seterampil Thiago memang, tapi mereka bisa memberi bola lebih cepat kepada Sadio Mane dan Mohamed Salah.

Baca Juga
Baca Juga

Ketika duo lini depan yang hebat ini menerima bola lebih cepat di area sayap, mereka akan berlari menyerang dan bakal membuat pemain lawan kelimpungan. Pergerakan Mane dan Salah bakal sulit sekali dibendung.

“Tapi Thiago, dia jarang bermain. Dia bermain saat melawan Chelsea, di mana dia sangat unggul dengan operan-operannya di babak kedua, tapi itu melawan tim yang hanya berisikan sepuluh pemain,” jelas Hamann.

Pertandingan yang dimaksud Hamann sendiri adalah duel Chelsea vs Liverpool di ajang Liga Inggris pada bulan September, yang mana pada waktu itu Andreas Christensen diganjar kartu merah oleh wasit. 


1. Menunggu Sepak Terjang Thiago Alcantara di Liverpool

Baru bergabung, Thiago Alcantara masih harus beradaptasi dengan Liverpool.

Rasanya memang sulit membuat Dietmar Hamann terkesan dengan penampilan Thiago Alcantara. Selain pertandingan kontra Chelsea, ia juga menyoroti penampilan juniornya di Bayern Munchen tersebut saat menghadapi Newcastle United.

Menurutnya, Thiago masuk sebagai pemain cadangan dan hanya berada di lapangan selama 25 menit, sedangkan pada saat itu situasinya sudah tidak menguntungkan bagi The Magpies. Jadi, di mata Hamann, masuknya Thiago tidak terlalu berpengaruh apa-apa.

Sejatinya, Hamann tidak mempertanyakan kualitas Thiago sebagai seorang pemain. Ia adalah pesepak bola hebat dengan kemampuan serta talenta yang hebat pula, hanya saja mungkin ia tidak cocok berada di Liverpool.

Pasalnya, Liverpool sejauh ini begitu unggul ketika tidak sedang menguasai bola. Akan tetapi, ketika sekali mendapatkan possession, mereka bermain sangat cepat ke depan dan hal ini tidak sejalan dengan gaya Thiago.

Mungkin apa yang diucapkan Hamann tersebut ada benarnya namun jika dipikir kembali, Thiago memang belum banyak mendapat banyak kesempatan bermain. Baru datang saja ia sudah cedera.

Tentu akan sangat dinantikan bakal seperti apa sepak terjangnya selanjutnya bersama Liverpool. Namun untuk melihatnya, ia butuh menit bermain yang lebih banyak dan semua itu bisa didapat mulai dari sekarang.

Apalagi, penampilannya saat melawan Manchester United tempo hari bisa dibilang cukup menjanjikan di tengah seretnya serangan trio Firmino, Mane, Salah di lini depan.

Thiago memamerkan keahliannya melakukan sliding tackle untuk merebut bola dari lawan, membuka ruang, dan pastinya keahlian footwork yang luar biasa. Yang dibutuhkannya adalah pengalaman yang lebih banyak.

Asumsi Dietmar Hamann sebenarnya layak didengar karena ia mengerti seluk-beluk Liverpool dan Bayern Munchen dengan baik. Hanya saja, diperlukan bukti dari Thiago untuk mematahkan opini tersebut.

Bukan tidak mungkin seorang Thiago Alcantara nantinya bisa mengubah dinamika Liverpool, atau siapa tahu juga asumsi Hamann yang benar? Biarlah waktu yang menjawabnya. 

LiverpoolDietmar HamannThiago AlcantaraLiga Primer InggrisLiga InggrisSepak BolaBerita Liga Inggris

Berita Terkini