x

4 Fakta di Balik Hasil Imbang Liverpool vs Leeds: The Reds Hobi Batal Menang

Selasa, 20 April 2021 07:28 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga

INDOSPORT.COM – Berikut 4 fakta di balik hasil imbang Leeds vs Liverpool di Liga Inggris, Selasa (20/04/21), termasuk kebiasaan The Reds batal menang usai unggul lebih dulu.

Liga Inggris kini tengah menggelar lanjutan pekan ke-32. Selasa (20/04/21) dini hari digelar satu laga yang mempertemukan Leeds United vs Liverpool, di Stadion Elland Road.

Tertahan di peringkat 6 klasemen sementara meski berstatus juara bertahan, The Reds asuhan Jurgen Klopp membidik kemenangan. Raihan 3 angka dari Leeds akan membawa mereka naik ke peringkat 5 menggusur Chelsea. Sementara itu, bagi Leeds, kemenangan akan mengangkat mereka ke posisi 9.

Baca Juga
Baca Juga

Jurgen Klopp membuat kejutan di susunan pemain Liverpool dengan memarkir Mohamed Salah, dan memasang trio Sadio Mane, Roberto Firmino, dan Diogo Jota di lini depan. Di kubu Leeds, Marcelo Bielsa seperti biasa mengandalkan Patrick Bamford didukung Stuart Dallas dan Jack Harrison.

Tampil tanpa Salah, Liverpool sempat kesulitan menembus pertahanan Leeds United. Namun, kebuntuan akhirnya pecah di menit ke-31.

Lolos dari jebakan offiside untuk menerima umpan panjang Diogo Jota, bek kanan Trent Alexander-Arnold sukses mengecoh kiper Illan Meslier, kemudian memberikan umpan matang kepada Sadio Mane. Mane pun dengan mudah mencetak gol ke gawang kosong.

Keunggulan Liverpool bertahan hingga menit-menit akhir laga dan mereka pun seolah akan memenangi laga ini. Namun, di menit ke-87 petaka terjadi.

Baca Juga
Baca Juga

Diego Llorente sukses mengalahkan Ozan Kabak untuk menyambar sepak pojok Jack Harrison dengan sundulan yang tak bisa diantisipasi oleh Alisson Becker. Skor pun berubah menjadi 1-1.

Liverpool coba kembali mencetak gol di menit-menit yang tersisa, namun hingga wasit meniup peluit panjang, skor tetap tidak berubah. Hasil ini pun membuat The Reds tetap tertahan di peringkat 6 Liga Inggris, tertinggal 1 poin dari Chelsea yang ada di posisi 5.

Di sisi lain, sejumlah fakta menarik tercipta di laga ini, termasuk kebiasaan Liverpool kehilangan poin. Apa saja fakta-fakta? Berikut ini ulasannya:


1. Hobi Buruk The Reds

Sadio Mane melakukan selebrasi setelah mencetak gol

1. The Reds Sedang Hobi Batal Menang

Liverpool kini menjadi tim yang sering kehilangan poin. Dilansir Opta, The Reds musim ini tercatat sudah kehilangan 13 poin dalam suatu laga Liga Inggris, setelah lebih dulu unggul dari lawan.

Jumlah 13 poin bahkan sudah melebihi kombinasi poin yang lepas dari genggaman Liverpool dalam dua musim sebelumnya. Di musim 2019/2020 Mohamed Salah dkk hanya kehilangan 5 poin, sedangkan di musim 2018/2019 mereka kehilangan 6 poin.

2. Puasa Sadio Mane Berakhir

Gol Sadio Mane ke gawang Leeds United mengakhiri puasa golnya di Liga Inggris musim ini yang sudah berjalan 9 laga. Bintang Senegal itu terakhir menjebol gawang lawang di liga domestik ketika The Reds mengalahkan Liverpool 3-1 pada Januari lalu.

Menariknya, mayoritas gol Sadio Mane di Liga Inggris musim ini (6 dari 8), tercipta di kandang lawan.

3. Leeds United Capai 100 Gol

Hasil imbang 1-1 melawan Liverpool membuat Leeds United kini sudah mencetak 50 gol dan kebobolan 50 gol di Liga Inggris. Hasil ini membuat mereka menjadi tim pertama yang terlibat dalam 100 gol atau lebih musim ini.

Dengan 32 pertandingan yang sudah dijalani, The Whites juga menjadi tim kedua tercepat yang mencapai raihan itu, hanya kalah dari Tottenham Hotspur pada 2007/2008 (30 laga).

4. Kesaktian The Reds di Elland Road

Leeds United hanya bisa 1 kali mengalahkan Liverpool dalam 11 pertandingan terakhir di kandang sendiri. Momen itu terjadi pada November 2000 ketika mereka membekap The Reds 4-3 lewat quattrick Mark Viduka.

5. Alexander-Arnold Raja Assist

Sejak awal musim lalu, Trent Alexander-Arnold kini telah mencetak 18 assist di Liga Inggris. Jumlah itu menjadi jumlah assist terbanyak seorang bek dalam periode tersebut, mengungguli Andy Robertson (17) dan Lucas Digne (13).

LiverpoolLeeds UnitedSadio ManeLiga InggrisTrent Alexander-ArnoldBerita Liga Inggris

Berita Terkini