x

Bedah Formasi Menjanjikan AC Milan Jika Jadi Dilatih Marcelino Garcia

Sabtu, 6 Maret 2021 10:12 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Bedah formasi menjanjikan klub Liga Italia, AC Milan, apabila dilatih oleh pelatih asal Spanyol, Marcelino Garcia Toral.

INDOSPORT.COM - Bedah formasi menjanjikan klub Liga Italia, AC Milan, apabila dilatih oleh pelatih asal Spanyol, Marcelino Garcia Toral

Posisi Stefano Pioli tengah terdesak, sejumlah nama juru taktik pun menghiasai bursa pelatih anyar klub Liga Italia, AC Milan. 

AC Milan harus menelan pil pahit saat menjamu Udinese dalam lanjutan pekan ke-25 Serie A Liga Italia di Stadion San Siro, Kamis (04/03/21) dini hari WIB. Dalam laga tersebut, Rossoneri harus rela bermain imbang 1-1. 

Dengan hasil imbang ini, AC Milan gagal memepet Inter Milan di puncak klasemen. Tambahan satu angka membuat perolehan poin AC Milan menjadi 53 berselisih tiga poin dari Inter yang belum memainkan laga pekan ke-25. 

Baca Juga
Baca Juga

Performa AC Milan di awal tahun 2021 ini memang sangat kontras dengan apa yang mereka tunjukkan pada tahun 2020 lalu. Pada putaran pertama mereka tampil terkalahkan dan menjadi juara paruh musim. 

Sorotan tajam pun mengarah kepada Stefano Pioli. Tampak bahwa formasi dan strategi Pioli tak lagi ampuh untuk Milan. Lawan kini begitu mudah untuk menembus pertahanan Milan dan mencetak gol. 

Meski target Milan musim ini adalah lolos ke Liga Champions, namun hasil jeblok yang didapat Milan di bawah asuhan Stefano Pioli pada 2021 menjadi semacam sinyal tanda bahaya bagi manajemen. 

Para petinggi AC Milan pun diyakini bakal mulai memikirkan nama-nama calon pengganti Pioli untuk musim depan. Salah satu nama yang muncul dalam daftar itu adalah Marcelino Garcia Toral. 

Juru taktik asal Spanyol, Marcelino Garcia Toral, digadang-gadang jadi incaran Milan berikutnya. Eks pelatih Valencia ini sebetulnya bukan nama baru dalam bursa calon pelatih Milan. 

Negosiasi yang tak kunjung rampung antara Ralf Rangnick dengan AC Milan pada musim lalu kemudian sempat memunculkan nama alternatif pelatih baru, Marcelino Garcia.  

Baca Juga
Baca Juga

Kini setelah hampir dua musim berselang, nama Marcelino Garcia kembali masuk ke dalam bursa pelatih Milan. Sebab, dengan usia dan rekam jejak yang dimilikinya, ia sangat ideal untuk melatih tim muda AC Milan. 

Lalu, bakal seperti apa wajah AC Milan di tangan Marcelino Garcia? Berikut ulasannya. 


1. Bedah Formasi AC Milan di Bawah Marcelino Garcia

Bedah formasi menjanjikan klub Liga Italia, AC Milan, apabila dilatih oleh pelatih asal Spanyol, Marcelino Garcia Toral.

Marcelino Garcia semakin dikenal saat menjadi pelatih klub papan atas LaLiga Spanyol, Valencia. Selama dua musim memegang Valencia (2017-2019), Marcelino sukses mengembalikan tim ke jajaran papan atas. 

Pada akhir musim 2017-2018 Marcelino membawa Valencia finis di peringkat empat klasemen akhir dan berhak atas tiket kompetisi Liga Champions Eropa. 

Pada musim 2018-2019, Marcelino berhasil mempersembahkan trofi Copa del Rey untuk El Che setelah mengalahkan Barcelona di final dengan skor 2-1. Di LaLiga, Valencia kembali finis di posisi keempat. 

Marcelino Garcia saat ini menjabat sebagai pelatih Athletic Bilbao. Teranyar, ia membawa Bilbao menjuarai Piala Super Spanyol. Kemampuan pelatih 55 tahun ini diyakini menghadirkan trofi untuk AC Milan

Marcelino Garcia merupakan pelatih yang identik dengan formasi 4-4-2. Ia begitu konsisten dalam memasang duet striker di lini depan. 

Marcelino menyukai dua gelandang sentral yang kokoh dalam formasinya. Lalu disokong oleh dua bek sayap yang siap menghidupkan lini sayap. 

Kemungkinan besar, jika jadi melatih Milan, formasi 4-4-2 akan tetap dipilih oleh Marcelino Garcia. Meski berbeda dari skema 4-2-3-1 milik Stefano Pioli, namun formasi 4-4-2 sebetulnya begitu cocok dengan skuad Milan saat ini. 

Di bawah Pioli, AC Milan juga menggunakan dua gelandang bertahan di lini tengah. Cara ini juga dianut oleh Marcelino Garcia meski dengan penerapan yang sedikit berbeda. 

Skuad AC Milan saat ini dipenuhi oleh banyak gelandang berkarekter kuat. Untuk itu, duet Franck Kessie-Ismael Bennacer/Sandro Tonali tetap bisa eksis di bawah Marcelino. 

Lalu, kekuatan lini sayap Milan yang digawangi oleh Theo Hernandez (kiri) dan Davide Calabria (kanan) juga tetap bisa dipertahankan. Sebab, Marcelino Garcia juga penganut sistem empat bek dengan masing-masing bek sayap di dua flank. 

Perubahan cukup signifikan terjadi di area lebih ke depan. AC Milan tak lagi memakai gelandang serang tengah. Sebagai gantinya, Milan akan menempatkan dua gelandang tambahan untuk mengapit gelandang bertahan. 

Lalu, kerja para pemain di lini tengah dan sayap akan bermuara pada duet striker di lini depan. Perubahan utama adalah adanya duet striker. 

Jika selama Milan mengandalkan Ibrahimovic seorang diri, maka di bawah Marcelino Garcia akan ada duet yang menemani Ibra atau striker mana pun yang dipasang nantinya. 

Dengan begitu, Milan mau tidak mau harus belanja pemain baru. Sebab, saat ini hanya Ibrahimovic dan Mandzukic saja yang memiliki kemampuan alami sebagai striker murni. Dengan fakta usia kedua pemain tak lagi muda, sangat mungkin bagi AC Milan menghadirkan striker baru di lini depan. 

Layak untuk dinantikan bakal seperti apa kekuatan AC Milan di era Marcelino Garcia. Di atas kertas, Marcelino Garcia memiliki modal untuk membawa raksasa Liga Italia, AC Milan, kepada kejayaan. Meski begitu, dibutuhkan waktu yang tak sedikit untuk mewujudkan hal itu.

AC MilanStefano PioliMarcelino Garcia ToralLiga ItaliaBerita Liga Italia

Berita Terkini