x

Termasuk Inter Milan, 5 Klub dengan Pengeluaran Gaji Terbesar untuk Pelatih

Kamis, 6 Mei 2021 19:20 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih sepak bola kini tak lagi sekadar pelengkap di dalam tim, faktanya, banyak pelatih-pelatih dunia yang memiliki karisma dan nilai jual tinggi.

INDOSPORT.COM - Pelatih sepak bola kini tak lagi sekadar pelengkap di dalam tim. Faktanya, banyak pelatih-pelatih dunia yang memiliki karisma dan nilai jual tinggi.

Bahkan, sebagian di antaranya memiliki gaji lebih mahal dari pemain bintang sekali pun. Di sepak bola modern yang kayak taktik tentu peran pelatih semakin sentral. 

Klub-klub besar berlomba-lomba untuk mendatangkan pelatih kelas dunia dengan rekam jejak mumpuni. Jika ada yang beruntung, mereka bisa mendapatkan pelatih muda potensial. Namun, hal seperti itu jarang terjadi. 

Baca Juga
Baca Juga

Baru-baru ini Bayern Munchen memecahkan rekor transfer pelatih dunia. Raksasa Bundesliga itu memboyong Julian Nagelsmann dari RB Leipzig dengan biaya senilai 30 juta euro. 

Julian Nagelsmann boleh memegang rekor biaya transfer pelatih termahal, namun jika bicara gaji, maka Nagelsmann ada di nomor sekian. 

Rupanya, klub-klub besar terutama di Eropa tak segan-segan untuk menggaji pelatih mereka dengan nilai menyentuh puluhan juta euro. Investasi besar yang dilakukan oleh klub-klub untuk para pelatih memang kerap berbuah manis. 

Lalu, klub-klub mana saja yang memiliki pengeluaran gaji terbesar untuk pelatih mereka? Berikut ulasannya. 

5. Tottenham Hotspur

Jose Mourinho dan striker Tottenham Hotspur, Harry Kane

Di peringkat kelima, Tottenham Hotspur mencatatkan namanya setelah mereka mendatangkan Jose Mouriho pada awal musim ini. Meski beberapa waktu lalu Mourinho baru dipecat, namun rekor Tottenham belum goyah. 

Dalam kesepakatan mempekerjakan Jose Mourinho, Tottenham Hotspur harus membayar gajinya sebesar 23 juta euro atau setara Rp395 miliar per tahun. Sayangnya, gaji besar ini tidak timbal balik untuk Spurs. 

Sebab, Jose Mourinho menghabiskan musim ini dengan tanpa meraih satu pun trofi. Untuk pertama kali dalam karier profesionalnya, Jose Mourinho tidak bisa mempersembahkan sebuah trofi bagi tim yang diasuhnya. 

4. Liverpool

Jurgen Klopp dan Pep Guardiola.

Di posisi keempat, ada rival Spurs di Liga Inggris, Liverpool. Bersama The Reds, pelatih Jurgen Klopp berhasil meraih kesuksesan besar. 

Dalam dua musim terakhir, ia berhasil mempersembahkan 1 gelar Liga Inggris, 1 Liga Champions, 1 Piala Super Eropa, dan 1 Piala Dunia Antarklub. 

Baca Juga
Baca Juga

Maka dari itu, tak heran jika Liverpool menggaji Jurgen Klopp dengan cukup mahal. Data terakhir menyebutkan jika gaji Jurgen Klopp di Liverpool menyentuh angka 24 juta euro (Rp412 miliar) per tahun.


1. 3. Manchester City

Pep Guardiola (Manchester City) memberikan instruksi ke anak asuhnya

Klub-klub Liga Inggris mendominasi daftar ini. Tak mengherankan karena kondisi keuangan klub di liga ini sangat sehat. 

Pada posisi ketiga giliran Manchester City yang tampil. The Citizens harus mengeluarkan kocek sebesar 27 juta euro atau setara Rp463 miliar per tahun untuk menggaji Pep Guardiola. 

Khusus untuk Pep Guardiola, kualitasnya memang sudah tidak diragukan lagi. Sedari awal, Man City sadar betul mereka akan mempekerjakan salah satu atau bahkan pelatih terbaik di dunia saat ini.

Selama empat musim di City, Pep Guardiola telah mempersembahkan 2 gelar Liga Inggris, 1 Piala FA, dan 4 Piala Liga. Bahkan, pada musim 2020-2021 ini Guardiola berpeluang besar meraih double winner dengan menjuarai Liga Inggris dan Liga Champions Eropa. 

2. Inter Milan

Pelatih Inter Milan, Antonio Conte. 

Liga Italia rupanya tidak mau ketinggalan. Meski hanya segelintir, namun klub Serie A juga tak segan menggaji mahal pelatihnya. 

Klub Inter Milan pun berhak berada di posisi kedua setelah mempekerjakan Antonio Conte pada dua tahun lalu. Di Inter Milan, Antonio Conte mengemban misi maha berat untuk memotong rantai dominasi Juventus di Serie A. 

Akhirnya, pada musim keduanya di Inter, Conte pun berhasil mewujudkan hal tersebut dengan mempersembahkan gelar scudetto. Maka tak heran, bayaran sebesar 30 juta euro (Rp515 miliar) per tahun diberikan I Nerazzurri untuk pelatih asli Italia tersebut. 

Antonio Conte pun kini kembali menstabilkan dirinya sebagai salah satu pelatih terbaik di sepak bola Eropa saat ini. 

1. Atletico Madrid

Diego Simeone

Jika bicara klub besar LaLiga Spanyol, maka perhatian kita akan tertuju pada Barcelona dan Real Madrid. Maka tak banyak yang menyangka jika Atletico Madrid adalah klub dengen pengeluaran gaji terbesar di dunia untuk pelatih. 

Adalah sosok Diego Simeone yang membuat Atletico rela mengeluarkan kocek dalam. Diego Simeone memang bukan pelatih sembarangan. Ia berbeda dengan Zinedine Zidane, apalagi Ronald Koeman. 

Simeone adalah pelatih yang berhasil mengangkat derajat Atletico Madrid sebagai klub papan atas di Eropa. Deretan trofi bergengsi berhasil dipersembahkan pelatih asal Argentina tersebut, di antaranya gelar LaLiga Spanyol, Copa Del Rey, dan Liga Europa. 

Klub-klub besar lain pun selalu berusaha untuk menggoda Diego Simeone. Untuk memagari hal tersebut, Atletico Madrid menyiapkan gaji 43 juta euro (Rp738 miliar) per tahunnya untuk Simeone. 

Manchester CityInter MilanAntonio ConteDiego SimeoneJurgen KloppPep GuardiolaPelatihTRIVIA

Berita Terkini