x

Maguire Blunder Lagi, Ini Dia 3 Nama yang Layak Jadi Kapten Baru Manchester United

Jumat, 12 Februari 2021 12:43 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Kembali tampil buruk membuat Manchester United didesak mencopot ban kapten dari Harry Maguire. Berikut 3 nama yang dinilai layak menjadi kapten baru.

INDOSPORT.COM – Kembali tampil buruk membuat Manchester United didesak mencopot ban kapten dari Harry Maguire. Berikut 3 nama yang dinilai layak menjadi kapten baru.

Didatangkan dari Leicester City pada tahun 2019 dengan banderol 80 juta pounds (Rp1,5 triliun), Harry Maguire langsung menjadi pilihan utama di lini belakang Manchester United.

Bek Inggris itu bahkan mendapat kepercayaan besar menjadi kapten tim pada Januari 2020, ketika Setan Merah ditinggalkan oleh Ashley Young yang hijrah ke Inter Milan.

Baca Juga
Baca Juga

Meski demikian, performa Maguire yang tidak stabil dan kerapnya kesalahan yang dibuatnya, membuat ia dinilai tidak pantas memimpin skuat Setan Merah.

Terbaru, Maguire dinilai menjadi biang kerok MU ditahan imbang 3-3 oleh Everton di Liga Inggris akhir pekan lalu. Sang bek berdiri sedikit di belakang rekan-rekannya sehingga membuat sejumlah pemain The Toffees lolos dari jebakan offside yang berujung gol Dominic Calvert-Lewin di menit 90+5.

Kesalahan itu pun menimbulkan kegeraman dari mantan bintang Manchester United di era 1990-an, Paul Parker. "Harry Maguire bukan pemimpin. Dia memainkan permainannya sendiri, dia bertahan terlalu dalam, dia selalu menggiring bola dan berlari ke jalan buntu," kata Parker dilansir Daily Mail.

Baca Juga
Baca Juga

Parker menyebut Maguire juga bersalah atas kekalahan MU 1-2 dari Sheffield United beberapa waktu lalu. “Gol melawan Sheffield United, dia menempatkan David De Gea dalam posisi yang buruk, dan dia melakukan clearance buruk yang membuat orang-orang kemudian menyalahkan kiper.”

Awal musim ini, Harry Maguire sebenarnya terancam dicopot dari posisinya sebagai kapten setelah terlibat masalah dengan kepolisian Yunani pada libur musim panas. Namun, Ole Gunnar Solskjaer akhirnya memilih tetap memercayai sang bek tengah dengan jabatan tersebut.

Dengan ketatnya persaingan di Liga Inggris di mana Manchester United masih punya peluang juara, kehadiran pemimpin yang mumpuni tentu diperlukan untuk mendongkrak performa tim. Lantas, jika Ole Gunnar Solskjaer mencopot Maguire dari jabatan kapten, siapa yang layak jadi penggantinya?

Berikut 3 bintang Manchester United yang dinilai layak menjadi kapten baru:


1. Dua di Antaranya Lulusan Akademi Klub

Selebrasi gol Scott McTominay

3. Scott McTominay

Sempat kehilangan tempat di starting XI karena cedera dan harus absen 3 bulan pada akhir 2019 lalu, Scott McTominay menunjukkan mental yang kuat. Ia selalu memberikan penampilan terbaik saat dipercaya bermain. Puncaknya, ia berhasil mencetak gol di 3 laga terakhir MU secara beruntun.

Scott McTominay sendiri sempat menjadi kapten di musim ini saat melawan Watford di Piala FA. Ia membayar kepercayaan itu dengan mencetak gol tunggal, yang berbuah pujian dari Solskjaer.

“Dia punya karakter hebat. Dia datang setiap hari dan melakukan hal-hal yang tepat, menjalani hidupnya dengan benar, ingin menjadi yang terbaik, tidak takut bersikap vokal serta selalu bermain dengan kemampuan terbaik. Dia memiliki segalanya untuk jadi pemimpin.”

2. Marcus Rashford

Marcus Rashford melakukan selebrasi usai membobol gawang Leicester City.

Tak hanya menjadi andalan di lapangan hijau, Marcus Rashford terbukti juga punya jiwa pemimpin di luar lapangan terbukti lewat konsistensinya memerangi kelaparan di kalangan anak-anak yang kemudian berbuah gelar kehormatan dari Kerajaan Inggris.

Di dalam lapangan, ia pun sempat menjadi sorotan usai menyerahkan tugas sebagai algojo penalti kepada Anthony Martial saat melawan RB Leipzig di Liga Champions. Padahal, ketika itu ia di ambang hattrick. Sikap yang tidak individualistis itu menuai pujian dari eks gelandang MU, Owen Hargreaves.

"Saya rasa ia layak menjadi kapten tim Manchester United ini, karena ia memikirkan pemain lain, bukan hanya dirinya sendiri. Saya senang akan hal itu, karena generasi ini tidak individualistis," ujar Hargreaves.

1. Bruno Fernandes

Selebrasi gol Bruno Fernandes di laga Manchester United vs Liverpool di Piala FA.

Sejak didatangkan dari Sporting CP pada Januari 2020, Bruno Fernandes langsung jadi pemain paling konsisten dan menonjol di MU serta mampu mendongkrak performa tim dengan torehan 30 gol dan 20 assist dari 56 pertandingan.

Meski masih baru, ia dikenal sangat vokal di atas lapangan dan tidak sungkan menegur rekan setimnya yang membuat kesalahan.  Selain itu, Bruno Fernandes juga sudah berpengalaman menjadi kapten di Sporting CP.

Bukan tidak mungkin, dengan dipercaya sebagai kapten Manchester United, Fernandes justru makin terpacu untuk tampil lebih baik lagi yang tentu saja akan berdampak bagus bagi performa tim secara keseluruhan.

Manchester UnitedOle Gunnar SolskjaerMarcus RashfordLiga InggrisHarry MaguireBruno FernandesScott McTominayBerita Liga Inggris

Berita Terkini