x

Usai Final Piala Menpora, PSSI Agendakan Pramusim untuk Klub Liga 2

Minggu, 7 Maret 2021 16:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan pihaknya dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) tengah menggodok skema untuk pramusim klub Liga 2.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan pihaknya dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) tengah menggodok skema untuk pramusim klub Liga 2.

Jika tak ada halangan, rencananya turnamen itu dilakukan usai gelaran Piala Menpora 2021 atau antara bulan April/Mei mendatang.

PSSI pun mencoba menampung aspirasi klub Liga 2 yang juga menginginkan agenda pramusim sebagai persiapan sebelum kompetisi.

Baca Juga
Baca Juga

Pasalnya, di Piala Menpora 2021, pesertanya hanya berasal dari Liga 1 (sebelumnya ada PSMS Medan dan Sriwijaya FC namun dibatalkan).

"Pramusim buat Liga 2 sedang kita kaji. Tunggu, lihat situasi karena ini juga sedang kami diskusikan karena untuk Liga 1 saja empat kota jadi Liga 2 mungkin lebih," kata Iwan Bule, sapaan Mochamad Iriawan.

"Sudah banyak yang nanya juga dan kami juga ingin biar semarak. Tapi kami koordinasi dulu, sedang dalam kajian LIB. Kalau Piala Menpora selesai dan berjalan lancar, bisa saja karena ada waktu buat pemanasan sebelum kick off Liga 2," sambungnya.


1. Turnamen Pramusim untuk Liga 2

Beberapa klub Liga 2 telah mengajukan permintaan untuk turnamen pramusim.

Beberapa klub Liga 2 seperti Persiba Balikpapan, Perserang pun telah mengajukan permintaan agar ada turnamen pramusim untuk para klub kasta kedua. Mereka ingin para pemainnya juga punya kesempatan bertanding setelah vakum setahun terakhir.

Sementara itu, Direktur Operasional LIB, Sujarno  menjelaskan bahwa pihaknya sedang menyiapkan konsep turnamen dan semuanya berdasarkan persetujuan PSSI. Jika disetujui, kemungkinan klub Liga 2 pun nantinya akan menjalani turnamen pramusim.

"Sekarang konsepnya seperti ini dan kami matangkan bersama PSSI dan tunggu izin. Kami akan koordinasi lagi, kami hanya menawarkan dan PSSI yang memutuskan," jelas Sudjarno.

Sebelum memastikan ada turnamen pramusim untuk klub Liga 2, PSSI sangat berharap Piala Menpora 2021 berjalan lancar.

Pasalnya, jika nanti ternyata ada kendala atau kompetisi berjalan tak sesuai kesepakatan, pihak Kepolisian bisa mencabut izin yang diberikan dan hal itu bakal berefek pada izin kompetisi Liga 1,2 dan 3. 

PSSILiga IndonesiaPiala MenporaLiga 2Bola IndonesiaMochamad IriawanBerita Liga 2

Berita Terkini