x

Starting XI Mengerikan Arsenal Jika Arsene Wenger Mendapatkan Semua Pemain Incarannya

Rabu, 3 Maret 2021 15:33 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga

INDOSPORT.COM – Berikut formasi mengerikan Arsenal jika Arsene Wenger sukses mendapatkan para pemain incarannya selama 22 tahun membesut The Gunners.

Arsene Wenger dikenal sebagai salah satu manajer legendaris yang pernah dimiliki klub Liga Inggris, Arsenal. Didatangkan dari Nagoya Grampus Eight pada 1996, ia akhirnya menjadi manajer terlama The Gunners dengan durasi kepelatihan 22 tahun.

Membesut Arsenal dari September 1996 hingga Mei 2018, ia berhasil mendatangkan sejumlah gelar untuk The Gunners.

Baca Juga
Baca Juga

Pria Prancis itu menghadirkan 3 gelar Liga Inggris, dengan salah satunya diraih tanpa menelan kekalahan sekalipun sepanjang musim pada 2003/2004. Selain itu, ia juga membawa anak asuhnya memenangi 7 Piala FA dan 7 Community Shield.

Selama 22 tahun di Arsenal, Arsene Wenger diketahui pernah gagal memboyong sejumlah pemain yang belakangan menjelma menjadi bintang besar. Lantas, akan semengerikan apa starting XI The Gunners jika Wenger sukses memboyong semua buruannya? Berikut ini ulasannya:

Kiper – Gianluigi Buffon

Gianluigi Buffon dikenal sebagai salah satu kiper terbaik berkat pengalamannya bersama Juventus dan timnas Italia. Namun, ketika masih di Parma, ia pernah menolak Arsenal sebelum akhirnya pindah ke Juventus pada 2001.

“Saya ingat ketika berumur 20 tahun pada 1998, saya pernah diajak makan malam oleh Wenger dari Arsenal,” kata Gianluigi Buffon kepada BT Sport pada 2016.

Bek – Gerard Pique

Ketika mendatangkan Cesc Fabregas dari Barcelona, Wenger mengaku mencoba memasukkan Gerard Pique ke dalam kesepakatan. Namun, pada akhirnya ia hanya berhasil memboyong Fabregas dan Pique akhirnya memilih ke MU.

Baca Juga
Baca Juga

Bek – Raphael Varane

Mendatangkan pemain berbakat dari Prancis adalah kekhasan Wenger. Namun, sang manajer gagal memboyong Raphael Varane dari Lille sebelum akhirnya bersinar bersama Real Madrid. “Saat itu dia masih di Lens, dan kami bisa saja memboyongnya dari sana,” kata Wenger kepada Eurosport.

Bek – Vincent Kompany

Pada tahun 2006, Arsenal sempat menjadikan Vincent Kompany kandidat terkuat pengganti Sol Campbell. Namun, Kompany memilih bergabung dengan Hamburg SV sebelum kemudian pindah ke Manchester City.

“Saya mengadakan pertemuan dengan Emilio Butragueno di Real Madrid, petinggi  Barcelona, dan Arsene Wenger sendiri di Arsenal,” kata agen Kompany, Jacques Lichtenstein pada 2014.


1. Lini Tengah dan Depan

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo bisa saja bermain bersama Arsenal di bawah asuhan Arsene Wenger.

Tengah – Claude Makelele

Claude Makelele menjadi pemain kunci Chelsea saat memenangi Liga Inggris di era Jose Mourinho. Namun, ia nyaris bergabung dengan The Gunners pada 1996.

“Claude Makelele hampir menandatangani kontrak dengan kami," kata Wenger kepada Independent pada 2006. “Dia seharusnya datang tepat setelah Vieira, Agustus 1996. Saat itu dia masih di Nantes. "

Tengah – Ronaldinho

Arsenal pernah mendekati Ronaldinho sebelum sang bintang bergabung dengan PSG. Namun, pendekatan itu gagal karena sang bintang tidak mendapatkan izin kerja untuk masuk ke Inggris.

“Kami bisa mendapatkan Ronaldinho sebelum dia pergi ke PSG,” kata Wenger kepada Sky Sports pada 2005. “Tapi kami tidak bisa membawanya ke Inggris karena peraturan di sini.”

Tengah – Yaya Toure

Yaya Toure memilih bergabung klub Ukraina, Metalurh Donetsk meski sempat ikut berlatih di Arsneal dan tampil di laga pramusim.

“Dia menjadi yang teratas (dari daftar penyesalan saya),” kata Wenger pada 2014. “Yaya Toure memiliki kesepakatan dengan kami, dan dia pergi ke Ukraina bukan karena kami tidak ingin merekrutnya.”

Depan – Lionel Messi

Arsenal diketahui sempat ingin membajak Lionel Messi dari La Masia. Namun ketika itu Barcelona tak mau menjualnya dan sang pemain juga tidak ingin pindah. “Saya pikir dia tidak begitu tertarik untuk pindah. Dia merasa nyaman di Barcelona,” kata Wenger pada tahun 2014 silam.

Depan – Kylian Mbappe

Kylian Mbappe menjadi salah satu pemain paling diburu saat ini. Arsene Wenger tidak luput memburu bakatnya dan sempat mendekatinya ketika kontrak Mbappe di Monaco hampir berakhir.

Saya berada di rumahnya ketika dia ragu-ragu apakah akan memperpanjang kontraknya dengan Monaco,” kata Wenger kepada beIN Sports. “Dia bisa saja datang ke Arsenal dengan gratis.”

Depan – Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic diketahui menjadi incaran Arsenal. Namun, bintang Swedia ini menolak tawaran dari London karena Wenger memintanya untuk menjalani trial lebih dulu sebelum direkrut.

Depan – Cristiano Ronaldo

“Pemain yang jelas kami lewatkan adalah Cristiano Ronaldo,” kata Wenger di situs resmi Arsenal pada 2018. “Dia di sini bersama ibunya dan kami sangat dekat.”

“Kemudian Man United datang dan mereka memiliki Carlos Queiroz pada saat itu, yang merupakan pelatih mereka. United bermain melawan Sporting Lisbon dan Ronaldo luar biasa lalu mereka mengontraknya.”

Starting XI Pemain yang Gagal Diboyong Arsene Wenger ke Arsenal

Buffon; Pique, Kompany, Varane; Makelele, Ronaldinho, Toure; Ronaldo, Mbappe, Ibrahimovic, Messi.

Cristiano RonaldoArsenalArsene WengerLionel MessiYaya ToureZlatan IbrahimovicGianluigi BuffonGerard PiqueRaphael VaraneLiga InggrisKylian MbappeBerita Liga Inggris

Berita Terkini