☰
x

Bedah Formasi Mengerikan Real Madrid Usai Resmi Kedatangan David Alaba

Jumat, 23 April 2021 14:05 WIB
Editor: Coro Mountana
David Alaba, bek kiri Bayern Munchen

INDOSPORT.COM - Real Madrid baru saja meresmikan kedatangan amunisi baru di lini pertahanan yaitu David Alaba, bagaimana sekiranya formasi yang bakal dibentuk?

Teka-teki masa depan David Alaba di Bayern Munchen akhirnya terjawab sudah. Pemain asal Austria itu dikabarkan sepakat bergabung dengan Real Madrid.

Dilansir dari Sky Sports, Real Madrid tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk mendaratkan Alaba ke Santiago Bernabeu saat jendela bursa transfer musim panas dibuka.

Baca Juga
Baca Juga

Sebab, kontrak bek sayap berusia 28 tahun itu sudah berakhir di Bayern Munchen akhir musim ini, sehingga dirinya bisa pergi dengan bebas transfer atau gratis. Keberhasilan Real Madrid mendapatkan Alaba rasanya harus dirayakan oleh tim.

Soalnya Alaba sebenarnya diincar banyak klub raksasa Eropa, tapi sepertinya Real Madrid berhasil memenangkan persaingan untuk mendatangkannya. David Alaba sendiri bukanlah pemain sembarangan, pengalamannya bersama Bayern Munchen sangat banyak.

Apalagi, kemampuannya yang bisa bermain di berbagai posisi, seperti bek sayap kiri, bek tengah, gelandang tengah, gelandang bertahan, sayap kanan hingga sayap kiri. Tak pelak, mendapatkan Alaba bisa dikatakan merupakan kemenangan bagi Real Madrid.

Baca Juga
Baca Juga

Memiliki pemain serba bisa tentu akan menambah kekuatan Real Madrid karena akan mudah melakukan rotasi pemain. Atas dasar itu, sekiranya formasi apa yang bakal dipakai Real Madrid begitu David Alaba gabung pada musim depan?


1. Sebagai Bek Tengah

David Alaba (tengah) sumringah usai mencetak gol dalam laga Bayer Leverkusen vs Bayern Munchen di final DFB Pokal 2019-20, Minggu (05/07/20).

Entah kebetulan atau tidak, bek inti sekaligus kapten, Sergio Ramos sepertinya bakal segera menuju ke ambang pintu keluar Real Madrid. Soalnya, Real Madrid hingga saat ini masih menemui jalan buntu dalam negosiasi perpanjangan kontrak dengan Ramos.

Sebenarnya Real Madrid ingin Ramos bertahan, tapi kesulitan finansial sepertinya bakal jadi rintangan untuk merealisasikan keinginan tersebut. Tapi jika seandainya gagal memertahankan Ramos, seharusnya Alaba bisa mengisi pos yang kosong tersebut.

Saat mengantarkan Bayern Munchen jadi juara Liga Champions musim lalu, Alaba bermain sebagai bek tengah dan ia sangat sukses. Bukan tidak mungkin, peran yang sama bisa diemban Alaba bersama Raphael Varane.

Dengan kehadiran duet baru Varane-Alaba, seharusnya itu cukup membuat lini pertahanan Real Madrid solid, meski bermain dengan formasi apapun, yang penting dengan format 4 bek. Lalu, bagaimana jika Real Madrid bermain dengan 3 bek?

Opsi bermain dengan 3 bek sepertinya justru akan semakin menarik dan mungkin dilakukan, tinggal menambah satu lagi pemain antara Nacho atau Eder Militao. Lalu Alaba akan menjadi bek tengah yang ditugaskan untuk mengejar striker lawan karena ia punya kecepatan tinggi.

Sebagai bek sayap kiri, kecepatan Alaba akan sangat berguna dalam skema 3 bek, sehingga Varane dan Militao/Nacho tinggal jaga posisi saja. Bicara soal bek kiri, sepertinya Alaba tak akan main di posisi itu, mengingat Real Madrid sudah punya Ferland Mendy dan Marcelo.

Sebagai Gelandang Tengah

Berkat keserbabisaan David Alaba, ia pun bisa bermain sebagai gelandang tengah jika diperlukan. Tentu seperti yang kita tahu, jika Real Madrid sudah memiliki trio Toni Kroos-Luka Modric-Casemiro yang sangat kompak dan sudah terbukti ampuh dan solid.

Tapi selama ini, jika ada yang absen dari trio itu, Real Madrid biasanya akan memasang Federico Valverde untuk mengisi kekosongan. Kini dengan adanya Alaba, Real Madrid bisa langsung memakainya tanpa menggunakan Valverde.

Soalnya, sebagai gelandang tengah, Alaba bisa menawarkan daya kreativitas lebih ketimbang Valverde yang pada dasarnya lebih memiliki kemampuan bertahan. Selain memiliki kecepatan, Alaba juga memiliki tembakan jarak jauh yang bisa dijadikannya sebagai senjata rahasia.

Di laga PSG vs Bayern Munchen di Liga Champions yang lalu, Choupo Moting berhasil mencetak gol setelah Keylor Navas tak mampu menyelamatkan sepakan keras Alaba sebelumnya dengan sempurna. Jadi, kehadiran Alaba di tengah bakal membuat Real Madrid tetap berbahaya.

Dengan kehadiran Alaba, Real Madrid bisa bermain dengan trio gelandang tengah atau konsep 4 gelandang dengan Isco ditempatkan sebagai playmaker atau Valverde sebagai ekstra petarung di tengah.

Pada akhirnya, kehadiran Alaba benar-benar merupakan berkah bagi Real Madrid dengan harapan ia bisa menggantikan peran Sergio Ramos, bisakah?

Bursa TransferReal MadridBayern MunchenSergio RamosRaphael VaraneDavid AlabaIn Depth SportsFeatureFederico Valverde

Berita Terkini