x

Duel Antarlini Persija vs Persib di Final Piala Menpora: Perang 2 Bintang Naturalisasi

Kamis, 22 April 2021 10:05 WIB
Editor: Coro Mountana
Ezra Walian dan Marc Klok

INDOSPORT.COM - Persija Jakarta bakal berperang dengan Persib Bandung di final Piala Menpora 2021 di mana duel antarlininya akan mempertemukan 2 bintang naturalisasi.

Tak terasa, kita sudah sampai pada babak final Piala Menpora 2021. Setelah sekitar sebulan, pagelaran Piala Menpora dilangsungkan, akhirnya kita menemukan 2 tim terkuat yang bertahan hingga babak final yaitu Persija dan Persib.

Duel bertajuk El Clasico pun langsung menjadi tajuk pemberitaan sejumlah berita dalam negeri dalam menyambut final Piala Menpora kali ini. Memang bisa dikatakan kalau final Persija vs Persib merupakan salah satu pertandingan paling ideal dan dinantikan.

Baca Juga
Baca Juga

Soalnya Persija dan Persib sama-sama diperkuat pemain bintang di antarlininya. Sehingga itu akan membuat duel Persija vs Persib bakal menjadi perang bintang antar dua tim yang akan berserteru di babak final.

Semakin memanjakan, The Jak, Bobotoh dan penonton netral, karena final Persija vs Persib di Piala Menpora itu bakal dilangsungkan dalam 2 leg. Itu artinya sedikitnya bakal ada 180 menit bagi kita untuk dimanjakan aksi-aksi berkelas dari deretan bintang Persija dan Persib.

Baca Juga
Baca Juga

Jelang leg pertama babak final pada malam ini, rasanya menarik untuk melihat duel antarlini yang bakal terjadi antara Persija vs Persib. Di mana, perang 2 bintang naturalisasi Indonesia antara Marc Klok di Persija dan Ezra Walian di Persib sepertinya bakal jadi pusat perhatian.


1. Persija Jakarta

Ezra Walian dan Marc Klok

Bagi pengamat kondang sepak bola tanah air, Binder Singh, duel antara Persija vs Persib bakal berjalan sangat alot. Secara khusus Binder Singh memuji peforma pertahanan Persija Jakarta yang clean sheets sepanjang fase gugur sejak 8 besar hingga semifinal.

Padahal di fase grup, Persija Jakarta hanya bisa clean sheets di satu laga saja, tapi sepertinya pelatih Sudirman sudah berhasil menemukan solusi untuk memperbaiki lini pertahanan. Tapi Binder Singh melihat ada titik lemah yang belum bisa diselesaikan Sudirman.

“Yang saya perhatikan, bagi Persija di lini tengah untuk merebut bola bisa, mereka lakukan pressing tinggi, (Marc) Klok bagus naik turun, tapi untuk kreativitas bagaimana?,” begitu analisis Binder Singh, secara ekslusif kepada INDOSPORT.

Sebenarnya, masalah kreatifitas, Persija selama ini terbiasa mengandalkan serangan dari sisi sayap, tapi masalahnya jika deadlock, maka Marko Simic juga jadi tak bisa dapat suplai bola. Hal itu juga yang membuat Persija hanya bisa cetak 1 gol dalam 3 laga terakhir.

Dibutuhkan suplai kreatifitas dari second line dan itu akan menjadi tugas krusial bagi seorang Marc Klok. Kesimpulannya, Binder Singh melihat kalau pertahanan Persija sangat solid, tapi minimnya kreatifitas dari tengah sepertiya bisa menghambat tim untuk cetak gol banyak.

Persib Bandung

Di sisi lain, Binder Singh justru melihat kalau Persib Bandung sedikit mengalami masalah di lini pertahanan, berbeda dengan Persija. Memang kalau dari data, Persib Bandung selalu kebobolan di setiap laga Piala Menpora sejak fase grup.

“Defence Persib walaupun ada 2 pemain tangguh masih bisa terus diberikan tekanan, lawan masih bisa melakukan penetrasi, benar kan? Nah kenapa itu? Karena 2 full back yang lebih sering maju, kalau diperhatikan banyak gol (kebobolan) berasal dari crossing,” lanjutnya.

Koordinasi untuk bertahan terutama dalam situasi set piece juga menjadi titik lemah. Beruntung bagi Persib karena mereka memiliki dua kiper tangguh, I Made Wirawan dan Teja Paku Alam yang mampu menutupi kurang terorganisirnya lini belakang.

Menariknya, Persib Bandung seperti benar-benar kebalikannya dari Persija, soalnya Binder Singh melihat kalau lini tengah dan serangan skuad asuhan Robert Rene Alberts sangat menakutkan. Transisi dari bertahan ke menyerang sangat cepat.

Hanya membutuhkan 2 sampai 3 kali passing saja, Persib Bandung sudah bisa menciptakan peluang emas. Frets Butuan, Ezra Walian dan Wander Luiz adalah kunci bagaimana transisi cepat bisa dilakukan oleh Persib Bandung.

Marc Klok vs Ezra Walian

Bicara soal pemain kunci yang bisa menjadi game changer, secara khusus Binder Singh mengganggap peran 2 bintang naturalisasi dari Persija dan Persib bakal jadi kunci. Marc Klok di Persija misalnya, beban yang ia pikul sebagai penyeimbang bakal menjadi sangat krusial.

Soalnya jika seandainya Simic bersama dua penyerang sayapnya dimatikan, Persija praktis harus berharap pada second line yang menjadi tanggung jawab Klok. Sedangkan Persib, ketimbang Wander Luiz, peran Ezra Walian terlihat lebih mengerikan.

Soalnya Wander Luiz dalam beberapa laga terakhir tampak terlihat hanya sebagai decoy saja sehingga Ezra Walian ini yang akan bertindak menjadi fox in the box.

Pada akhirnya duel Persija vs Persib di final Piala Menpora bakal sangat ditentukan bagaimana peforma deretan pemain yang dimiliki terutama 2 bintang naturalisasi mereka, Marc Klok vs Ezra Walian.

Persib BandungPersija JakartaNaturalisasiIn Depth SportsPiala MenporaEzra WalianMarc KlokFeatureBinder Singh

Berita Terkini