x

Manchester United Gabung Liga Super Eropa, Alex Ferguson Ngamuk

Senin, 19 April 2021 10:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
Bahkan Ferguson saja tak akan bisa selamatkan Man United musim ini.

INDOSPORT.COM – Mantan pelatih legendaris, Sir Alex Ferguson menanggapi dengan keras terkait keterlibatan Manchester United di kompetisi Liga Super Eropa yang masih menjadi kontroversi.

Enam tim papan atas Liga Inggris, Manchester United, Liverpool, Manchester City, Arsenal, Tottenham Hotspur dan Chelsea menandatangani  kesepakatan untuk berniat tampil di Liga Super Eropa.

Baca Juga
Baca Juga

Terkait dengan hal tersebut, wakil bos Manchester United, Joel Glazer, bahkan sudah bersuara dan menyatakan bahwa Liga Super Eropa bisa menjadi babak baru untuk sepakbola.

“Dengan menyatukan klub dan pemain terhebat di dunia untuk bermain satu sama lain sepanjang musim, Liga Super akan membuka babak baru untuk sepakbola Eropa,” kata Joel Glazer dalam keterangan pers, dilansir dari  laman resmi Man United.

“Kompetisi ini memastikan kompetisi dan fasilitas kelas dunia, dan meningkatkan dukungan finansial untuk piramida sepakbola yang lebih luas," lanjutnya.

Proposal Liga Super Eropa ini sejatinya masih mendapatkan kecaman secara luas. Pihak Liga Inggris, FA, UEFA bahkan pemerintah Inggris sudah menyatakan menentang gagasan tersebut.

Masalah ini rupanya sampai ditelinga Sir Alex Ferguson. Ditanyai soal pendapatnya, pria berusia 79 tahun itu mengatakan bahwa Liga Super Eropa bisa menghancurkan sejarah sepak bola klub di Eropa dan menghancurkan persaingan dalam kompetisi Inggris.

“Pembicaraan European Super League adalah langkah menjauh dari 70 tahun sepak bola klub Eropa,” ucap Ferguson kepada Reuters, dilansir dari Sport Mirror.

Lebih lanjut, Ferguson menilai Liga Champions adalah kompetisi yang terbaik saat ini. Bersama Manchester United, ia pernah merasakan dua gelar juara Liga Champions.

"Saat saya di United, kami bermain pada empat final Liga Champions dan itu selalu menjadi malam yang paling spesial," imbuh Ferguson.

Baca Juga
Baca Juga

"Saya tidak yakin apakah Manchester United terlibat dalam hal ini, karena saya bukan bagian dari proses pengambilan keputusan," tandasnya.

Gagasan Liga Super Eropa diduga diprakarsai oleh Andrea Agnelli selaku presiden Juventus. Ide tersebut nyatanya diterima oleh sebagian besar klub-klub elit Eropa lainnya.


1. Ada 12 Tim yang Sepakat Ikut Liga Super Eropa

Logo Liga Super Eropa

Teranyar, secara serentak 12 tim elit Eropa mendeklarasikan bergabung dan siap menggelar Liga Super Eropa dalam waktu yang belum ditentukan.

Selain keenam tim Liga Inggris di atas, enam klub lainnya dari Spanyol dan Italia, yakni Real Madrid, Juventus, Barcelona, Atletico Madrid, Inter Milan, dan AC Milan.

Dengan format Liga Super Eropa akan menghadirkan 20 tim yang berkompetisi, maka kini tinggal menunggu 8 klub lainnya untuk sepakat agar turnamen ini bisa segera diselenggarakan pada Agustus 2021 mendatang.

Namun, diketahui pula bahwa klub-klub di Bundesliga Jerman sudah menyatakan menolak ikut serta. Peserta di Ligue 1 Prancis juga ikut menolak berpartisipasi.

Manchester UnitedUEFASir Alex FergusonLiga Super EropaBola Internasional

Berita Terkini