x

Ide Brilian Pelatih Persib Sebelum Musim Baru Liga 1 Dimulai, Apa Itu?

Rabu, 20 Januari 2021 17:25 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, saat mengunjungi Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Selasa (30/6/20).

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, melempar saran supaya PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengelar turnamen sebelum kompetisi Liga 1 2021 diselenggarakan.

Menurutnya, rencana kompetisi Liga 1 2021 yang akan digelar pada Maret 2021 tidak ideal, lantaran waktunya terlalu mepet untuk persiapan tim. Klub-klub juga akan kesulitan untuk mendatangkan pemain asing di tengah pandemi virus corona.

Baca Juga
Baca Juga

Sehingga, turnamen bisa dijadikan sebagai opsi persiapan dan membangun kelompok tim sebelum melakoni Liga 1 2021. Para pemain yang sudah lama tak merasakan atmosfer pertandingan pun bisa mendapat ajang pemanasan.

"Jika kami memulai liga di Maret itu terburu-buru lagi. Saya pikir saat ini, dengan kondisi adanya mutasi baru virus corona dan belum jelasnya kabar soal vaksin, saya lebih menyarankan untuk memulai dengan semcam turnamen," kata Robert Rene Alberts, Rabu (20/1/21).

Robert menambahkan, akhir Maret atau awal April dinilai ideal untuk menggelar turnamen pramusim. Klub-klub jadi punya waktu mempersiapkan diri dengan latihan.

Pasalnya, mayoritas klub Liga 1 sedang meliburkan aktivitas latihan lantaran belum adanya kejelasan mengenai masa depan kompetisi. 

"Dimulai pada akhir Maret atau April, bukan liga tapi turnamen. Klub bisa bersiap dan mulai mencari pemain asing. Kita tahu sekarang sulit melakukan penerbangan dari luar negeri karena adanya regulasi lockdown dari beberapa negara plus kebijakan karantina," ucapnya.

Baca Juga
Baca Juga

"Jadi coba dimulai dengan turnamen, supaya semua klub bisa memulai lagi latihan. Klub juga bisa mulai bermain di laga kompetitif sambil bersiap menghadapi liga yang sebenarnya," pungkas Robert Rene Alberts.

Sementara itu, mayoritas klub Liga 1 meminta musim 2020 dihentikan dan diganti musim baru 2021 dalam raat dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB), Jumat (15/1/21). Aspirasi tersebut selanjutnya akan dibahas oleh PSSI.

Persib BandungPSSIRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaLiga 1PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)Bola IndonesiaBerita Liga 1

Berita Terkini