x

Anthony Elanga, Calon Debutan Terbaru Manchester United Saat Hadapi Granada di Liga Europa

Kamis, 8 April 2021 13:25 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Ole Gunnar Solskjaer secara mengejutkan memasukkan Anthony Elanga ke skuat Manchester United melawan Granada di Liga Europa dan siap memberi kesempatan debut.

INDOSPORT.COM – Ole Gunnar Solskjaer secara mengejutkan memasukkan Anthony Elanga ke skuat Manchester United melawan Granada di Liga Europa dan siap memberi kesempatan debut.

Manchester United kembali melanjutkan misi mereka menjuarai Liga Europa musim ini. Jumat (09/04/21) dini hari nanti tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer akan menghadapi tuan rumah Granada di leg pertama babak perempat final.

Menghadapi laga ini, MU tengah dalam performa yang naik turun. Usai sukses menundukkan Manchester City, Setan Merah meraih 3 kemenangan dan masing-masing 1 seri serta 1 kalah dalam 5 laga terakhir di semua kompetisi.

Baca Juga
Baca Juga

Di sisi lain, Granada juga dalam performa yang tak memuaskan dengan selalu kalah dalam 3 pertandingan terakhir di semua kompetisi. Tim berjuluk Nazaries itu pun terdampar di posisi 9 LaLiga Spanyol.

Jelang laga ini, Manchester United mendapatkan kabar buruk. Penyerang Anthony Martial mengalami cedera lutut yang mengharuskannya absen cukup lama. Ole Gunnar Solskjaer bahkan menyebut bintang Prancis itu berpeluang absen hingga akhir musim ini.

Guna mengatasi ketiadaan Martial, ditambah masih diragukannya kondisi Marcus Rashford, Solskjaer membuat keputusan mengejutkan. Ia memasukkan nama Anthony Elanga ke dalam daftar pemain yang dibawa ke markas Granada.

Baca Juga
Baca Juga

Sang manajer pun memastikan winger muda berusia 18 tahun itu akan berada di bangku cadangan, saat Manchester United menghadapi Granada di Liga Europa dini hari nanti.

“Anthony akan berada di dalam skuat, dia akan duduk di bangku cadangan,” ungkap Solskjaer seperti dilansir Sportsmole.“Dia tampil memukau saat berlatih bersama kami.”

Jika benar-benar diturunkan oleh Ole Gunnar Solskjaer saat menghadapi Granada, laga Liga Europa dini hari nanti pun akan menjadi debut Anthony Elanga di skuat senior Manchester United.


1. Putra Mantan Anggota Timnas Kamerun, tapi Berkewarganegaraan Swedia

Anthony Elanga, wonderkid Manchester United.

Lahir di Hyllie, Swedia, pada 27 April 2002, bakat sepak bola Anthony Elanga berasal dari sang ayah, Joseph Elanga, yang merupakan anggota skuat timnas Kamerun di Piala Dunia 1998 di Prancis.

Ketika keluarganya pindah ke Inggris, bakatnya tercium pemandu bakat Manchester United yang kemudian merekrutnya pada usia 12 tahun.

Bakat besarnya membuat Anthony yang memegang paspor Swedia tampil menonjol di tim junior Manchester United. Ia pun kini sudah menembus tim U-23 meski baru berusia 18 tahun. 

Sempat mengalami cedera tulang selangka yang mengharuskannya absen beberapa bulan, Elanga berhasil bangkit dan  kini sudah mencetak 8 gol dan 3 assist dari 16 laga untuk Manchester United U-23 musim ini.

Musim lalu, penampilannya bahkan membuahkan penghargaan Jimmy Murphy Player of The Year yang juga pernah diterima oleh nama-nama seperti Ryan Giggis, Paul Scholes, hingga Marcus Rashford.

Berposisi natural sebagai sayap kiri, Elanga juga dikenal bisa berperan sebagai penyerang tengah. Bek legendaris MU, Gary Nevilla, bahkan menyamakannya dengan Thierry Henry usai menyaksikan langsung aksi Elanga di tim U-23.

Di sisi lain, Elanga sendiri pernah menyampaikan harapannya mengikuti jejak Rashford dan Mason Greenwood.

“Jika Anda melihat Mason dan Rashford, ada jalur yang jelas. Itu menunjukkan jika Anda siap bekerja keras di sesi latihan, jalur untuk Anda akan tersedia,” katanya seperti dilansir The Sun.

“Kami punya manajer dalam diri Ole Gunnar Solskjaer yang percaya pada pemain muda, jadi jalur itu ada di sana dan saya hanya perlu bekerja keras.”

Di sisi lain, Solskjaer pun menyampaikan pujian saat mengumumkan masuknya nama Elanga ke dalam skuat menghadapi Granada.

“Dia punya faktor X. Dia punya akselerasi, kecepatan, hal-hal yang dibutuhkan pemain sayap. Dan dia punya sikap yang saya sukai,” ungkap Solskjaer.

“Dia pemain sayap yang jago mencetak gol. Dia percaya diri, dia suka menaklukkan bek lawan, dia punya kaki kanan dan kiri yang sama baiknya. Dia tidak berada di bangku cadangan hanya demi mendapatkan pengalaman. Dia siap bermain jika memang diperlukan,” lanjutnya.

Dengan ketiadaan Rashford dan Martial, dan fakta bahwa Solskjaer menaruh harapan besar padanya serta penampilan apiknya di tim U-23, bukan tidak mungkin Anthony Elanga akan menjalani debut untuk Manchester United saat menghadapi Granada dini hari nanti.

Pemuda berpaspor Swedia ini pun berpeluang menjadi bintang andalan Manchester United di masa depan, jika bisa terus meningkatkan performanya dan mempertahankan etos kerjanya.

Manchester UnitedLiga EuropaOle Gunnar SolskjaerGranadaLiga InggrisBerita Liga InggrisBerita Liga Europa

Berita Terkini